Contoh Surat Pengambil Delivery Order Impor Udara - Indonesia Undername Import Export Blog

Contoh Surat Pengambil Delivery Order Impor Udara

Contoh Surat Pengambilan Delivery Order (D/O)  Impor di terminal kargo bandara soekarno hatta dan Kargo di Juanda Surabaya,Serta surat kuasa pengeluaran barang cargo Import di bandara Hi,Sahabat Undername Import dan Undeername Export Indonesia.(Edit 20.12.2019) Dalam bidang Jasa pengiriman barang export dan import.Pengiriman barang bukan saja melalui laut (Sea freight) akan tetapi juga di kirim melalui udara. Barang barang yang di import melalui pelabuhan udara (Air freight) adalah barang barang urgent dan tentu saja sangat bernilai dan kadang barang barang import yang mahal harganya

Lihat Juga:Contoh dokumen impor udara lengkap
Baca Dan Lihat Juga:Contoh Surat Pengambilan Delivery Order Pelayaran Indonesia
Contoh Surat Pengambilan Delivery Order (DO) Impor Udara
Contoh Surat Kuasa Pengambila Delivery Order Impor Udara
Barang yang sangat di butuhkan oleh importir. Terkadang dalam perhitungan ketepatan waktu, biaya pengiriman dan hal lainnya pihak pengim por barang melaksanakan pengiriman barang melalui udara atau by airfreight

Faktor lain masalah biaya juga menjadi salah satu faktor penentu pengiriman barang by air freight ini dilakukan semisal untuk barang barang impor kecil mulai dari 1kg Sampai dengan 45Kg serta 100 Kilogram

Jika pengirimannya melalui pelabuhan laut atau memakai jasa import ocean freight LCL akan mema kan biaya yang lebih besar .Biaya besar menggunakan LCL Services ini terdiri dari Biaya D/O ImportLCL (Delivery order),warehouse charge mechanic dan macam macam biaya lainnya

Faktor mengenai biaya ini sebetulnya harus di ketahui oleh pihak pengimpor barang , apalagi jika anda importir baru yang baru melaksanakan import barang ke indonesia.Perhitungan biaya rincian import udara yang tepat berdampak profit penjualan barang barang anda kepada pembeli tentu signifikan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Delivery Order Impor Udara

Kembali ke topik mengenai contoh surat mengambil delivery order di pelabuhan udara .Ada 2 cara dalam mengambil delivery order di bandara , sebelum anda melangkah mengam bilnya perhatikan apakah barang import anda masuk direct M-AWB atau di dampingi oleh HAWB .

Hal ini bisa di ketahui dari Notice of arrival (NOA) yang dikeluarkan oleh pihak terkait akan saya jelaskan jelaskan mengenai proses pengambilan delivery order (DO) Impor udara ini

1.Direct M-AWB , Notice of arrival atau surat pemberitahuan kedatangan barang import anda di dapatkan melalui pihak penerbangan langsung melalui email atau fax

2.Combined M-AWB dan HAWB ,Notice of arrival akan anda dapatkan dari pihak shipping freight forwarder impor udara yang menangani pengiriman barang import anda dari negara asal melalui agent mereka di luar negeri dan freight forwarder di indonesia adalah sebagai receiving agent yang ditunjuk

Notice of arrival menjelaskan kedatangan barang import lengkap dan detail mengenai cargo anda . Bagi Anda anda yang baru mendapatkan atau baru melaksanakan import barang melalui udara maka harus dan wajib menyiapkan dokumen import Anda untuk melakukan kegiatan import barang di gudang cargo import udara di Bandara

Untuk menebus dokumen tersebut bertanyalah ke pihak cargo carrier agent semisal AirAsia Cargo Carrier yang mengeluarkan Delivery Order Import Cargo Udara Anda

Tanyakan apakah kepada penerbit NOA (Notice Of Arrival) import cargo udara Anda tersebut apakah ada biaya lain jika anda mengambil dokumen M-AWB (Master Air Waybill tersebut.

Lihat Juga:Jasa Import Door To Door Udara 1 Ton China Ke Jakarta-Jasa Import Undername
Baca juga:Air Asia Cargo Carrier dan Undername Export Jakarta Singapore Door to Door
Contoh Surat Pengambilan Delivery Order (DO) Impor Udara
Contoh Notice Of Arrival Cargo Impor Udara
1.Cara Mengambil DO-Delivery Order Langsung Di Penerbangan Air Freight Carrier Agent

Untuk pengambilan surat Delivery Order (D/O) di Penerbangan Air Freight Carrier Cargo, Jika Anda sebagai pemilik barang Import/Importir, mka Anda wajib membuat surat kuasa pengambilan Delivery Order (D/O) Impor udara Contoh surat Pengambilan D/O Kepada penerbangan carg carrier silahkan Lihat dan KLIK Di SINI

Dengan menyerahkan dan memberikan surat kuasa pengambilan delivery order kepada carrier agent maka pihak pernerbangan cargo import udara akan memberikan dokumen impor anda antara li:
1.Delivery Order Penerbangan
2.M-AWB-Original Master AirWayBill
3.Packing List dan Invoice (Jika dokumen disatukan oleh Supplier Anda)
4.Form D,FORM E dll

Jika data dokumen yang disebutkan diatas Anda sudah bisa melakukan proses import barang yang id dahului dengan membuat PIB-Pemberitahuan Impor Barang,Selanjutnya Proses E-billing,Bayar pajak Import, Proses Customs Import Of Handling serta dapat SPPB-Surat Persetujuan Pegeluarn Barang dan Segera keluarkan barang dengan melampirkan SPPB dan D/O Udara setelah membayar biaya sewa gudang, Bisa di gudang cargo udara JAS Cargo,Gapura Angkasa,Gudang GARUDA Cargo serta gudang lainnya di bandara setempat

2.Cara Mengambil D?O Udara di Shipping Freight Forwarder Import Udara

Mengambil Delivery Order (D/O) import udara mempunyai tata cara yang sedikit berbeda,Anda yang melakukan import barang dari luar negeri dikirim ke Indonesia dan memakai jasa import barang shipping freight forwarder akan dikenakan biaya Agency Fee oleh Forwader destination Agent

Apa itu Agency Fee Import Udara ?

Agency Fee Cargo Import udara adalah biaya administrasi yang diterbitkan oleh perusahaan shipping freight forwarder Air freight cargo import untuk menyerahkan dokumen cargo import udara Anda

Setelah membuat surat permohonan pengambilan delivry order import udara dan membayar biaya Agency Fee kepada freight forwarder air freight import,maka perusahaan tersebut akan menyerahkan dokumen terkait yang ada didalamnya untuk proses import barang di kepabeanan

Apa saja dokumen yang harus disiapkan Jika cargo Import saya memakai jasa shipping air freight import/Cargo import melalui udara?

Untuk pengambilan surat delivery order import udara yang wajib Anda sediakan antara lain
1.Dokumen HAWB atau MAWB harus di Endoz/Di stempel oleh Importir
2.Bawa Surat Permohonan Pengantar Pengambilan Delivery Order Impor Udara
3.Surat kuasa Pengambilan Delivery Order Impor Kepada freight forwarder Air Freight Import
4.Bawa dana/transfer pembayaran agency fee untuk menebus delivery order (D/O) impor udara yang dibayar ke account bank mereka sesuai petunjuk yang ada dari forwarder import udara tersebut

Lihat Juga:Air Freight Import Nominated II Cara Buat Manifest BC 1.1 Di Bea Cukai Indonesia
Baca Juga:Air Freight Import Cargo Nomination-Shanghai-China To Indonesia

Periksa Delivery Order (D/O) Cargo Import Udara

Jika dokumen sudah siapa dan And sudah membayar biaya agency fee sesuai ketentuan mereka,Serah kan dokumen dan freight forwarder akan memeriksa surat permohonan pengambilan delivery order (D/O) udara kebagian pengambilan D/O Impor Anda di Bagian Import department mereka

Setelah anda menebus D/O tersebut dari freight forwarder air freight import,maka hal yang wajib Anda perhatikan antara lain:

1.Periksalah manifest cargo udara BC 11. untuk barang import Anda,cocokkan dengan Master AIR Waybill  dan House Airwaybill Anda
2.Periksa dan Teliti isi Invoice dan Packing List
3.Periksa dan Teliti isi doumen Form Fasiltas Import Anda seperti Form D, Surat FORM E,Surat Form IJEPA (Jika ada)

Jika ada terjadi kesalahan manifest cargo atau  manifest BC 1.1 cargo Manifest. Kalau terjadi perbedaan maka mintalah perbaikan secepatnya kepada shipping freight forwarder itu.Jika dalam perbaikan manifest atau dokumen yang ada lama,maka otomatis barang barang import anda akan lama juga keluarnya dari gudang cargo bandara .

Kenapa Cargo Import Udara Bisa Lambat Keluar Jika Manifest BC 1.1 Salah?

Penyebab lama keluarnya cargo karena manifest BC 1.1 salah,sebab antara manifest cargo BC 1.1  saling berkaitan dengan dokumen PIB ( Pemberitahuan Impor Barang ) Import Udara Anda

Kalau data tidak cocok maka system transfer data di PPJK yang anda gunakan otomatis akan RIJECT data PIB yang ditranfer karena data tidak sama (Match) dalam data base Bea Dan Cukai.

Dan untuk anda yang butuh dokumentasi import komplit sekalian untuk proses customs clearance di pelabuhan udara maka silahkan Klik Dan Lihat Di SINI

Untuk pembaca yang butuh contoh surat laut  pengambilan delivery order import menggunakan kapal laut klik linknya Baca dan Lihat:Contoh surat pengambilan D/O Pelayaran

Kesimpulan :
  1. Cara penanganan dokumen pengambilan surat delivery import cargo udara yang tepat akan membuat biaya logistics import ataupun export akan berbiaya rendah dan menjadi murah
  2. Kesalahan kesalahan dalam dokumen import udara dan laut terjadi kalau kita tidak jeli melihat,membaca dan memeriksa dokumen sebelum pesawat tiba di gudang cargo import Bandara (Bandar Udara) 
  3. Resiko barang import udara terlambat keluar dari gudang cargo bandara akan berdampak biaya tarif sewa gudang udara melambung tinggi  
Semoga artikel Contoh Surat Pengambil Delivery Order Impor Udara bermanfaat buat anda

Salam sukses selalu
Edit Januari 2019 By::ferrytrans.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pengambil Delivery Order Impor Udara"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan