Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)

Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O,Warehouse Charge Indonesia.Sobat pembaca undername import LCL, Di Artikel ini kita bahas masalah cargo import LCL(Less than container load) sering kejadian kita dengar heboh saat barang import LCL tiba di pelabuhan,cargo import LCL yang kebanyakan turun di pelabuhan besar seperti di Medan,Jakarta,,Surabaya, Semarang  yang rata rata banyak di import dari Country origin China,Europe Main port,Japan, Singapore Malaysia ,Thail and,India,USA,Africa dan pelabuhan laut lainnya around the world menuju port of destination di Indonesia

Banyak importir yang mengeluhkan mahalnya biaya D/O (Delivery Order) import LCLseperti Biaya port charge,Storage charge Adm D/O,etc.Keluhan yang saya terima mengenai mahalnya biaya local charge import LCL, yang di pungut oleh perusahaan consolidator Import LCL (Import NominasiNe ga ra Asal).Sudah sangat sering sekali saya teri ma dari para pembaca yang kebetulan mampir membaca blog undername import dan ekspor ini
Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)
Cargo import LCL,yang mereka,kirim dari ne gara asal terutama import lcl cargo dari China ke ja arta dengan term of shipment CNF atau CIF Termasuk perusahaan jasa sewa undername import kena dan kaget juga untuk mereka yang tidak mengetahui cara import lcl cargo dengan baik dan benar saat di kirim dari luar negeri ke menuju pelabuhan laut di Indonesia. 


Kaget karena ledakan biayanya (meletus kayak bom bikin jantung berdegup kenceng) hehehe.. 
Sangat mahal,nilainya terkadang me napai puluhan juta rupiah,sering le bih tinggi dari pada membayar pajak impor dan lebih parahnya melebihi nilai barang yang di beli oleh imp ortir resmi

Baca juga:5+Istilah Incoterm Import LCL,Export LCL dan Jasa Undername Import-Export LCL

Kebayangkan.... rasanya bagai mana di charge biaya local port import LCL segitu besar ?

Akibat mahalnya biaya tebus D/O (DeliveryOrder)  import cargo LCL (Nominasi CIF or CNF) sepe rti,D/O Fee,Devanning fee, Warehouse charge,Storage charge dll,mengakibatkan keuntungan penjual an barang oleh pihak importir LCL jauh berkurang dan terkadang malah rugi.

Kerugian yang di derita oleh para impor tir LCL yang telah mengimpor barang dari luar negeri men uju ke arah pabean indonesia,sangat sulit bersaing untuk menjual barang import LCL,kepada  pelang ganan mereka.di indonesia

Biaya D/O ,devanning seperti yang saya uraikan di atas biasa terjadi karena importir barang LCL dari indonesia tidak memahami dan tidak mengerti dalam pengiriman barang LCL tersebut.dari negara asal ke indoesia. 

Mahalnya biaya tersebut karena importir membeli barang dengan cara pembayaran atau pembelian -barang secara saat buka purchase order dengan term CIF (Cost Insurance and Freight) atau CNF (Cost and freight)

Baca juga:Tutorial Jalur Merah,Jalur Kuning Dan Jalur Hijau

Kenapa biaya D/O tersebut menjadi mahal dan membuat importir seperti di cekek ?

Mahalnya biaya tersebut karena importir membeli barang dengan cara pembayaran atau pembelian -barang secara saat buka purchase order dengan term CIF (Cost Insurance and Freight) atau CNF (Cost and freight)

.....Itu jawaban dari saya yang sudah sering menerima keluhan dalam pengiriman barang import lcl dari luar negeri ke indonesia dengan term CNF dan CIF

Terjadinya biaya tinggi tersebut karena importir barang LCL,tidak berpengalaman dalam menangani logistics transportation (Pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia) tentang  mekanisme cara import barang ke indonesia dengan menggunakan perusahaan pengiriman barang import LCL (Less container load) dari luar negeri ke indonesia

Catatan:Import LCL adalah pengiriman barang curah yang di satukan dengan beberapa importir ke dalam peti kemas 20 FT atau 40 FT dari luar negeri menuju iindonesia
Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)
Jadi karena tidak tau cara dan pel aksanaan import lcl, melalui perusa haan jasa freight forwarder /logistics service membuat pihak supplier dari negara asal menunjuk freight forwa rder/perusahaan cargo consolidator LCL yang menjadi langganan mere ka di negara asal

Perusahaan Freight Forwarder yang menjadi consolidator import LCL ba rang anda dengan senang hati akan berangkatkan barang import anda da ri negara asal tanpa anda mengetahui biaya local port di pelabuhan indon esia..Cara import LCL ini dalam istilah perusahaan  freight forwarder di sebut cargo nominasi dari negara asal. Cargo nominasi adalah penunjukan langsung pengiriman barang import dari supplier kepada shipping agent/conslidator import LCL di negara asal barang 

Lain halnya dengan pengiriman cargo import FCL (Full container Load) yang sudah punya standart baku dan biaya D/O serta port local charge, storage sudah di atur sperti D/O, Adm fee BL,THC ( Terminal Handling charge) Biaya Demurrage di pelabuhan laut negara kita ini 

Kesalahan dawal pembelian barang import LCL melalui transaksi CIF dan CNF

Next, berdasakan nominasi cargo dari pihak supplier yang meminta perusahaan consolidator import LCL/agent (LCL consolidator/freight forwarder) Perusahaan yang di tunjuk supplier akan pick up dan mengirim barang ke gudang mereka di negara asal. Setelah barang tiba di gudang pelabuhan atau gudang LCL di negara asal yang berada di area bonded zone,pihak freight forwarder akan gabungkan dan memasukkan cargo import lcl anda dengan barang milik perusahaan lain ke dalam container yang sudah mereka siapkan di gudang mereka. 

Selanjutnya barang berangkat melalui shipping line yang di pakai oleh perusahaan consolidator LCL dari negara asal

Container berangkat sesuai schedule,barang akan tiba di pelabuhan jakarta indonesia,setelah barang tiba di pelabuhan maka kontainer akan di O/B (Over Brengen-Bahasa Belanda) ke area gudang pabeaa (di dalam kawasan pelabuhan yag di awasi bea cukai indonesia) Container akan masuk ke dalam gudang mereka di pelabuhan seumpama tg.priok jakarta 

Setelah itu perusahaan consolidator import lcl akan minta bantuan PBM (Perusahaan Bongkar Muat) untuk segera bongkar muatan dari dalam container dan di susun di dalam gudang import lcl termasuk barang import LCL perusahaan anda

Baca juga:Bisnis import barang dari china ke indonesia dan cara kirim barang import resmi  
Proses selanjutnya yang dilakukan consolidator agent import LCL?

Pihak consolidator import LCL agent di indonesia membuat manifest cargo ke pelayaran minta D/O mereka di split menjadi beberapa dokumen sesuai data importir yang mereka dapat dari agent mereka
di negara asal barang dan memberikan notice of arrival kepada perusahaan anda sebagai salah sau pemilik barang import LCL, yang ada di gudang mereka

Langkah berikut yang dilakukan perusahaan consolidator import LCL -

Mengambil D/O tersebut dari pelayaran di indonesia dan mulai menyusun biaya biaya yang mereka buat sesuai petunjuk agent cargo import LCL mereka dari luar negeri, Biaya sudah di dapat dan di susun sesuai arahan agent dari negara asal, invoice sudah dibuat serta sudah di tangani akunting import department mereka, dan terinci dengan biaya yang jauh lebih mahal dari pada beli barang dengan termof shipment (TOS) FOB-Free on board

Dalam Invoice tersebut sudah masuk biaya Import LCL charge:
  1. Destination Charge
  2. Split PU manifest
  3. CAF (Currency Adjusment Facture) Charge
  4. CFS (Container Freight Station) Charge)
  5. Mechanic charge
  6. Adm Charge
  7. Devanning charge
  8. Port Handling Charge
  9. dan berbagai varian tagihan ( masing masing perusahaan mempunyai standart sendiri)
Sudah habiskah pengeluaran setelah bayar di consolidator import LCL ?

Belum ! 

Sementara itu pihak gudang atau PBM (Perushaan Bongkar Muat) yang di tunjuk consolidator import LCL, yang menyusun dan merapikan barang import anda di gudang pabean akan menyiapkan juga biaya mereka berupa:
  1. Storage charge Masa 1 (Kalau melewati ketentun mereka akan masuk Masa II,Masa,III dan flat charge storage)
  2. ADM Gudang
  3. Surveyor
  4. Receiving cargo import LCL
  5. Bahandle Fee
  6. Dan lain lain
Biaya lain lain sesuai pesan dan selera agent mereka (Refund(

Sekali lagi saya tekankan sesuai selera agent consolidator import LCL mereka di luar negeri

Langkah importir pemilik barang import LCL yang belum faham biaya tersebut? 

...Hehehe...Tentu importir sebagai pemilik barang akan segera memproses customs clearance secepa tnya,setelah proses importasi menyusun dokumen,membuat PIB,Pembayaran pajak sesuai e-billing , customs clearance dan handling di laksanakan sesuai prosedur dan barang sudah dapat SPPB ( Surat Perintah Pengeluaran Barang) dari bea cukai keluar

SPPB terbit dari bea cukai,tentu saja importir pemilik barang import lcl atau perwakilannya menebus D/O ke perusahaan consolidator LCL (Terkadang harus melalui co-loader ambil surat pengantar pengambilan D/O ) dan di sini juga ada charge agency fee namun dalam tahap wajar 

Disinilah sakit jantung importir mulai muncul !
Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)
Disaat semngat karena sudah ada surat perintah pengeluaran barang (SPPB) dari bea dan cukai.Mereka tentu harus menga mbil D/O sebagai salah satu tsyarat untuk mengeluarkan barang dari gudang.pabean.Tanpa D/O petugas hanggar bea cukai tidak mengizinkan barang keluar dari areal pabean sekalipun SPPB sudah di tangan anda 

Jadi anda harus membayar D/O LCL atau menebusnya dan itu wajib!


Saat tiba mengambil D/O di kantor consolidator agent maka !! 
Jrengg.. jrengg...................

Biaya yang harus dibayar muncul dan jantung berdetak keras 

dan terkadang membuat importir pemilik barang sangat  kaget,berteriak  dan marah marah kepada pihak consolidator agent import LCL yang ada di jakarta. 

Marah karena biaya yang muncul untuk tebus D/O dan warehouse charge(/devaning charge (sudah di jelskan diatas) mahal sekali  

Ringkasnya saja,setelah melihat detail yang ada di dalam innvoice tebus D/O yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan consolidator,saya berikan contoh dan bukti  invoice atau tagihan,biaya Import LCL cargo nominasi dari negara asal

saya berikan contoh ini sebagai bukti betapa mahalnya biaya cargo import LCL nonisai, jika anda tidak memahami strategi import LCL dari negara asal.Sebetulnya importir tidak perlu marah dan komplain kepada consolidator agent LCL di jakarta karena perusahaan consolidator import LCL tersebut hanya menjalankan perintah dari agent mereka di negara asal 

dan mereka hanya sebagai perwakilan saja di indonesia.

#.Kenapa import LCL charge itu mahal sekali ? 

Karena kesalahan importir itu sendiri, Importir yang tidak mengetahui bahwa jika cargo di kirim mela lui nominasi shipment dari negara asal,pihak consolidator LCL dari negara asal akan meminta REFUND atau REBATE. Nilai Refund ini lumayan tinggi atau sangat tinggi sekali dan bebannya akan di terima oleh importir lcl di jakarta.

#.Cara mengatasi masalah biaya local charge import LCL yang high cost

Solusi mengatasi masalah kejadian biaya D/O dan Import local charge yang nyekek leher anda ini bisa di atasi dengan cara  :
  • Beritahu supplier anda dan supplier di negara asal, dan spplier akan complaint consoliadtor LCL agent di negara mereka
  • Negosiasi harga yang wajar dan minta keringanan biaya berdasarkan bantuan supplier anda
  • Push supplier negara asal agar mereka action segera,tidak membuang waktu karena akan memperlambat cargo anda keluar dari area pabean dan biaya semakin tinggi
  • Masalah bisa di atasi jika semua berkepala dingin dan saling memahami resiko import lcl melalui nomiasi negara asal 
Biaya jasa logistics import LCL yang sangat tinggi bagaimana cara import LCL yang tepat?

Cara import LCL yang tepat dengan cara buka P.O(Purchase Order FOB) dan ini cara yag tepat yang di lakukan dan pernah di alami oleh beberapa pembaca .Baik itu dengan jasa undername impor mau pun dengan izin impor/lisensi perusahaan sendiri,pasti akan membuat anda akan menang sebagai pengusaha yang import barang melalui LCL service 

Hal tersebut juga akan membuat nilai jual barang akan tinggi dan kompetitor perusahaan lain yang menjual barang sejenis yang mengetahui pola impor barang pakai LCL akan membuat anda terjungkal jualan barang barang tersebut dan anda jadi seperti ini

Prosedur dan cara yang tepat menekan biaya D/O import LCL


Dengan transaksi pembelian barang import LCL anda dengan term FOB ( Free On Board) dengan supplier,merubah pola transaksi import lcl perusahaan anda,seblumny cnf atau cif.. merubah pemb elian brang tersebut anda wahai importir tidak akan marah marah kepada pihak consolidator agent import LCL yang ada di jakarta atau pelabuhan lainnya di indonesia.

Saya beri saran,sebelum membuka Purchase Order ( P.O) yaitu dengan cara membeli barang FOB Port Origin, Segera cari consolidator agent local yang ada di jakarta atau daerah-manapun pelabuhan tujuan barang import LCL anda di indonesia ini

Carilah consolidator agent jakarta yang menurut anda good service and good price

Sudah dapat consolidator agent Import LCL lokal ?

Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)
Negolah harga ocean freight LCL ,Biaya D/O di jakarta ,Biaya warehouse charge gudang pelabuhan dengan perusahaan consolidator import LCL,di jakarta, intinya dengan freight forwarder agent import lcl di indonesia dan jangan negosiasi terlalu menekan pihak consolidator agent di jakarta agar dapat biaya D/O import yang murah karena siapapun pasti tidak terima juga,kalau anda menawar harga keterlaluan reduce cost local port import lcl di indonesia

Forwarder consolidator LCL local di indonesia yang punya agent LCL Consolidator di negara asal anda beli barang tentu mereka dengan senang hati dan bersemangat menawarkan harga import LCL mereka.Kalau harga sudah ada dan anda tawar degan wajar serta ke dua belah pihak setuju,minta dan tanyakanlah nama agent mereka di negara asal impor barang dimana anda telah membuka PO untuk pembelian barang .

Untuk biaya biaya yang timbul anda negosiasi sendiri dengan perusahaan freight forwarder lcl consolidator, biaya delivery order (D/O) di jakarta dan biaya port charge sebagai berikutu
  • D/O charge (terdiri dari split P.U,Agency Fee,CFS charge,etc ) Negolah dengan consolidator import lcl di indonesia berikut dengan biaya ,warehouse charge,storage fee, adm gudang etc
  • Setelah harga disepakati,,minta nama agent consolidator import lcl kepada marketing yang anda hubungi 
  • Buka P.O (Purchase Order) ke supplier dan beritahulah bahwa anda punya consolidator import lcl yang akan melakukan pengiriman barang dari negara asal menuju indonesia perusahan anda nominate cargo import lcl melalui consolidator agent import LCL dari indonesia)
  • Tunjuklah forwarde local import LCL di indonesia melalui shipping instruction,berikan copy shipping instruction kepada supplier anda di negara asal 
Pencantuman nama consolidator agent import LCL di P.O (Purchase order)

Sebagai importir tentu anda akan buka P.O.bukalah Purchase Order ( P.O) dengan nilai FOB dan cantumkan nama agent consolidator import lcl di negara asala dengan consolidator import lcl di indonesia,

Pada prinsipnya anda menominasi import lcl barang kiriman anda menunujk consolidator freight import lcl indonesia .

Keuntungan, cara nominasi dari pihak importir sebagai pemilik barang import LCL?

Keuntungan yang anda dapatkan, mudah monitoring cargo tersebut mulai dari barang import lcl berangkat dari negara tujuan menuju ke pelabuhan di indonesia, serta dengan menunjuk consolidator agent barang import lcl di indonesia tentu hemat biaya menelepon dan biaya lainnya serta menikmati biaya local port yang wajar sesuai kesepakatan antara anda dan pihak freight forwarder local di indonesia 

Yakinlah ! 

Biaya D/O (Delivery order) serta biaya local port jakarta dari consolidator local agent import lcl di Indonesia bikin jantung enak berdetak sejukkk ,,, 

Nyaman

Serta perusahaan anda akan maju dan untung.  

Smilleee ,,,, 

Kocek anda akan tambah tebal dan Jangan lupa yaaaa pak bagi bagi buat kesejahteraan karyawan anda.

Keuntungan,pakai nominasi cargo import lcl dari indonesia 

Kalau biaya D/O local port charge sudah murah dan barang import anda tiba di pelabuhan,anda bisa mempersiapkan proses import customs secepat mungkin,siapkan seluruh dokumen import anda dengan baik dan teliti 

Di sinilah keuntungan lain yang anda terima,pihak cosolidator agent juga ikut membantu periksa dokumen import lcl anda saat barang berangkat untuk dari negara untuk issued HBL (House Bill of lading) sebab kalau tidak teliti maka manifest cargo BC 1.1 akan berantakan dan yang susah tentu anda dan juga mereka sebagai pihak agent lcl import yang anda percaya

Proses import dan handling saat barangimport lcl tiba di indonesia

Jika barang sudah tiba di pelabuhan,proses customs clearance dan handling dengan cepat sebelum submit PIB ke pihak bea cukai melalui PPJK/EDI system yang anda tunjuk,cek dokumen PIB, confirm,transfer dokumen import PIB anda segera
Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)
E Billing keluar ,,,,bayar pajak dengan benar dan cepat


Proses import handling lancar dan dapat SPPB dari bea cukai (jika tidak ada masalah)

Proses customs clearance yang baik dan cepat akan menghemat waktu dan biaya,sekaligus membantu pemerintah mengurangi kepadatan penumpukan barang di pelabuhan 

dan proses import handling yang cepat membuat waktu pengiri  man barang ke gudang anda atau langsung ke buyer anda bisa sesuai dengan perjanjian serta permintaan pembeli yang ingin barang segera tiba di gudang mereka .

Sahabat pembaca undername import blog

Import lcl, kelebihan lain yang bisa anda dapatkan,kalau terjadi problem di proses kepabeanan anda masih di untungan hanya membayar biaya storage cost saja,

Berbeda dengan import barang menggunakan import FCL 20 ft dan 40 ft anda akan kena double cost, demurrage dan storage di pelabuham yang tinggi di sertai jika anda telat keluarkan container 1 (satu) hari setelah SPPB terbit anda akan di kenakan denda/penalty SPPB, silahkan cek sendiri di portal online jict

Saatnya anda menang sebagai importir barang import lcl di indonesia

Anda sukses dengan strategi import lcl yang tepat, profit anda aka meningkat

Kesimpulan dan tips import dengan cargo LCL berbiaya rendah dan legal
  1. Cobalah melakukan hal tersebut di atas bagi anda importir barang barang dengan kategori LCL
  2. Jika anda masih kurang yakin bandingkan dulu biaya  LCL nominasi dari supplier anda  
  3. Lakukan negosiasi harga dengan benar dan tidak menenkan mentang mentang forwarder local yang bisa anda tekan sedemikian rupa
  4. Anda lakukan proses transport logistics dengan cara yang tepat setelah membaca artikel ini saya jamin bisa mengurangi biaya logistics untuk pengiriman barang barang dengan model LCL cargo shipment
  5. Dan resiko beratnya adalah anda sebagi importir barang untung atau profit lebih menarik utamanya lepas dari sakit jantung, marah marah darah tinggi kumat dll 
  6. Forwarder local indonesia untung dan semua bisa happy
Catatan : Sumber sumber bahan dokumen dokumen yang ada adalah hasil kerja dan saya dapat secara pribadi sesuai fakta dan kenyataan bukan hasil olahan dari gambar internet.

Sumber yang menjadi bahan sudah saya tutupi agar berimbang bukti dan kenyataan yang ada ) Dan sudah di selesaikan dengan musywarah serta mufakat dengan harga yang terbaik 

Baca Juga:Undername import borongan dan undername import resmi jakarta

Dibuat artikel berdasarkan banyaknya masalah import LCL seperti ini dan masalah yang ada di sertai bukti banyaknya teman teman importir yang mengeluh biaya Import LCL untuk Local port jakarta mahal, padahal tidak seperti itu jika anda tau cara import LCL yang tepat

Harapan saya bahwa tulisan ini sebagai pembelajaran buat sobat yang mau import LCL resmi dari luar negeri ke indonesia dan dari kejadian ini bisa mengetahui #Cara Import Barang (Import LCL ExWork-EXW) Dari China ke Indonesia degan tepat 
Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)
Saat ini pemerintah sedang memperketat masukknya barang barang import LCL dan Import FCL borongan dan jelas jelas importir yang selama ini main door to door borongan pada kesulitan, bagi anda yang kesulitan,lebih baik urus izin import melalui OSS Online agar dapat Nomor Induk Berusaha (NIB)   (Sudah termasuk SIUP,TDP,API-U/P dan nomor akses kepabenanan) untuk sementara waktu anda bisa pakai perusahaan jasa sewa undername import-export 

Silahkan anda cari mana perusahaan jasa undername import,kalau bisa mereka yang mau impot lcl Q.Q dengan nama anda pribadi atu nama perusahaan anda . Jika import Q.Q (Import) Inde ntor anda lakukan maka pajak import akan masuk ke nomor NPWP Perusahaan anda,Sementara anda urus legalitas izin export import perusahaan anda agar usaha anda nyaman dan terus berkembang.

Dengan mengimport barang secara legal maka anda akan nyaman dan usaha anda berjalan terus berkembang , semoga bisa maju pesat. gunakan fasilitas perdagangan antar negara agar membayar pajak anda bisa ringan . Bayarlah pajak dengan cara import resmi. asala anda mengetahui caranya pasti mudah dan usaha anda bisa tenang.

Masalah pertama tidak semua document saya berikan buat contoh masalah , serta masalah sudah diatasi dengan baik dan harga sudah di diskon sesuai kesepakatan antara forwarder agent lcl nominasi dari negara asal dengan importir di jakarta.

Selesainya masalah butuh proses yang alot dan membuag waktu si importir yang tidak mengetahui proses import menggunakan angkutan laut LCL service dari suatu negara menuju indonesia

Semoga tulisan cara Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update) ini bisa membantu anda semuanya

Salam sukses buat anda semuanya

Di update ulang  24 Maret 2018

Kembali Update artikel ini tanggal 27 Oktober 2018

Edit judul 06 November 2018 by G+Indonesia UndernameI mport-Export Blog Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengatasi Mahalnya Biaya Import LCL Biaya D/O, Warehouse Charge Indonesia (update)"

  1. kak boleh minta e-mail atau telp nya? saya mau konsultasi tentang import LCL ini, thanks

    ReplyDelete
  2. No telpon saya HP 0812.9509.7783 dan email ke devajunio25@gmail.com or djufri.dalis@gmail.com

    ReplyDelete

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan