Import Barang Heavy Weight Cargo Flat Rack (Jepang,Singapore) Ke Indonesia

Undername import indonesia
Sobat Undername Import Indonesia.Ini adalah artikel lama mengenai pengalaman mengirim ba rang import mesin bekas heavy weight cargo dari Jepang Ssingapore menuju pelabuhan tg.priok ja karta dengan flat rack container jumbo dengan co mmodity mesin bubut dan mesin industri bekas untuk sebuah perusahaan besar di cikarang jawa barat 

Baca juga:#Jasa Sewa Undername Import Indonesia

Flat Rack cargo salah satu jenis container yang di gunakan dalam mengangkut barang import atau export yang ukuran barang yang di kirim tidak bisa masuk ke dalam container standart namun harus memakai container flat rack

Serta Flat Rack berbeda dengan container stand art seperti container bisa yaitu container 20 Feet container 40FT, container 45 FT container open top (O.T) 20/40 OT dan jenis lainnya untuk container biasa yang di pakai untuk pengiriman cargo import dan export di seluruh dunia .

Gambar barang import dengan flat rack ini,yang terlihat adalah barang barang yang saya turunkan atau di bongkar dari Flat Rack 40 feet Container with Collapsible End.Yaitu flat rack yang mempu nyai besi baja yang sangat kuat besi  penampang di depan dan ujung container di rancang dengan sangat kuat untuk membawa barang barang berat,lebar dan tinggi 

# Jenis jenis Flat rack sendiri mempunya beberapa type :
  • 20' FlatRack Container with Four Freestanding Posts
  • 20' Flat Rack Container with Collapsible End
  • 40' Flat Rack Container with Four Freestanding Posts
  • 40' Flat Rack Container with Collapsible End
  • 40' Flat Rack High-Cube Container

# Ukuran container Flat Rack

Dan yang ada di seluruh foto di blog ini atas adalah gambaran container Flat rack import 40'Hi-Cube Container dengan interior dan exterior serta kapasitas atau kekuatan beban maximalnya dalam menahan muatan cargo berat (Heavy Weight Cargo) sebagai berikut :
  • Exterior :Length:12.192m-Width:2.438m-Height:2.896m
  • Interior :Length:11.652m-Weidth: 2.374m-Height:2.264m
  • Weight :Mgw:52,500Kg-Tare:5,200Kg-Net:47,300Kg
# Proses import FlatRack departure dari Singapore,Japan Ke Indonesia (Jakarta)

Karena cargo flat rack ini mesin bekas maka tentu saja harus di urus dulu PI Import mesin bekas serta laporan surveyor di sucofindo sebelum barang berangkat dari jepang dan singapore dan setelah semua document import selesai di buat dan cargo di inspect oleh sucofindo maka barang siap di berangkatkan dari ke dua negara yaitu dari Jepang dan Singapore menuju jakarta Indonesia

Karena barang impor ini besar dan seperti di foto dan gambar yang ada, isinya adlah mesin bubut super besar suatu perusahaan besar di indonesia yaitu PT.. blalalalala ... maka trading yang memasok knya dari singapore,jepang juga tidak mau ambil resiko mengangkut barang import heavy weight tersebut dengan serampangan tanpa perhitungan dalam mengirim barang heavy weight cargo dari jepang dan singapore menuju pelabuhan tanjung priok indonesia .

Pemasok mesin bekas dari jepang dan singapore juga sudah membuat perhitungan kondisi jalan dari pelabuhan tanjung priok menuju lokasi bongkar di cikarang, kondisi memungkinkan dan aman untuk perjalanan trucking membawa muatan ke lokasi pabrik

Pilihan menggunakan flatrack container lebih aman menurut pendapat penjual dan pembeli barang . untuk alternatif lain sebetulnya adalah memakai break bulk cargo yang biayanya jauh lebih murah
dari pada memakai flat rack container baik 20feet mau pun 40feet .

Bermacam macam tipikal barang impor dan ekspor, dan pilihan untuk mengirim barang barang impor heavy weight dengan ukuran besar sepertimemang beresiko tinggi untuk keamanan barang dalam perjalanan akan tetapi semua pilihan kembali kepada importir yang mengirim barang untuk menjaga kamanan barang dalam perjalanan

Kemanan dalam perjalan wajib menjadi pertimbangan karena rata rata barang barang yang di kirim dengan angkutan flat rack adalah mesin mesin atau barang lainnya yang tentu harganya tidaklah murah.Rata rata yang membeli adalah perusahaan perusahaan ternama di negara kita walapun yang di beli adalah mesin bekas yang juga harganya masih mahal

# Cargo Heavy Weight Berangkat dari Jepang dan Singapore

Barang dari Jepang berangkat lebih dahulu da barang import mesin bekas dari singapore menyusul lima hari kemudian agar cargo import heavy weight secara bersamaan tiba di pelabuhan tanjung priok jakarta indonesia

Lama perjalanan pengiriman barang dari jepang adalah 11 hari dan dari singapore hnya 3 hari saja menuju pelabuhan tanjung priok jakarta indonesia dan barang tiba sesuai jadwal kapal

# Persiapan Handling dan customs celarance serta Door Delivery dengan Dolly dan Lowbed
Undername import Indonesia

Untuk proses importnya sendiri sebelum barang masuk ke pelabuhan yang biasa dilakukan adalah
  1. Melihat ukuran barang di packing list detail
  2. Setelah melihat packing list maka kita sendiri yang ditunjuk menangani tentu juga harus menghitung tinggi barang + lantai dasar flat rackitu sendiri lebih kurang sekitar 90 centimeter
  3. Mengukur tinggi Lowbed atau dolly , lowbad tinggi rata rata adalah 60m sampai dengan 80cm dan dolly lowbed sekitar 45-60Cm dari dasar tanah atau jalan but semua tergantung karoseri pembuatnya yang masing masing karoseri tentu telah mempunyai ketentuan dalam membuat lowbed
  4. Jadi kita akan menghitung tinggi barang + Tinggi lantai dasar flat rack + tinggi lowbed atau dolly yang kita mau pakai
  5. Setelah semua di dapatkan maka kita harus survey ukuran jembatan baik itu jembatan tol atau jembatan yang ada ke tempat tujuan bongkar barang, seumpama ke daerah cikarang , Bekasi, tangerang , karawang , bandung dan lain lain
  6. Setelah semua di ukur maka tinggal kita pelaksana handlingnya bersiap jika kapal tiba.
  7. Jika kapal sudah tiba lebih baik masuk ke dalam area pelabuhan untuk mengukur tinggi barang secara faktanya atau secara fisik barang dan kita tidak akan bertaruh mengandalkan feelling karena jika ukuran tidak sesuai dengan perkiraan kita resikonya akan sangat tinggi.. bisa bisa anda bikin jembatan roboh lagi hehehhe..
  8. Setelah di hitung maka lebih baik informasikan kepada importir kondsi sesungguhnya.
# Dua alternatif  yang akan dilakukan mengenai ketinggian barang
  1. Barang akan di bongkar jika ukuran barang menyentuh atau melebihi tingginya jembatan
  2. Barang tidak di bongkar sehingga bisa di bawa oleh lowbed atau dolly langsung ketempat bongkar barang
# Solusi pengiriman barang import heavy weight cargo dengan lowbed dan truck dolly

Sebaiknya 2 masalah ini di bicarakan lebih dahulu dengan pemilik barang.Kalau alternatif pertama yang terjadi maka tentu ada konsekwensinya , biaya akan lebih tinggi karena barang harus di bongkar sebelum keluar dari area pelabuhan tanjung priok . Hal ini akan melibatkan bertambahnya tenaga , alat seperti crane . Jika barang dengan berat 35 Ton sebaiknya kita mencari crane dengan ukuran 50 Ton dan ini lebih baik dari pada di paksakan

Jangan memakai crane ukuran lebih kecil demi menekan biaya agar untung besar... jika kita lakukan seperti itu resikonya kalau kejadian barang tidak kuat di angkat oleh crane kecil bluarrrrrrr.....gubra kkkkkk ....

dan jika menyenggol jembatan bisa bisa rubuh jembatannya seperti kejadian di serpong yang membuat semua orang merugi serta hancur jugalah kantong kita kalau sampai kejadian.

Untuk alternatif ke dua tidak ada masalah artinya barang yang di angkut dengan flat rack tersebut bisa di gendong atau di bawa direcly dengan flatracknya dan pastikan bahwa di tempat bongkar sudah di sediakn crane yang mempunyai kapasitas angkat cukup besar dan kuat.

# Proses importasi cargo flat rack atau heavy equipment
  • Siapkan seluruh dokumen
  • Bayarlah pajak impor secepatnya
  • Ambillah Delivery order ke pihak pelayaran se segera mungkin
  • Clearance cargo dengan cepat dan sesegera mungkin dan biasanya cargo besar ini cepat SPPB karena bayar pajaknya milyaran heheheheh
  • Jika sudah SPPB segera keluarkan dari area pabean
Undername Import Indonesia

Proses customs import flat rack harus cepat dan gesit ?

Kalau pendapat saya sederhana saja , karena jika kelamaan free time demurrage flat rack paling tinggi di kebanyakan pelayarann hanya memberi kan waktu sampai 3 hari saja dan jarang ada yang mau sampai 5 sampai dengan 7 hari dan seterusnya

Sesuai aturan yang sama sama kita ketahui mengenai free time demuragge,khusus angkutan flat rack hanya di berikan free time 3 hari saja dan setelah itu biayanya akan membengkak tinggi sekali.
# Solusi Pmbiayan import cargo Heavy Weight Buat perusahaan Freight Forwarder atau EMKL (Ekspedisi Muat Kapal Laut)

Oh iya,,, Karena biaya yang besar dan kita tidak punya dana lebih,sebaiknya negosiasilah dengan pemilik barang untuk minta Down Payment. Apalagi jika terjadi alternatif point nomor satu yang saya sampaikan diatas . kalau usaha kita kecil gak usah malu meminta bantuan ke pihak atau pemilik barang dari pada pusing dan bingung akan berakibat barang barang impor project cargo heavy weight  yang anda jalankankan lama keluar

Lama keluar dari pelabuhan karena nyari nyari biaya untuk menalangi pekerjaan seperti ini. Saya rasa kalau anda dekat pasti punya diberikan uang DP apalagi jika anda sudah lama melayani mereka. dari pada pusing ya sobat, ini pendapat saya loh....

Belum lagi biaya sewa gudang di pelabuhan tg.priok akan buat kantong kita jebol kalau barang barang besar seperti ini telat dikeluarkan atau mempunyai maslah baik di customs maupun di jalan . dan juga kalau barang cepat dikeluarkan tentu anda dan importirnya juga beruntung. Kita yang menjadi pelaksana jasa tidak merugikan orang yang sudah mempercayakan pekerjaan besar tersebut kepada kita

Dasar kepercayaan ini tidak bisa juga kita nilai dengan uang semata, artinya anda atau tempat anda bekerja di nilai mempunya kemampuan atau full skill dalam menangani pekerjaan impor project cargo ... ya itu sih pendapat saya.. gak tau kalau anda pembaca yang di berkahi.
Bagi saya pribadi sih menangani pekerjaan seperti ini adalah buat pengalaman juga. tidak akan mungkin perusahaan importir akan memberikan kepercayaan pekerjaan cargo heavy equipment jika mereka menilai kita tidak mampu melaksanakan pekerjaan seperti ini.

Penutup :

Sobat blogger sekalian sebesar apapun pekerjaan yang di percayakan kalau kita teliti dan tekun pastinya sih bisa kita jalankan dengan tepat tanpa kita merugikan pihak lain.

Bagi saya ini sekedar share pengalaman Import Barang  Heavy Weight Cargo Flat Rack (Jepang, Singapore) Ke Indonesia dan ini adalah pendapat dan pengalaman pribadi saya saja .

Harapan saya mudah mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda yang membaca artikel di blog saya ini


Salam sukses buat semua

Terima kasih






.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Import Barang Heavy Weight Cargo Flat Rack (Jepang,Singapore) Ke Indonesia"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan