Contoh Surat Export Dan Import Kembali Barang Repair/Re-Import

Temporary Export jakarta atau ekspor sementara
Hai sahabat pembaca yang mulia saya update artikel ini sedikit se mbari ngopi malam ini dan ngetik blog undername import & export

Saya mengingatkan buat rekan pe ngusaha sudahkah anda up date iz in import perusahaan anda melalu in OSS Online-Pelayanan Perizin an Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik    .... Gratis !!!

OSS Online akan memberikan izin usaha dengan nama Nomor Induk Berusaha (NIB) Super bermanfaat.
Silahkan di urus secepatnya mudah mengurusnya cukup 15 menit saja jika data di isi dengan tepat and for you entre preneurs from foreign countries, please invest in Indonesia with the ease of making export and import permits from our government with OSS Online 
 

Dalam artikel yang saya update bulan Oktober 2018 ini ,kita menelisik dan berbagi pengalaman re-import barang, untuk barang yang telah di export keluar negeri dalam rangka perbaikan dan akan mas uk kembali ke dalam wilayah pagebean indonesia dengan mudah dan tepat, terserah anda mau mengg unakan perusahaan jasa sewa undername ekspor dan anda wajib mngetahui perbedaan perusa haan jasa sewa undername impor.

Khusus barang export sementara keluar negeri, harus melalui proses administrasi kepabeanan terlebih dahulu sebelum melakukan export barang barang sementara waktu atau di sebut juga dengan istilah Export temporary (Ekspor sementara)Shipment export sementara perlakuan tata cara export keluar negeri dan penanganannya berbeda dengan ekspor biasa yang kita lakukan



Baca Juga:Jasa Undername Import-Export Dan Freight Forwarder

Catatan: Jika anda ekspor dan import kembali dengan membawa barang repair langsung terbang keluar negeri membawa barang repair seperti,Mesin bekas, repair tas kulit,perbaikan alat alat kesehatan atau barang barang kecil yang bisa muat dalam bagasi pesawat,dinamakan SPMB-Surat Permohonan Membawa Barang (wajib di urus) dan di proses ke loket petugas bea dan cukai di bandara (Bandar Udara setempat
Contoh Surat Export Dan Import Kembali Barang Repair/Re-Import
SPMB-Surat Permohonan Membawa Barang,di urus sebelum anda boarding pas di bandara dan peraturan nya Klik Di sini ,

Peraturan No.145/PMK.04/2014. dan kalau anda ragu ragu setelah beli tiket pesawat terbang  mintalah informasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) juga membentuk Satuan Tugas (Satgas)

Satgas yang yang melayani informasi untuk Barang Bawaan Penum pang,bea cukai memberikan one stop service kepada penumpang yang mengalami kesulitan saat proses penyelesaian barang bawaannya.di bandara Saya berikan beberapa nomor telepon satgas di 4 bandar udara (bandara) internasional di Indonesia dengan jalur komunikasi langsung(hotline) dan bisa dihubungi, yaitu melalui contact center Bea Cukai 1500225 atau ke nomor telepon di bawah ini
  1. Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (081289330168), 
  2. Bea Cukai Bandara Juanda Surabaya (08113009147), 
  3. Bea Cukai Bandara Ngurah Rai Bali (085934484644), 
  4. dan Bea Cukai Bandara Kualanamu Medan (081361709382) sumber informasi Klik di sini
Untuk barang bawaan penumpang silahkan hubungi kantor bea dan cukai di bandara setempat

Kita lanjutkan artiikel Export dan import kembali barang repair atau re-import,untuk barang barang berat sampai dengan ukuran barang kecil yang tidak bisa di tenteng atau di muat dalam bagasi pesawat pernumpang dan repaired mesin mesin industri

Kita ambil contoh spindle head rusak di kirim atau akan di ekspor dari jakarta ke jepang.eropa amerika atau negara manapun yang menjadi tujuan ekspor sementara anda . Jadi untuk anda yang mempunyai bagian mesin yang rusak atau mesinnya harap memperhatikan cara cara export sementara ini sebelum barang di import kembali ke indonesia

Langkah langkah yang biasanya dilakukan sebelum export barang untuk import kembali sebagai berikut . Mengajukan surat permohonan barang export untuk untuk import kembali dan disertai dengan dokumen pelengkap
  • Surat Permohonan Ekspor Sementara catatan : Bagi anda yang sudah pinter banget , Mohon jangan di rusak dan di hapus ya sobat ..banyak yang awam dan butuh contoh surat in
  • Surat kuasa di atas materai
  • Foto copy API / APIT,
  • Foto copy NPWP
  • Foto copy NIK ( Nomor induk kepabeanan)
  • Foto copy PKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto copy Invoice
  • Foto copy P/L (packing list)
  • P.O (Jika ada)
  • Foto barang (Paling utama foto nomor seri mesin dan rangka yang ada di parts tersebut serta foto mesin tampak depan dan samping)
Setelah dokumen ekspor sementara diajukan maka kita akan mendapat tanda terima ekspor sementara dari petugas pelayanan bea cukai , karena saya ajukan di KPU tg.priok maka tanda terima adalah dari KPU atau Kantor Pelayanan Utama pelabuhan Tanjung Priok, penampakan seperti ini tanda terima ekspor sementara

Tanda terima surat ekspor sementara ini nantinya berfungsi untuk mengambil skep (Surat Keputusan) ekspor sementara dari bea dan cukai yang akan turun dari kepala kantor untuk izin ekspor sementara dari bagian fasilitas kepabeanan bea cukai
Proses kerja untuk urus surat permohonan export untuk di import kembali ini paling lama 5 hari kerja setelah dokumen komplit di terima oleh petugas pabean. Persetujuan ekspor yang akan diimpor kembali atau RE-IMPORT dikeluarkan oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai atau Kepala Kantor Pelayanan Utama seumpama KPU tg,priok
Kalau semua persyaratan ekspor sementara sudah dilengkapi maka proseslah segera barang untuk di ekspor , Setelah mendapatkan izin ekspor sementara maka lanjut proses untuk persiapan ekspor barang seperti biasa , rangkaian kerja ekspor sementara saya uraikan seperti ini
  • Booking Kapal dan Siapkan cargo ekspor
  • Siapakan dokumen untuk transfer data PEB , seperti Skep ekspor sementara , Invoice , packing list serta dokumen pendukung lain yang anda punya
  • PPJK akan transfer data untuk mendapatkan NPE - Nota persetujuan ekspor
  • Setelah mendapatkan NPE , pick up barang ke gudang tg.priok
  • Barang masuk ke gudang dan laporlah kepada petugas hanggar untuk mendapat endoz
  • Next step, Berikan laporan ke bagian fasilitas telah melakukan ekspor sementara
  • Simpanlah dokumen export sementara tersebut dan jangan ada yang tercecer satupun , karena dokumen ini akan penting dan sangat berguna saat barang di import kembali ke jakarta selesai perbaikan di negara tujuan anda
Export dan import kembali barang repair atau re-import
Proses selanjutnya untuk import kembali barang yang di perbaiki ?

Setelah barang selesai di repair atau di perbaiki dari negara asal, ajukan surat permohonan re-import barang kepada kepala kantor pabean

Contoh surat lebih kurang sama dengan format di atas dan saya berikan uraian secara lengkap

Uraian lengkap untuk proses import kembali barang tersebut masuk kembali ke dalam wilayah kepabeanan indonesia setelah di perbaiki atau di rekondisi dari negara tujuan ekspor mesin bekas anda sebelumnya dan untuk kembali ke dalam negeri tidak perlu mengajukan laporan surveyor 
Catatan : Jika anda mau import mesin bekas silahkan klik Di sini,
  • Surat Permohonan Impor Kembali Barang Repair dan Surat Permohonan Impor Kembali PDF (Sahabat Pembaca yang sudah sangat pinter jangan di rusak ya sob contoh surat ini banyak yang butuh berdasarkan tracking dari google analytics )
  • Foto copy API / APIT,
  • Foto copy NPWP
  • Foto copy NIK ( Nomor induk kepabeanan)
  • Foto copy PKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Dokumen pada saat ekspor barang melipui :
  • Foto copy PEB ( Pemberitahuan Ekspor barang)
  • Persejuan Ekspor / NPE
  • Foto copy Invoice
  • Foto copy P/L (packing list)
  • Foto copy B/L atau Copy AWB
  • Foto saat barang di ekspor ( Lebih baik disiapkan)
  • Dokumen impor meliputi
  • Foto copy B/L atau AWB
  • Foto copy Invoice
  • Foto copy Packing list
  • Asli Bukti Reject atau Claim Letter
  • Surat Kuasa (Apabila dikuasakan ke PPPJK)
  • Surat Tugas (yang ditanda tangani direktur atau pengurus dalam API-U/P atau PPJK jika dikuasakan)
Proses kerja untuk pengurusan dan mendapatkan SKEP re-import barang export sementara dari kepala kantor bea cukai ini paling lama 5 hari kerja setelah dokumen komplit di terima oleh petugas pabean

Baca juga :Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import
 
Setelah selesai proses administrasi kepabeanan mengajukan dokumen import kembali dan mendapatkan surat keputusan dari kepala kantor bea dan cukai yang biasanya akan diberikan fasilitas kepabeanan berupa pembebasan bea masuk dan/atau cukai atau sesuai keputusan kepala kanto bea dan cukai membayar pajak atau di bebaskan ,lihatlah hasil SKEP Kepala kantor kepabeanan.

Bagaimana cara mengurus proses import kembali barang tersebut?
Saya uraikan proses customs clearence  import kembali barang ekspor sementara tersebut
  • Kontak PPJK langganan anda
  • Kirim data sementara seluruh copy dokumen import 
  • Minta draft PIB barang import tersebut periksa dan teliti
  • Minta PPJK transfer data setelah diteliti
  • Bayar pajak import sesuai yang tertera di e billing
  • PPJK akan respond ulang untuk dapat jalur pabean dan biasanya keluar JALUR Merah
  • Siapkan seluruh dokumen original import lengkap , copy dokumen ekspor sebelumnya.
  • Masukkan dokumen ke bagian fasilitas jalur merah dan minta tanda terima
  • Siapkan copy dokumen , mulai dari PIB,surat kuasa , dll , dan hubungi petugas bea dan cukai , serta pihak gudang untuk pemeriksaan , setelah barang akan di periksa sesuai prosedur
  • Barang selesai di periksa akan diberikan LHP- Laporan Hasil Pemeriksaan
  • Rekam dokumen LHP tersebut ke bagian fasilitas jalur merah melalui petugas bea dan cukai
  • Selesai reka LHP , kontak PPJK anda agar dapat respond SPPB
  • SPPB dapat dari modul PPJK siapkan D/O k mengeluarkan barang
  • Dan tahapan final keluarkan barang dan kirim ke gudang importir atau gudang anda sendiri
  • Selesai sampai di sini
Kesimpulan.
  • Pengurusan dokumen ekspor sementara tidaklah sesulit yang anda perkirakan asal kita mengetahui prosedur
  • Pengurusan  import kembali barang ekspor sementara juga mudah apalagi saat ini bea dan cukai sudah memakai system online , seluruh pelayanan dari bea cukai sangat baik
  • Arsip dokumen ekspor dan import dengan baik dan susun dengan rapi
  • Tambahan artikel, khusus untuk barang yang di bawa sendiri ke luar negeri siapkan SPMB
Demikian dulu ya , buat para pembaca semoga artikel ini bermanfaat

Semoga anda sukses, maju usahanya dan sehat selalu bagi yang butuh contoh surat silahkan di minta melalui email ke devajunio25@gmail.com, akan saya kirimkan dan tidak di pungut biaya

Jika ada saran dan pendapat silahkan komentar di bawah

Salam

Update artikel tanggal 26 Oktober 2018

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Contoh Surat Export Dan Import Kembali Barang Repair/Re-Import "

  1. Bagai mana utk mengurus ijin re-import perseorangan?

    ReplyDelete
  2. Pak Teddy , saat export apakah bapak telah mengajukan surat export sementara kepada bea cukai ? jika benar maka ajukan surat permohonan import kembali barang tersebut kepada bea cukai setempat saat bapak ekspor barang yang sama dan baca keterangannya peraturan di :Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 dan akan mulai berlaku pada 1 Januari 2018

    ReplyDelete
  3. Pak, Apakah atas import kembali brg yg dimport sementara dikenakan bea masuk, ppn import dan pph 22 seperti import biasa? Mohon pencerahan...Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Valrin, tergantung keputusan dari Surat Keputusan Kepala Kantor Bea dan Cukai Setempat, Beberapa cargo import kembali barang repair yang saya urus di kenakan tarif BM,PPN PPH Import untuk jasa perbaikan yang tercantum dalam nilai invoice saat barang di kirim kembali dari negara asal ke indonesia. Untuk tepatnya informasi mengenai hal tersebut sebaiknya datangi kantor bea dan cukai yang terdekat dari lokasi usaha anda, terima kasih sudah mampir di blog saya

      Delete
  4. Maaf, saya mau bertanya lebih jelas untuk point-point yang sudah tertulis di blog ini, karena masih belum mengerti.

    Surat kuasa di atas materai = mohon penjelasannya ini surat kuasa untuk menyatakan apa ya min?
    Foto copy NPWP = NPWP milik perusahaan kah?
    Foto copy Invoice = invoice saat dulu membeli barang/spare part tersebut atau quotation baru atas reparasi diluar negeri ini?
    Foto copy P/L (packing list) = packing list saat membeli barang yang akan diperbaiki ini atau bagaimana?
    P.O (Jika ada)= PO dari kami untuk reparasi ke luar negeri atau bagaiamana?


    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban dari saya : Surat kuasa di atas materai = Untuk pengurus barang di BC yang mewakili perusahaan
      Foto copy NPWP = NPWP milik perusahaan kah? Perusahaan
      Foto copy Invoice = invoice saat dulu membeli barang/spare part tersebut atau quotation baru atas reparasi diluar negeri ini? pada saat export di sertai PEB dan NPE barang
      Foto copy P/L (packing list) = packing list saat membeli barang yang akan diperbaiki ini atau bagaimana? barang yang di perbaiki
      P.O (Jika ada)= PO dari kami untuk reparasi ke luar negeri atau bagaiamana? P.O untuk barang yag di repair .. trima kasih

      Delete
  5. selamat sore pak,

    Jika untuk pengurusan administrasi izin ekspor sementara di kuasakan ke karyawan perusahaan (Importir), dan setelah mendapatkan surat izin ekspor sementara kita memberikan pengurusan pengiriman dengan menggunakan jasa titipan (fe**x) bisa tidak ya?

    dan dokumen apalagi yang dibutuhkan selain yang tertulis di atas, jika kasus seperti ini?

    mohon informasinya, Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam pak fauzi, maaf baru balas di kolom komentar undername import/ export ini, tidak ada masalah bapa mau kirim pakai Fed*x,T*T atau perusahaan jasa freight forwarder lainnya. dokumen lain yang di butuhkan sesuai petunjuk petugas bea dan cukai jika dokumen lengkap pasti akan turun skep export sementara, dan harap di simpan semua berkas ekspor seperti M-AWB/HAWB,Pemberitahuan Ekspor Barang sementara dan dokumen lain, jangan sampai tercecer karena di btuhkan saat pengurusan barang di import kembali ke indonesia , jika ada pertanyaan lain silahkan di reply di kolom komentar contoh Surat Export Dan Import Kembali Barang Repair/Re-Import, salam

      Delete
  6. Terima kasih atas jawaban pertanyaan saya yang sebelumnya pak.

    kalau untuk PEB dan PIB yang kita gunakan untuk eksport sementara ini apakah sama saja dengan PEB dan PIB yang kita gunakan untuk eksport dan import biasa pak?
    ataukah boleh kita menggunakan CN (Consigment note) saja yang biasa kita gunakan dengan jasa titipan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama terima kasih pak fauzi, maaf untuk ekspor barang repair ke luar negeri pakai PEB-Pemberitahuan ekspor barang, Untuk import kembali dari luar neger setelah barang di repair memakai Pemebritahuan Impor Barang (PIB). Sebelum PIB di buat bapak ajukan terlebih dahulu surat permohonan import kembali barang kepada kantor bea cukai di wilayah bapak. setelah dapat surat keputusan dari kepala kantor bea dan cukai baru bapak buat Pemberitahuan import barang (PIB) nanti pihak PPJK akan centang di kolom PIB barang import kembali,silah kan di konfirmasi ke perusahaan PPJK yang bapak gunakan, demikian terima kasih , salam

      Delete
    2. sangat membantu, Terima kasih pak

      Delete
    3. sama sama terima kasih jika artikel contoh surat export dan import kembali barang repair/e-import di blog undername import-export indonesia bisa bermanfaat buat pak fauzi dan rekan pembaca sekalian, salam terima kasih

      Delete
  7. Replies
    1. sama sama pak bestyan terima kasih sudah mampir di artikel contoh surat export dan import kembali barang repair

      Delete

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan