Shipping Soybeans from USA to Indonesia-Pontianak
Artikel kali ini bahas shipping from usa to indonesia, barang yang di import yaitu soybeans.Di import dari texas USA melalui pelabuhan port of los angeles USA menuju ke Pelabuhan Pontianak Indonesia dengan term of shipment CIF ( Cost Freight & Insurance).Awalnya importir yang berasal dari kalimantan ini mau bertanya cara import barang dari luar negeri ke indonesia menggunakan jasa sewa undername import
Sebagai seorang blogger dan internet marketing wajib menghormati dan menghargai orang yang telah sudi membaca artikel di blog saya ini.Saya berikan saran, pendapat .pertimbangan kelebihan dan kekuragan memakai jasa undername import atau dia membuat izin import sendiri melalui OSS Online yang dinamakan Nomor Induk Berusaha (NIB)
Opsi terakhir dipilih yaitu membuat izin usaha melalui OSS Online.
Selesai mengurus izin impornya importir ini terus bertanya tentang bagaimana cara impor barang dan saya jelaskan sesuai pengetahuan yang saya miliki dan beberapa waktu sebelumnya saya pernah handle juga shipment Import Door To Door dari USA-Hungary Ke Pulau Bali
Pertanyaan mulai dari cara pembayaran skema memakai T/T ( Telegrafic Transfer) sampai dengan cara pembayaran barang impor melaui LC (Letter Of Credit) dan cara periksa supplier di USA sebagai penjual soybeans tersebut apakah benar atau tidak perusahaan itu ada atau hanya perusahaan fiktif dan itu wajib di periksa.
# 1.Tahap Pemeriksaan Perusahaan Soybean Di USA
Karena importir ini tidak langsung datang ke kantor supplier di Texas-USA (sempat dia sampaikan mau terbang ke USA dan cari tiket pesawat)_ namun di undur karena pembeli sudah mendesak agar barang di kirim segera
Akhirnya di tempuh akternatif periksa perusahaan pemasok soybeans tersebut dengan berbagai cara,mulai dari cek nama perusahaan tersebut di website pemerintah USA, Periksa dan telpon kantor supplier,periksa melalu internet nama perusahaan dan berbagai ploa pemeriksaan dia lakukan
Merasa yakin dengan perusahaan tersebut maka dia hubungi supplier setuju dengan harga yang di tawarkan melalui Sales Contract Agreement (SCA) dan beliau minta pendapat saya, dalam hal ini saya baca SCA dari supplier dan saya bilang untuk sementara aman sampai transaksi pembayaran barang ke supplier melalui Bank yang ada di Pontianak
# 2.Pembayaran Pembelian Barang di Bank
Sales contract agreement sudah di tanda tangan tentu saja pembayaran harus di lakukan.dalam perjanjian pembayaran by T/T transfer bank 30% dan kembali beliau bertanya untuk pembayaran melalui bank apa saja
Saya bilang dalam pembicaraan via telpon terserah beliau mau transfer dari bank mana, bisa dari Bank Mandiri,Bank BRI,Bank BCA.Bank NISP,Panin Bank dan sebaiknya atas nama perusahaan beliau agar saat proses import handling di pontianak jika kena jalur merah dan di minta DNP/INP (Inkrah Nilai Pabean) data valid
Akhirnya beliau memakai Bank Mandiri untuk tranfer payment barang dan nama supplier terdaftar serta cocok dengan data di Sales Contract Agreement
Data yang di sampaikan nama dan alamat supplier cocok dan sesuai karena nama perusahaan dan nomor rekening cocok dan ada dalam data base di Bank Mandiri dan keyakinan beliau bertambah dan rasa aman untuk transaksi impor meningkat sementara (lah kok sementara hehehe.....)
Saya tegaskan aman sementara sampai dia (Supplier ) kirim copy dokumen bahwa barang sudah di kirim dan melewati Custom USA untuk proses import di pontianak dan pembuktian bahwa perusahaan itu benar adanya ( Masih ingat tulisan di atas bahwa transaksi ini dilakukan melalui media internet dan mengandalkan insting dan feeling serta keakuratan data perusahaan supplier)
#3.Process checking document import
Pembayaran pembelian barang ke supplier di USA sudah di lakukan melalui Bank Mandiri dan kembali beliau bertanya apalagi yang harus di lakukan dan dokumen apa saja yang di minta
Saya beritahu bahwa supllier soybeans dia sangat professional dan mengetahui persis dokumen apa saja yang di butuhkan negara indonesia untuk proses customs celarance serta dalam sales contract agreement mereka dengan tegas telah dibuat dan akan mengirimkan dokumen untuk keperluan customs indonesia serta karantina tumbuhan di Pelabuhan Pontianak sebagai port of destination
Panduan dan saran terus dia minta agar proses import pertama kali yang dia lakukan sukses dan berhasil tanpa insiden terjadinya kesalahan dalam shipping from usa to indonesia ini Dalam memberikan panduan proses import ini ada saja teman yang nyeletuk melihat saya di telpon dan whattsssap siang dan mala
Teman:"Ntar kalau dia nggak jadi pakai jasa kamu gimana"
Saya jawab:"Kalau ndak jadi juga gak masalah,bukan rezeki gw sobat,sebab allah swt pasti akan memberikan yang lebih baik"
dan rekan saya tersebut tertawa karena saya juga punya penghasilan dari google adsensee sebagai publisher serta sebagai pekerja freelance di beberapa perusahaan importir hahahaha
Just kidding .........
Lanjut,selang 3 hari setelah pembayaran dilakukan kembali beliau menghubungi saya mengi rimkan copy dokumen dari supplier dan minta bantuan checking draft document import antara lain
Sebagai seorang blogger dan internet marketing wajib menghormati dan menghargai orang yang telah sudi membaca artikel di blog saya ini.Saya berikan saran, pendapat .pertimbangan kelebihan dan kekuragan memakai jasa undername import atau dia membuat izin import sendiri melalui OSS Online yang dinamakan Nomor Induk Berusaha (NIB)
![]() |
Private Foto: https"// www.ferrytrans.id by Sunarto HP )812.8036.971 |
Selesai mengurus izin impornya importir ini terus bertanya tentang bagaimana cara impor barang dan saya jelaskan sesuai pengetahuan yang saya miliki dan beberapa waktu sebelumnya saya pernah handle juga shipment Import Door To Door dari USA-Hungary Ke Pulau Bali
Pertanyaan mulai dari cara pembayaran skema memakai T/T ( Telegrafic Transfer) sampai dengan cara pembayaran barang impor melaui LC (Letter Of Credit) dan cara periksa supplier di USA sebagai penjual soybeans tersebut apakah benar atau tidak perusahaan itu ada atau hanya perusahaan fiktif dan itu wajib di periksa.
# 1.Tahap Pemeriksaan Perusahaan Soybean Di USA
Karena importir ini tidak langsung datang ke kantor supplier di Texas-USA (sempat dia sampaikan mau terbang ke USA dan cari tiket pesawat)_ namun di undur karena pembeli sudah mendesak agar barang di kirim segera
Akhirnya di tempuh akternatif periksa perusahaan pemasok soybeans tersebut dengan berbagai cara,mulai dari cek nama perusahaan tersebut di website pemerintah USA, Periksa dan telpon kantor supplier,periksa melalu internet nama perusahaan dan berbagai ploa pemeriksaan dia lakukan
Merasa yakin dengan perusahaan tersebut maka dia hubungi supplier setuju dengan harga yang di tawarkan melalui Sales Contract Agreement (SCA) dan beliau minta pendapat saya, dalam hal ini saya baca SCA dari supplier dan saya bilang untuk sementara aman sampai transaksi pembayaran barang ke supplier melalui Bank yang ada di Pontianak
# 2.Pembayaran Pembelian Barang di Bank
Sales contract agreement sudah di tanda tangan tentu saja pembayaran harus di lakukan.dalam perjanjian pembayaran by T/T transfer bank 30% dan kembali beliau bertanya untuk pembayaran melalui bank apa saja
Saya bilang dalam pembicaraan via telpon terserah beliau mau transfer dari bank mana, bisa dari Bank Mandiri,Bank BRI,Bank BCA.Bank NISP,Panin Bank dan sebaiknya atas nama perusahaan beliau agar saat proses import handling di pontianak jika kena jalur merah dan di minta DNP/INP (Inkrah Nilai Pabean) data valid
Akhirnya beliau memakai Bank Mandiri untuk tranfer payment barang dan nama supplier terdaftar serta cocok dengan data di Sales Contract Agreement
Data yang di sampaikan nama dan alamat supplier cocok dan sesuai karena nama perusahaan dan nomor rekening cocok dan ada dalam data base di Bank Mandiri dan keyakinan beliau bertambah dan rasa aman untuk transaksi impor meningkat sementara (lah kok sementara hehehe.....)
Saya tegaskan aman sementara sampai dia (Supplier ) kirim copy dokumen bahwa barang sudah di kirim dan melewati Custom USA untuk proses import di pontianak dan pembuktian bahwa perusahaan itu benar adanya ( Masih ingat tulisan di atas bahwa transaksi ini dilakukan melalui media internet dan mengandalkan insting dan feeling serta keakuratan data perusahaan supplier)
#3.Process checking document import
Pembayaran pembelian barang ke supplier di USA sudah di lakukan melalui Bank Mandiri dan kembali beliau bertanya apalagi yang harus di lakukan dan dokumen apa saja yang di minta
Saya beritahu bahwa supllier soybeans dia sangat professional dan mengetahui persis dokumen apa saja yang di butuhkan negara indonesia untuk proses customs celarance serta dalam sales contract agreement mereka dengan tegas telah dibuat dan akan mengirimkan dokumen untuk keperluan customs indonesia serta karantina tumbuhan di Pelabuhan Pontianak sebagai port of destination
Panduan dan saran terus dia minta agar proses import pertama kali yang dia lakukan sukses dan berhasil tanpa insiden terjadinya kesalahan dalam shipping from usa to indonesia ini Dalam memberikan panduan proses import ini ada saja teman yang nyeletuk melihat saya di telpon dan whattsssap siang dan mala
Teman:"Ntar kalau dia nggak jadi pakai jasa kamu gimana"
Saya jawab:"Kalau ndak jadi juga gak masalah,bukan rezeki gw sobat,sebab allah swt pasti akan memberikan yang lebih baik"
dan rekan saya tersebut tertawa karena saya juga punya penghasilan dari google adsensee sebagai publisher serta sebagai pekerja freelance di beberapa perusahaan importir hahahaha
Just kidding .........
Lanjut,selang 3 hari setelah pembayaran dilakukan kembali beliau menghubungi saya mengi rimkan copy dokumen dari supplier dan minta bantuan checking draft document import antara lain
- Bill of Lading
- Packing List
- Certificate of Weight and Quality by SGS, Bureau Veritas or other international Standard Certification Company.
- Export Declaration
- Commercial Invoice
- Certificate of Origin
- Phytosanitary Certificate
- Cargo Insurance Certificate
Sembari periksa document import tersebut saya check melalui tracking perusahaan freight forwarder yang di tunjuk oleh supplier sebagai shipping agent mereka, di tracking cargo (mereka punya website tracking) sendiri dan dari hasil tracking barang telah berada di bonded zone customs port of los angeles USA dengan tujuan port of destination pontianak.....
Document dan tracking cargo via website clear dan saya informasikan bahwa document import tersebut juga sudah benar dan sempurna untuk proses import handling dan karantina di pelabuhan pontianak Kalimantan Barat
#4.Final Pembayaran Via LC (Letter Of Credit)
Copy document berupa Bill Of Lading dan dokumen lainnya sudah telah diberikan oleh supplier kepada consignee dan tentu saja supplier soybeans di USA minta bayaran final
Karena pembayaran final melalui L/C (Letter Of Credit) maka saya sarankan dia ke Bank untuk pergi ke Bank Mandiri tempat awal dia transfer untuk buka L/C tersebut
Saya informasikan bahwa payment memakai L/C adalah pembayaran paling aman untuk transaksi international trade seperti yang di minta oleh supplier dari USA tersebut
Pembayaran melalui L/C tersebut oleh Bank Mandiri di proses dan cargo tersebut di relase oleh supplier untuk shipping from USA to Indonesia memakai kapal APL Lines sesuai keterangan dalam Bill of lading yang telah di berikan oleh perusahaan freight forwarder USA yang di tunjuk oleh supplier soyneans di USA
Penutup:
- Import Soybeans (Bungkil Kedelai ini) digunakan untuk pakan ternak
- Import paling aman adalah memakai pembayaran L/C (Letter of credit)
- HC Code soybeans : 23099032 barang yang kena larangan dan pembatasan untuk proses import dan wajib melalui proses karantina
Sekian dulu artikel ini saya tutup semoga pengalaman tersebut bermanfaat buat anda yang mau usaha import barang
Salam sukses selalu buat anda semua
Wassalam
0 Response to "Shipping Soybeans from USA to Indonesia-Pontianak"
Post a Comment
Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan