Istilah Incoterm Jasa Import/Jasa Eksport dan Biaya Impor FCL 20/40 Feet Indonesia

Istilah Incoterm Jasa Import/Jasa Eksport dan Biaya Impor FCL 20/40 Feet Indonesia
Biaya Biaya Impor FCL 40 Feet Jakarta dan INCOTERM 2000
Jasa Import Handling dan Biaya Biaya Impor FCL 40 Feet Jakarta dan INCOTERM 2010 Sobat pembaca blog Indonesia undername import export jakarta yang mulia di artikel kali ini kia ulas Jasa export dan Jasa import , perusahaan sewa Jasa Undername Import-Export Dan Freight Forwarder import/export, Jasa kirim barang Door to Door Service Cargo Domestic Indonesia Air Freight And Sea Freight ,inland transpotation, EMKL/EMKU PPJK yang saling berkaitan dalam menjalan kan proses ekspor dan impor barang di indonesia dan istilah Istilah Incoterm Jasa Import/Jasa Eksport dan Biaya Impor FCL 20/40 Feet Indonesia

Dalam bidang usaha Jasa Import dan Ekspor Banyak istilah dan bahasa dalam bisnis ini yang terkad ang orang yang awam dalam bisnis jasa import/jasa tranport total logistics import tidak begitu mengetahuiya.

Kita bahas mengenai istilah istilah yang ada dalam bisnis jas ini .Istilah istilah yang ada dalam INCOTERM 2010 sebetulnya ada 13 istilah salah satunya adalah , CNF .

Apa sja sih Istilah istilah Incoterm dalam pengiriman barang ekspor dan import ?

Banyak Istilah yang timblu dalam prosedur import/ekspor barang dari/ke indonesia.Istilah incoterm yang kita temui dalam proses dan melaksanakan Kegiatan Ekspor Impor Barang Di Indonesia Serta Legalitas dalam bidang Jasa Import dan Jasa Export sesuai Incoterm 2010  

Istilah yang kita temui dalam proses Jasa Import dan Jasa Export sesuai Incoterm 2010 dan sebagai perusahaan jasa import,jasa export serta perusahaan importir/eksportir  wajib mengetahuinya
  • EXW (nama tempat): ExWorks, pihak penjual meminta barang di pick up dari pabrik mereka tanpa mereka poses customs dan lain lain mereka hanya menyediakan export licensi perusahaan mereka baca artikel tentang cara import barang import-lcl exwork
  • FCA (nama tempat): Free Carrier, Seller/shipper tanggung jawabnya hanya sampaimengurus izin ekspor dan meyerahkan barang ke pihak pengangkut sesuai kesepakatandan.
  • FAS (nama pelabuhan keberangkatan): Free Alongside Ship, Seller/Shipper bertanggung jawab sampai barang berada di pelabuhan keberangkatan dan siap disamping kapal untuk dimuat. berlaku untuk transportasi air.
  • FOB (nama pelabuhan keberangkatan): Free On Board, pihak penjual bertanggung jawab dari mengurus izin ekspor sampai memuat barang di pelabuhan
  • CFR (nama pelabuhan tujuan): Cost and Freight, pihak penjual menanggung biaya mulai dari trucking handling customs export dan biaya ongkos kapal dan sampai kenegara tujuan atau port of detination
  • CIF (nama pelabuhan tujuan): Cost, Insurance and Freight, hampir sama dengan CFR ditambah pihak penjual melengkapi/cover biaya asuransi untuk barang yang dikirim.
  • CPT (nama tempat tujuan): Carriage Paid To, Seller/Shipper menanggung biaya sampai barang tiba di tempat tujuan, dan tanggung jawab seller hanya sampai barang diserahkan ke pihak pengangkut.
  • CIP (nama tempat tujuan): Carriage and Insurance Paid to, lebih kurang sama seperti CPT dan ditambah pihak seller membayar/cover asuransi untuk barang yang dikirim.
  • DAF (nama tempat): Delivered At Frontier, pihak penjual mengurus izin ekspor dan bertanggung jawab sampai barang tiba di perbatasan negara tujuan. Bea cukai dan izin impor adalah tanggung jawab pihak pembeli.
  • DES (nama pelabuhan tujuan): Delivered Ex Ship, Seller/shipper bertanggung jawab sampai kapal yang membawa barang merapat di pelabuhan tujuan dan siap untuk dibongkar. izin impor menjadi tanggung jawab pihak pembeli.
  • DEQ (nama pelabuhan tujuan): Delivered Ex Quay, Seller/shipper tanggung jawab sampai kapal yang membawa barang merapat di pelabuhan tujuan dan barang telah dibongkar dan disimpan di dermaga. Izin impor menjadi tanggung jawab dan biaya lain menjadi tanggungan pembeli
  • DDU (nama tempat tujuan): Delivered Duty Unpaid, Seller/Shipper menanggung biaya dan bertanggung jawab mengantar barang sampai di tempat tujuan, idak termasuk biaya asuransi dan biaya lain yang muncul sebagai biaya impor, cukai dan pajak dari negara pihak pembeli. Izin impor menjadi tanggung jawab pihak pembeli.
  • DDP (nama tempat tujuan): Delivered Duty Paid, Seller/Shipper menanggung biaya mulai dari antar barang sampai di tempat tujuan/place/factory penerima barang , biaya asuransi dan semua biaya lain yang mungkin muncul sebagai biaya impor, cukai dan pajak dari negara seller/shipper dan untuk legalitas Izin impor menjadi tanggung jawab pihak consigne/pembeli atau menggunakan Jasa Sewa Undername Import,Handling Charge,Customs Clearance
  • DTD (Nama tempat tujuan) Door to door service,biaya mulai dari antar barang sampai di tempat tujuan/place/factory penerima barang , biaya asuransi dan semua biaya lain yang mungkin muncul sebagai biaya impor, cukai dan pajak dari negara seller/shipper dan untuk legalitas Izin impor menjadi tanggung jawab pihak consigne/pembeli dan ada juga jasa import borongan antara lain door to door singapore jakarta dan jasa import door to door services import china jakarta dan untuk jasa door to door Import LCL resmi baca di Sini
Istilah Incoterm Jasa Import/Jasa Eksport dan Biaya Impor FCL 20/40 Feet Indonesia
 Jasa Import Handling dan Biaya Hadling import local charge Indonesia

Kita bahas salah satu item pengiriman barang import dan membuat rincian biaya yang timbul untuk proses importasi barang untuk penggunana jasa barang import memakai kontainer 40 feet, bisa juga buat rincian biaya container import 20ft

Bagian biaya biaya jasa import yang timbul untuk proses impor cargo untuk container 20&40FT dengan incoterm CNF yang biasa berjalan untuk proses impot cargo di pelabuhan indonesia dan menjadi standart baku perusahan jasa import barang di indonesia

Biaya apa saja sih yang keluar dalam proses importasi dan kontainer 40 Feet dan 20 feet ?

Biaya jasa import/ekspor yang wajib di tanggung oleh perusahaan importir;eksportir saat proses customs clearance barang,handling import serta biaya sampai cargo import mendapat SPPB sebagai berikut
  1. Pajak Impor BM,PPN,PPH
  2. Agency Fee ( Jika shipment memakai HBL )
  3. Biaya PPJK/EDI SYSTEM
  4. Customs clearance charge
  5. Customs inspect atau PJM charge/fee ( Jika PJM atau Pemeriksaan Jalur Merah )
  6. Biaya yang tidak terduga bisa terjadi seperti SEWA FORKLIFT UNTUK KEPERLUAN BAHANDLE jika barang sangat besar dan berat dan di UTC 1 tidak ada forkliftnya atau sedang dipakai pihak lain dan kita terburu buru mau bahandle.
  7. Extra customs fee ( Jika ada yang aneh aneh di dokumentasi atau fisik barang saat bahandle ) Note : saat ini sudah jarang terjadi
  8. Kwitansi gudang penumpukan bahandel UTC 1 TG.PRIOK ( Jika bahandle, namanya sih kwitansi gerakan. kalau jalur kuning point ini hilang )
  9. Kwitansi gudang UDANG UTC 1 TG.PRIOK
  10. Documentation fee  ( Tergantung Pelayaran yang dipakai)
  11. Administration fe
  12. THC ( TERMINAL HANDLING CHARGE )
  13. Jaminan container
  14. Washing +LIFT On/Off container
  15. Trucking charge dari Tg.priok -Ke tempat tujuan
Prosedur Impor customs clearance,dokumen yang wajib di siapkan

Prosedur Impor customs clearance,dokumen yang wajib di siapkan tidak jauh berbeda dengan impor LCL,FCL dan UDARA antara lain :
  1. Copy NIB/NIK - Nomor Induk Berusaha/API-U/P/opy NPWP (Tahun 2018)
  2. Surat Kuasa Asli ( Kepada PPJK untuk memproses PIB, ditandatangani diatas materai oleh pemberi kuasa dalam hal ini orang yang tercantum di API+ stempel perusahaan ) Full set dokumen import laut
  3. DNP/INP Jika diminta oleh bea cukai (Deklarasi Nilai Pabean) , terlampir contoh form
  4. Copy PO (Purchase Order)Surat pernyataan impor tanpa P.O apabila tidak ada P.O impor
  5. Packing list,invoice dan dan form fasiliat pemebasan bea masuk dan untuk contoh form baca di artikel Import FCL Jepang-Jakarta With Form IJEPA (Example Form D,Form E,Form AK)
Prosedur customs clearance dan tata cara memproses dokumen untuk impornya antara lain :

# 1.Kontak perusahaan Jasa Import PPJK/EMKL langganan anda
# 2.mintalah draft PIB dan e-billing pajak untuk pembayaran pajak , draft OK mintalah issued
# 3.Bayarlah pajak ke bank dan mintalah bukti BPN pajak dari Bank.
# 4.Siapkanlah seluruh dokumen untuk proses impor
   #-Surat Kuasa untuk PPJK
   #-Brosur/katalog barang
   #-Surat Pernyataan Keabsahan dokumen
   #-Dokumen yang anda terima BL yang sudah di stempel oleh perusahaan andaP.list,
      Invoice,FORM-E
   #-Surat Kuasa pengambilan D/O
   #-Surat permohonan release d/o kepada Pelayaran/consolidator FCL
   #-Serta dokumen pendukung P.O, S.O dan lainnya
# 5.Mintalah PPJK transfer data ke bea cukai dan saat bersamaan tebuslah D/O atau bisa juga melalui       PPJK/EMKL yang
# 6.Mintalah hasil respond transfer data PIB dari PPJK , jika sudah dapat jalur baik ,jalur  merah               Jalur kuning atau Jalur hijau dan jalur pioritas
# 7.Setelah itu tunggulah respond SPPB atau respond lainnya dari PPJK yang anda pakai jasanya
    #-Jika ada permintaan dokumen lainnya seperti INP, Fungsi dan kegunaaan barang siapkan dan              kirim secepatnya
   #-Jika ada trouble dokumen mintalah bantuan PPJK kesalahan ada dimana dan atasi secepatnya
   #-jika terjadi notul bayarlah langsung ke bank dan kirim bukti bayar kepada PPJK yang anda pakai       dlm setengah jam atau satu jam akan segera SPPB
# 8.Kalau anda langsung dapat respond SPPB keluarkanlah barang secepatnya
      untuk menekan biaya storage
# 9.Mintalah seluruh berkas PIB original kepada PPJK untuk arsip

Penutup :
  • Bayar pajak sesuai e-billing pajak import yang wajib di bayar ke kas negara
  • Periksa dokumen impor dengan memeriksa dokumen teliti dan cermat
Demikian artikel Jasa Import dan Jasa ekspor serta Biaya Biaya Impor FCL 40 Feet Jakarta dan INCOTERM 2000 saya tutup sampai di sini,  Semoga bermanfaat buat semuanya
 
Salam sukses buat anda semua

Edited by : G+Indonesia Undername Import Export Blog Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah Incoterm Jasa Import/Jasa Eksport dan Biaya Impor FCL 20/40 Feet Indonesia"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan