Tarif Baru Penumpukan container FCL pelabuhan tanjung priok 2016


Tarif Baru Penumpukan container FCL pelabuhan tanjung priok
Tarif Baru Penumpukan container FCL pelabuhan tanjung priok 2016 (Update 2018) Masalah dwelling time barang barang export dan import di pelabuhan tg.priok menjadi fokus pemerintah.Dwellng time kasaran pengertiannya adalah lama penumpukan dan bongkar muat ko ntainer baik itu export maupun import di area pelabuhan, Apakah itu port of tanjung priok Jakarta , port tanjung.emas semarang, port tg. perak surabaya,serta pelabuhan besar lainnya di indonesia yang turun dari kapal dan keluar dari pelabuhan setelah proses customs cleara nce dan import handling

Guna mencegah terjadinya penumpukan container di pelabuhan dan kapal yang bongkar jadi terhambat proses bongkar dan muat, peme rintah melalu otoritas pelabuhan atau biaya sewa lapangan untuk konta iner sesai peraturan yang di keluarkan oleh pelindo :

Keputusan Direksi Pelindo II No. HK.568/23/2/1/PI.II/16 dan dilanjutkan oleh pengelola pelabuhan UTC Tg Priok dengan SK : SK Direksi HK.560/1/3/JICT-2016 tanggal 26 Februari 2016

Baca juga: Undername Import Borongan Dan Undername Import Resmi (Update)

JICT atau PT. Jakarta International Container Terminal mengeluarkan peraturan Tarif baru Jasa penumpukan peti Kemas berlaku sejak 1 Maret 2016. Kita langsung saja melihat isi dan peraturan ter sebut penumpukan free time di pelabuhan tg.priok hanya berlaku hari ke-1 saja . dihitung container bongkar dari kapal. Hari ke-2 dan seterusnya tarif jasa penumpukan naik menjadi 900%.

Untuk batas waktu lamanya penumpukan container import dilapangan UTC tg priok sekitar 3 ha ri sejakbarang masuk di lapangan utc tg.priok nahhh............

Kalau melebih 3 (Tiga) hari siap siap saja cargo di O/B over brengen ke gudang lain diluar pelabuhan dan akan membuat biaya jauh lebih mahal karena biaya pemindahan akan di tanggung oleh pemilik barang

Perbandingan tarif lama sesuai SK Pelindo tahun 2014 dan 2016 dan sampai hari ini 2018

#.1. TARIF LAMA
  • Tarif Lama berdasarkan SK Direksi Pelindo II tahun 2014
  • TARIF PENUMPUKAN 20' 40'
  • TARIF DASAR PENUMPUKAN (TDP) Rp. 27.200 Rp. 54.400
  • MASA PENUMPUKAN
  • MASA BEBAS : 1-3 HARI GRATIS GRATIS
  • MASA II : 4-10 HARI 500% X TDP 500% X TDP
  • MASA III : 11 HARI - SETERUSNYA 700% X TDP 700% X TDP
#.2. TARIF BARU
Tarif baru sesuai SK 2016
TARIF PENUMPUKAN 20' 40'
TARIF DASAR PENUMPUKAN (TDP) Rp. 27.200 Rp. 54.400
Hari Ke-1 BEBAS BEBAS
Hari ke-2 dan seterusnya 900% X TDP 900% X TDP
Tarif pelayanan jasa penumpukan petikemas (TPJPP) dengan ukuran lebih dari 40' dikenakan tambahan 25% dari tariff dasar container kemas 40' atau untuk tariff manual di JICT sebagai patokan dan panduan manul buat anda silahkan klik di Sini dan tarcking otomatis  bisa traking di : tariff penunpukan container import dan export

#.3. PERHITUNGAN PINALTI Biaya Penumpukan/Storage JICT

Tarif pelayanan penumpukan yang telah SPPB (Surat Persetujuan Pengeluaran Barang-SPPB) dikenakan ketentuan yang menjadi beban pemilik barang:
  • SPPB yang terbit pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis setelah hari ke-2 (ke-dua) dikenakan tambahan tariff sebesar 200% dari tarif dasar
  • SPPB yang terbit pada hari Jumat dan Sabtu, setelah hari ke-3 (ke-tiga) dikenakan tambahan sebesar 200% dari tarif dasar
  • SPPB yang terbit satu hari saat libur nasional, hari ke-3 dikenakan tambahan biaya 200%
Baca juga:5+Istilah Incoterm Import LCL,Export LCL dan Jasa Undername Import-Export LCL

Untuk container/ peti kemas yang telah terbit SPPB, jika tidak dikeluarkan pada hari ke 3, maka pengelola pelabuhan akan memindahkannya atau O/B

SPPB terbit sebelum barang di bongkar dari kapal Hari ke 3 (ke-tiga) habis bongkar dari kapal dikenakan tarif 200% dari tarif dasar
  • Melebihi hari ke-3 sejak peti kemas bongkar dari kapal dan container tidak keluar maka pihak pelabuhan akan O/B itu container ke gudang lain.
Ada lagi denda jika telah keluar (SP2) Setelah keluar SP 2 denda 300% urat Pengeltiga ratus prosen) dari tariff yang dikenakan saat itu
  • Untuk container di atas 30 Box per B/L, setelah hari ke 4 sejak keluar SP2, tambahan penalty 300% dari tariff yang di print saat itu.
Jadi kita harus memngingat bahwa utnuk dwelling time pihak otoritas pelabuhan hanya memberikan batasan waktu 3 hari saja sejak kapal tiba

Jangan sampai deh barang di O/B karena biayanya akan mahal sekali .... ampun ampunan

Demikian artikel Tarif Baru Penumpukan container FCL pelabuhan tanjung priok 2016 (update 2018) saya tutup sampai di sini

Semoga bermanfaat

Edited, 03 Desember 2018 by G+Indonesia Undername Import Export Blog Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tarif Baru Penumpukan container FCL pelabuhan tanjung priok 2016"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan