Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia - Indonesia Undername Import Export Blog

Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia

Semakin majunya technolgy IT juga di ikuti oleh pelayaran Indonesia. Saat ini sudah banyak pelaya ran Indonesia yang melayani pengambilan D/O Electronic atau lumrah di sebut D/O Online. Dalam mengambil D/O Online di pelayaran Indonesia tentu harus memenuhi  Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia dan saya ulas untuk pengambilan D/O (Delivery Order) untuk Perusahaan Pelayaran Group CMA-CGM Jakarta

Baca jugaContoh Surat Pengambil Delivery Order Impor Udara
Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia
Tulisan Artikel mengenai  Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia adalah sambungn dari Artikel Contoh Surat Pengambilan (D/O) Delivery Order Container 20&40 FEET Indonesia untuk pengambilan Delivery Order (D/O) manual yang masih berjalan saat ini terutama untuk pelayaran Import LCL Consolidator serta beberapa pelayaran NVOCC
Kita langsung saja masuk ke tahap utama dan tidak bertele tele, Bagaimana cara Ambil/Pengambilan D/O Elektronik di Pelayaran Indonesia ?

Untuk syarat pengambilan e-DO elektronik cukup simple sebetulnya, Awalnya sedikit ribet, ada 3 langkah untuk mendapat e-DO electronic,mari kita ulas saja tata cara membuat e-DO di pelayaran indonesia
  1. Buka Akun untuk mendapat User ID dan Password di Portal e-DO Online Perusahaan Pelayaran tersebut 
  2. Setelah Mendapatkan User ID dan Password maka isi data sesuai menu yang ada di dalam portal online e-DO Pelayaran dan Jangan Lupa Klik di dalam menu ada tulisan counter Klik NO sebagai kata tidak Antri ke Counter di Kantor Pelayaran Tersebut
  3. Setelah mendapatkan user ID dan Pasword Lakukn Pembayaran D/O ( Delivery Order sesuai email Notice Of Arival (NOA) yang di dapatkan melalui email
  4. Siapkan surat surat pengambilan Delivery Order (D/O) Seperti Bill Of Lading (Khusus Untuk BL Telex Release/SeaWaybill (SWB)/Surrender),Surat Permohonan Pengambilan D/O,Surat Permohonan Pinjaman Container,Surat Kuasa Pengambilan D/O, Surat Tugas,Surat LOI untuk pelayaran yang di pakai untuk contoh dokumen silahkan klik DI SINI
  5. Setelah semua surat siapdi print out dan di beri materai 6000 ( Untuk Surat Kuasa,Surat Permohonan Pinjam Container,Surat LOI ) Silahkan Scan seluruh surat tersebut (Jangan lupa BL di endoz sebelum scan) 
  6. Setelah semua Surat Pengambilan D/O di Scan satukan file dalam 1 (Satu) Scan
  7. Selesai di Scan,Juga siapkan Bukti Bayar D/O Tersebut
  8. Selanjutnya Upload Bukti Bayar Bank
  9. Upload Surat Permohonan Pengambilan D/O Seperti yang telah saya jelaskan dalam point nomor 5 (Lima) 
  10. Klik Finish dan Tunggu Respond dari Pelayaran yang bersangkutan
Hasil Respond e-DO Pelayaran CMA/CNC/ANL (untuk APL Terpisah walaupun satu group)

Dalam menuggu hasil respond yang dinyatakana dalam portal e-DO Online group CMA/CNC/ANL dinyatakn bahw respond dalam 2 jam dan jika melebihi waktu 2 jam hubungi customer service mere ka melalui nomor telepon berikut (Khusus CNC Line) :

1. Mahsa +6221-28546858
2. Rezi +6221-28546949
3. Savira +6221-28546839
4. Ahmad Fachrezi - Import Department 
CMA CGM Indonesia
Phone :  +62 (21) 2854 6900 -EXT : 6949
VoIP: 8761 6949 -www.cma-cgm.com - www.cmacgm-group.com

Ada 2 Kemungkinan hasil respond e-DO di pelayaran ini
  1. Accepted, dokumen e-DO langsung Keluar
  2. Rejected, dokumen e-DO tidak terbit karena ada kesalahan dokumen dan Anda harus mengulang kembali untuk mengambil e-ticket dalam akun Anda (Nomor Antrian Baru) serta upload kembali dokumen seperti Bukti bayar D/O serta Surat permohonan pengambilan D/O dalam 1 sheet dokumen
  3. Setelah dokumen kembali di upload klik finish dan Anda tunggu Kembali hasil respond mereka smpai Accepted dan e-DO akan terbit, bisa di kirim via email atau Anda download dari Akun Anda sendiri di portal e-DO dan Juga ada yang di kirim via email pelayaran yang bersangkutan Untuk contoh e-DO hasil dari E-CASY Apps (Aplikasi CMA-CGM Group Klik DI SINI
Bagaimana Cara Ambil D/O Online Jika Bill Of Lading Original ?

Untuk mengambil e-DO dengan BL Orginal ada 2 tahapan prosedur pengambilan D/O di pelaya ran indonesia dan kita uraikan di bawah ini

1. Upload Bukti bayar Bank dan Dokumen Surat Permohonan Pengambilan D/O, dapat e-ticket dan Jangan Lupa Klik Yes untuk mendapat e-ticket menghadap ke Counter Customer service CMA-CGM Group 2.Untuk merilis DO wajib menggunakan aplikasi E-CASY -Selanjutnya BL Original di bawa ke Kantor pelayaran tersebut untuk di serhkan dan janagn lupa print out e-ticket dari portal E-CASY Mereka sebagai bukti Anda sudah upload dokumen dan Bukti untuk menghadap ke Customer Service mereka

Jadi untuk pengambilan e-DO khusus Bill Of Lading (BL) Original wajib datang ke Kantor mereka dan harus datang terlebih dahulu sesuai dengan jadwal yang sudah kita tentukan di E-CASY untuk menyerahkan BL Orignal

Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia
Selanjutnya E-DO akan dirilis/diserahkan ke alamat email consignee jika semua dokumen sudah lengkap dan OBL ada di kantor mereka (Pelayaran group CMA/CNC/ANL)

Untuk saat ini pengambilan di beberapa pelayaran sangat simple sebetulnya namun perlu ketelitian dalam mengisi surat surat pengambilan e-DO di perusahaan pelayaran indonesia yang telah mereapkan E-DO Online tersebut

Proses pengambilan do delivery order tahun 2020

Bulan Oktober 2019 pemerintah melalui NOTULENSI RAPAT KOORDINASI PLENO III TIM POKJA DELIVERY ORDER (DO) ONLINE di seluruh pelayaran Indonesia pengumuan dan sosialisasi klik dan lihat DI SINI , yang membahas tentang penyeragaman pemakain aplikasi e-do untuk pengambilan delivery order (D/O) online 

Rapat tersebut di selenggarakan oleh : KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KEMARITI MAN REPUBLIK INDONESIA dan di hadiri oleh :
1.  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman;
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN REPUBLIK INDONESIA
2. Kementerian Perhubungan (Direktorat Perhubungan Laut);
3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;
4. INSW;
5. PT. Pelindo I, II, III, dan IV;
6. Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok;
7. MSC Shipping Line;
8. GINSI;
9. APJP;
10. KOJA;
11. ALFI;
12. APKB;
13. PT Cikarang Dry Port. 

Dalam rapat tersebut dibahas dan di dapatkan Notulensi Rapat Koordinasi Pleno III Tim Pokja Delivery Order (DO) Online, sebagai berikut:

1. Rapat ini bertujuan untuk melakukan update dari progress aplikasi DO Online yang telah dilaksa na kan oleh tim legal, Teknologi Informasi dan Business process selama 1 bulan setelah rapat pleno sebelumnya, mendapatkan konfirmasi dari tim Business Process terkait dengan kesiapan aplikasi Do Online untuk dilaksanakan Soft Launching pada tanggal 14 Oktober 2019, serta konfirmasi dari pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terkait dengan KMK yang diharapkan bisa selesai sebelum dilaksanakannya Soft Launching;

2. Hal-hal yang dibahas pada rapat:
Jl.  M.H. Thamrin No. 8, Jakarta 10340
Telp.+62 21 22392589.  Fax. +62 21 22392589

a. Sesuai dengan tugas yang telah diberikan kepada INSW terkait aplikasi Do Online terdapat beberapa hal yang telah dikerjakan, yakni Pengiriman permintaan dokumen DO akan difinalisasi pada tanggal 9 Oktober 2019 dari pemilik barang ke Shipping Line, untuk Soft Launching yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2019  INSW menyatakan dari tim business process telah siap dan akan mengidentifikasi apakah akan dilakukan pengembangan pada Claim DO selanjutnya; 

b. Setelah di pelajari kembali untuk SP2 lebih kompleks dikarenakan terminal operator mempunyai sistem yang berbeda dan akan melalui proses yang panjang dan finalisasi sampai dengan SP2 ditargetkan sampai tanggal 28 Oktober 2019, sampai saat ini sudah ada tujuh Shipping Line yang akan mengikuti Pilot Project dan sudah mengirimkan data kepada INSW;

c. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyampaikan bahwa terkait dengan KMK akan  dilakukan pembahasan lebih lanjut di tingkat internal. Sejatinya Direktorat jenderal Bea dan Cukai telah menyampaikan nota dinas terkait dengan National Logistic Ecosystem yang membutuhkan sistem penghubung dan aplikasi DO Online diharapkan bisa memenuhi hal tersebut

Baca dan Lihat JugaShipping Freight Forwarder In Indonesia And Undername Import Export
Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia
d. Asisten Deputi Jasa Kemaritiman menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melakukan Launching Single Submission Pemberian Fasilitas Fiskal pada kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas  Bumi (SSm Fasilitas Migas)

dimana rencananya akan dihadiri oleh Menko BidangPerekonomian, Menteri Keuangan, Mente ri Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Mente ri Perhubungan. Kemenko Maritim Berencana untuk kegiatan Soft Launching Gateway DO Online di Pelabuhan dalam SINSW diikutkan pada kegiatan tersebut dan mengundang Bapak Menko Bidang Kemaritiman. Untuk waktu dan tempat pelaksanaan acara diserahkan kepada INSW dan dari Deputi bidang Business  Process INSW telah menyatakan kesiapannya.

e. Untuk pengembangan Electronic Billing System (EBS) pada Do Online akan dibahas lebih lanjut dan jika sejalan dengan apa yang dikerjakan INSW diperlukan pertemuan khusus antara INSW dan Pelindo sehingga bisa dilakukan koordinasi. Sementara waktu apa yang telah dilaksanakan akan dilanjutkan terlebih dahulu. 

f. Kemenko Bidang Kemaritiman mempersilahkan kepada Tim BP untuk melaksanakan Side Meeting dalam mengintegrasikan EBS dengan DO Online. Lalu selanjutnya Kemenko Bidang Kemaritiman akan mengundang Principal yang enggan untuk ikut bergabung dalam hal penerapan DO Online di pelabuhan. 

3. Kesimpulan dan Rekomendasi:

a. Pembahasan terkait dengan Keputusan Menteri Keuangan untuk status hukum dari perlaksanaan DO Online saat ini masih dibicarakan antara  INSW dan Bea Cukai.

b. Update dari Tim Business Process dan Teknis, sistem sudah jalan dan data sudah dipertukarkan dengan tujuh Shipping Line yang akan menjadi pilot project pada acara  soft launching tanggal 14 Oktober 2019.

c. Proses finalisasi sampai dengan SP2 ditargetkan sampai tanggal 28 Oktober 2019 dan Rapat Pleno IV akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2019 dengan kesiapan sistem sudah bisa dilakukan live sampai dengan SP2.

Jadi masih banyak pelayaran di Indonesia yang belum melakukan penuatan e-do dalam pelayanan nya kepada pengguna jasa shipping line indonesia

Demikian artikel singkat mengenai Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia saya tutup sampai di sini

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah

Semoga bermanfaat, Salam sukses buat Anda semuanya

Update : 10 Oktober 2019

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia"

  1. Salam untuk semua Warga Negara Indonesia !!!
    perusahaan kami siap untuk mendengarkan perusahaan, perusahaan swasta dan individu yang tertarik untuk memperoleh pinjaman modal dan bentuk pinjaman lainnya untuk berbagai keperluan dengan tingkat bunga rendah dan durasi pinjaman yang terjangkau.
    Kami menggunakan platform iklan online perusahaan kami untuk mengumumkan kepada masyarakat umum bahwa kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan swasta, perorangan, pemilik bisnis e.t.c dengan suku bunga rendah.

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa perusahaan pinjaman kami adalah organisasi pinjaman global yang didedikasikan untuk menyediakan pinjaman tunai yang dijamin cepat untuk individu dan perusahaan yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga bersubsidi per tahun. Kami telah membantu sejumlah besar perusahaan swasta, individu dan organisasi yang menghadapi kesulitan keuangan secara global dan sedang mencari perusahaan pinjaman swasta yang andal.

    Saat Anda melamar bersama kami, Anda melamar dengan perusahaan tepercaya yang peduli dengan kebutuhan keuangan Anda dan perusahaan kami juga memberikan nasihat keuangan kepada pelanggan yang ingin meminjam pinjaman tentang cara berinvestasi dengan bijak dan pilihan bisnis untuk dijalani. Kami akan mengurus Anda melalui seluruh proses dan proses perusahaan kami sangat mudah dan staf kami selalu siap untuk melayani Anda kapan saja dan kapan saja ..

    Datang ke kantor kami hari ini atau Anda dapat menghubungi kami melalui email Madam Bridget Cooper: cooperbridget22@gamil.com
    Anda juga dapat menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut

    Anda bisa mendapatkan pinjaman berikut dari kami;

    Pinjaman modal bisnis,
    Pinjaman pribadi,
    pinjaman perumahan,
    Pinjaman bebas hutang,
    Pinjaman pendidikan,
    pinjaman pendirian perusahaan,
    Pinjaman individu,
    Pinjaman perawatan kesehatan
    Pinjaman pertanian
    Pinjaman mobil

    Jangan ragu untuk Hubungi kami hari ini dan rasakan peluang perubahan kehidupan finansial yang ditawarkan perusahaan kami. Jadilah saksi penawaran kami hari ini sehingga Anda dapat memberi tahu orang lain yang membutuhkan pinjaman untuk juga mengalami kebebasan finansial yang Anda miliki.

    Sekali lagi Anda dapat menghubungi kami melalui email: cooperbridget22@gamil.com
    Datang dan alami kebebasan finansial karena dengan perusahaan kami, pencarian Anda untuk perusahaan pinjaman yang andal sudah berakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat rekan rekan pembaca mohon berhati hati terhadap pinjaman online, apapun itu bentuk pinjamannya, kebanyakan kasus hutang online menjadi pemicu masalah besar yang nantiny akan mencekik leher Anda,Jia bisa jangan mengajukan pinjaman online dari perusahaan manapun,Semoha bermanfaat
      Syarat Pengambilan DO Dan Cara Pengambilan DO Electronic Di Kantor Pelayaran Indonesia

      Delete

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan