Undername export kayu lapis-SVLK

Undername export kayu lapis-SVLK
Cara export undername kayu lapis-SVLK 
Undername export kayu lapis-SVLK , Sahabat blog yang mulia , saat ini saya membahas untuk export barang dari kayu lapis dengan memakai undername export kayu lapis yang mana untuk proses ekspor kayu atau bahan bahan yang menggunakan material dari kayu .dengan ini SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu). Saya handle shipment ini setelah hampir 3 tahun tidak menghandle cargo seperti ini baik mengggunakan undername export kayu dari bahan rattan , dari kayu ukir lainnya dan lain lain.

Dengan agak tergagap gagap saya coba cari tau di internet peraturan terbaru yang ada saat ini. dan ternyata sudah ada perubahan yang sangat jauh sekali kalau dulu export furniture memakai ETPIK/Brik sudah jalan maka saat sekarang sudah memakai SVLK

Undername export kayu dengan memakai izin SVLK kebetulan saya tidak punya, karena ada client yang minta mengirim barang ke luar negeri tapi tidak punya izin untuk SVLK . Saya sampaikan bahwa saya sendiri tidak punya izin usaha untuk ekspor barang yang ada unsur kayunya dan harus mengurusnya ke instansi terkait . Saya akhirnya hubungi teman yang punya bendera resmi untuk mengirim barang dengan izin khusus SVLK atau V-Legal untuk produk hasil kehutanan

Kayu yang saya maksu di sini adalah Kayu lapis bukanlah triplek , Namun particle board dengan HS Code 4412.99.00.90 . setelah saya cek di www.insw.go.id maka saya dapatkan aturannya sbb : Bagian :IX -KAYU DAN BARANG DARI KAYU; ARANG KAYU; GABUS DAN BARANG DARI GABUS; BARANG DARI JERAMI, RUMPUT ESPARTO ATAU DARI BAHAN ANYAMAN LAINNYA; KERANJANG DAN BARANG ANYAMAN Bab-44 -KAYU DAN BARANG DARI KAYU; ARANG KAYU- 44.12-Kayu lapis, panel veneer dan kayu dilaminasi semacam itu. ada larangan dan pembatasan dimana eksportir harus mempunyai izin antara lain :
-TDP/IUI/SIUP
-Dokumen V-Legal
-Dokumen Laporan surveyor kayu

Undername export kayu lapis-SVLK
Cara export undername kayu lapis-SVLK 

Peraturan ini saya searching di internet dan ketemu beberapa aturan yang secara sederhana saya buat se simple mungkin agar saya juga memahaminya :
1.Peraturan Menteri Perdagangan No. 64 sebagaimana telah diubah dengan Permendag Nomor : 81/M-DAG/PER/10/2012 tentang Ketentuan Ekspor Produk Industri Kehutanan.
2.Permenhut No. P.43/Menhut-II/2014 dimana pemerintah mengatur tata niaga commodity ini

Perkembangan terbaru yang saya baca , bahwa untuk produk hasil kehutanan yang di jual di eropa harus mempunya V-Legal dan SVLK . Saya tidak akan panjang lebar membahas peraturan terkait karena sudah ada penjelasannya di banyak media

Cara export barang dengan SVLK , menggunakan jasa undername ekspor yang menggunakan atau mempunyai izin resmi dari instansi terkait adalah :
1. Cari dan dpatkan undername ekspor yang anda percayai untuk mengirim barang barang product anda ke manca negara
2. Berikan dataspesifikasi barang. untuk pengurusan V Legal kepada perusahaan undername ekspor yang anda gunakan
Mengenai prosedur dilapangan pada prinsipnya sama dengan prosedur ekspor lainnya, sbb :
3. Mempersiapkan barang, spesifikasi dan photo barang, Invoice / Packing List.
4. Membuat Shipping Instruction untuk Booking kapal dan untuk mendapatkan scedule kapal dan DO, DO diperlukan juga untuk persyaratan pengurusan V-Legal.
5. Setelah DO dapat, baru V Legal kita urus, pengurusan V Legal diperkirakan 2 hari kerja,
6. Setelah V Legal selesai kita  akan urus SPEnya ( Surat Persetujuan Eksport )
7. Setelah V Legal dan SPEnya selesai, document kita submit ke BC
8. Muat Container kosong di Depo dan barang kita stuffing
   - Jangan lupa untuk fumigasi karena banyak negara seperti australia, eropa dan negara tertentu me-wajibkan commodity seperti ini memakai fumigasi sesuai peraturan mereka
9. Mengirim No container ke pelayaran untuk dibuatkan draft BL
10. Apabila terbit PPB ( Pemberitahuan Pemeriksaan Barang ), maka barang akan di inspect di pelabuhan , apabila tidak terbit PPB, maka NPE ( Nota Pelayanan Eksport ) dan segera diproses pembuatan Kartu Eksportnya.
11. Apabila Kartu Eksport sudah jadi, container siap dimasukan ke pelabuhan.
12. Kemudian BL Original atau Telex Release akan diterbitkan oleh pelayaran apabila semua document dan data-data barang sudah lengkap.
13.Kirimkan dokumen segera kepada buyer anda secepatnya
Undername export kayu lapis-SVLK
Add caption

Untuk transaksi pembayaran ekspor dari buyer anda bisa menerimanya langsung ke rekening aperusahaan anda sendiri tanpa harus melalui perusahaan jasa undername ekspor khusus furniture atau kayu tersebut

Jangan sampai kirim barang ekspor dan impor karena tidak mau bertanya anda main kirim saja yang berakibat barang bisa di larang berangkat oleh bea cukai dan di tangkap atau anda juga akan kesulitan di negara tujuan karena tidak mempunyai izin izin yang lengkap dalam hal mengirim barang yang terbuat dari produk hasil kehutanan atau produk apapun yang tata niaganya sudah di atur oleh pemerintah .

Harap anda periksa terlebih dahulu HS Code untuk barang barang ekspor yang akan anda kirim khusus untuk barang barang yang tata niaga ekspor-nya di atur oleh pemerintah . hargailah dan patuhilah karena tujuan utama pemerintah adalah melindungi hutan di negara kita . dan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas serta buat kesehatan anak anak kita pada masa nantinya

Sebelum mengirim barang ekpsor dan impor baik melalui udara maupun laut . Apakah anda mengunakan jasa undername ekspor atau impor ataupun anda mempunyai izin izin ekspor dan impor perusahaan sendiri , lengkapi dokumennya sebelum memuat barang dan kapal di berangkatkan. Kalau semua dokumen komplit saya pastikan tidak akan ada kendala pada saat proses customs clearance ekspor karena anda memenuhi persyaratan yang di minta dan di buat oleh pemerintah.

Jadi terhambatnya proses import dan ekspor adalah karena kita sendiri bukan karena aparat pemerintah yang ada ,  kalau dokumen komplit tidak ada satupun aparat berwenang yang akan berani mencari masalah untuk barang barang anda baik ekspor maupun import dari dan ke indonesia ini

Demikian sekilas tentang prosedur ekspor kayu lapis , barang barang yang terbuat dari material berbahan kayu olahan dari serbuk kayu . dan masing masing HS Code 4412. mensyaratkan ketentuan yang bebeda untuk tiap jenis barang yang akan di ekspor.

Sekian dulu buat sahabat semua, semoga bermanfaat

Salam sukses buat anda

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Undername export kayu lapis-SVLK"

  1. Apakah limbah kayu dalam bentuk serbuk & serpih termasuk HS code 4401 dan harus melengkapi dokumen SVLK & V-legal?
    Biaya urus V-legal itu kira2 berapa ya Pak untuk yg sudah SVLK maupun yg belum SVLK? V-legal itu per shipment ya pak, bukan per container?
    Tks

    ReplyDelete
  2. Maaf pak misalnya mau export kayu dengan jenis berbeda-beda (ukuran sama) apakah HS Code harus ditulis per jenis kayu? atau cukup dengan 4407.99.90.00 (misalnya)?. Kami diminta untuk mencantumkan HS Code per jenis kayu, padahal tidak semua jenis kayu memiliki HS Code sendiri.. solusinya apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Adna,
      Untuk buat dokumen di packing list harus jelas dan kalau ekspor kayu harus dibuat sesuai data yang ada dan HS Code tentu akan terpisah untuk masing masing kayu tersebut

      Delete
  3. Pak Firza, W/A ke saya HP 0812.9509.7783 pertanyaan bapak akan saya jawab

    ReplyDelete

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan