Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import

Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import
Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokum en Import.Sobat blog,undername import-export yang mulia.Dalam artikel kali ini mengenai cont oh surat untuk keperluan import barang baik laut dan udara diperlukan dokumen pendukung yang wajib di sediakan oleh importir/eksportir,surat pe rnyataan keabsahan dokumen import merupa kan surat yang harus di buat sebagai salah satu doku men pelengkap untuk proses pengeluaran barang import di kepabeanan bea dan cukai indonesia

Baca Juga:Jasa Undername Import Indonesia

Surat pernyataan keabsahan dokumen import bia sanya disatukan dalam dokumen utama saat pros import barang dilaksanakan, dokumen kepabenan seperti Bill Of Lading, Invoice,Packing List ,Form D,Form,E,Form AK,Form Ijepa,PIB,Surat Kuasa PPJK dan dokumen pelengkap lainnya yang waj ib di sediaka dan di serhahkan ke pihak bea dan cukai saat dokumen import di serahkan di bagian pen erimaan dokumen (Pendok) kantor bea dan cukai setempat

Surat pendukung sangat diperlukan agar kita tidak bolak balik dalam proses customs untuk memper cepat proses import barang kita keluar dari areal pelabuhan laut atau pelabuhan udara.Surat Pernyatan dokumen import memang harus dibuat dan di sediakan oleh importir saat proses import barang dan handling barang import sesuai ketentuan yang berlaku di kepabeanan indonesia

#.Fungsi dan kegunaan dokumen import yang lengkap

Saat sekarang pemerintah sedang mempercepat waktu pengeluaran barang import dari seluruh area pelabuhan laut,atau udara di Jakarta,semarang,Surabaya,Medan Serta pelabuhan lainnya di indones ia dan disebut dengan istilah dwelling time.

Dwelling time adalah cara pemerintah agar pengeluaran barang import lebih di percepat mengurangi penumpukan barang terutama di pelabuha laut. maka sebaiknya kita sebagai pengguna jasa memban tu pemerintah agar maksud dwelling time tersebut bisa berjalan dengan baik yaitu dengan melengkapi surat surat import kepabeanan dan salah satunya Surat Pernyatan Keabasahan Dokumen Impor

#.Dokumen Pelengkap Surat Pernyataan Keabsahan dokumen

Dokumen surat pernyataan keabsahan pabean ini akan mendampingi surat surat untuk import barang resmi di indonesia yang terdiri dari

  1. Surat Kuasa untuk PPJK
  2. Surat Pernyataan Keabsahan dokumen import
  3. Bill Of lading
  4. Packing List
  5. Invoice/Commercial Invoice
  6. Form D,E,AK,IJEPA dan form fasiliats import lainnya

Dengan dokumen import yang lengkap dari anda maka petugas bea dan cukai tentu akan memper cepat ptoses pemeri ksaan dokumen imp ort dan pemeriksaan barang jika barang import anda kena Jalur Merah ,kita sebagai pengguna jasa di kepabeanan. Dokumen yang lengkap akan mempecepat proses pengeluaran SPPB (Surat Peri ntah Pengeluaran Barang) dari petugas PFPD yang berwenang mengeluarkannya 
Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import
Dengan mempersiapkan dokume import yang lengkap maka petugas dengan cepat mengelua rkan keputusan mengeluarkan SPPB, apabila SPP sudah terbit maka pengguna jasa sebaiknya memper cepat pengeluaran barang import dari areal pelabuhan dalam waktu 1X24 jam setelah SPPB terbit untuk mendukung progrm dwelling time yaang di canangkan oleh pemerintah

#.Biaya Import murah dan irit Jika dokumen pabean import lengkap

Biaya import dan export akan murah kalau barang keluar keluar cepat dari aea pelabuhan seperti yang saya jelaskan . Sebaliknya untuk barang barang import setelah mendapat SPPB telat mengelu arkan barang akan dikenakan sanksi denda dan penalti SPPB saat kita bayar sewa gudang, bisa di lihat besaran tarif dan biaya sewa gudang untuk import barang melalui pelabuhan laut di www.jict.co.id .

Fungsi dwelling time yang sekarang di galakkan oleh pemerintah bertujuan baik , mencegah terjadinya penumpukan peti kemas di dalam area pelabuhan. Container yang menumpuk setelah mendapat SPPB ini akan mengganggu arus keluar masuk barang export dan import di pelabuhan negara kita.

Pemerintah menerapkan aturan ini di sertai juga dengan penyempurnaan layanan dalam bidang export - import di semua kementerian yang berkaitan dan punya kepentingan dalam menunjang bangkitnya ekonomi negara Untuk bidang export lebih cepat dan mudah kecuali untuk barang export yang ada larangan dan pembatasan , kalau ada lartas urus terlebih dahulu agar export anda menjadi mudah dan tidak terkendala

#.Pelayanan proses import cepat jika dokumen lengkap

Kita jangan hanya bisa menghujat terhadap pelayanan bea dan cukai jika lambat padahal terka dang dari kita sendiri sebagai importir ataupun eksportir baik itu langsung ataupun importir
yang memakai jasa undername export dan import lalai dalam melengkapi dokumen untuk proses kepabenan.

Padahal petugas bea dan cukai sendiri juga ingin agar pekerjaan mereka cepat selesai dan mencapai target . asal anda mengetahui setiap petugas bea dan cukai di nilai oleh tim internal mereka sendiri untuk kinerjanya. Kalau bagus mendapat nilai hijau,sedang mendapat kuning dan kalau penilaian merah maka ada sanksi dari atasannya

Proses export dan import sebetulnya tidaklah terlalu sulit dalam pelaksanaannya kalau kita memahami dan memberikan dokumen yang jelas , barang di impor yang jelas dan kita memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan pada saat sebelum import atau saat proses kepabeanan berlangsung.

Dalam proses sebelum import barang ke wilayah pabean di indonesia di jakarta,semarang,surabaya, medan dan pelabuhan laut serta udara lainnya,sebaiknya anda periksa terlebih dahulu HS Code barang ke www.insw.go.id , jika ada petunjuk LARTAS ( Larangan dan Pembatasan) Uruslah terlebih dahulu dokumen tersebut sebelum barang berangkat dari negara asa.Jadi jika kita mengetahui proses prosedur import dan menjalankannya dengan tepat saya jamin seratus persen tidak akan ada kendala pada saat proses cutoms clearancenya

Penutup :

  1. Dokumen import anda komplit juga sangat membantu kinerja bea dan cukai dalam menjalan kan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, dan tentu mereka merasa sangat senang jika kita se bagai pelaku usaha menjalankan prosedur import dan export secara tepat sesuai peraturan
  2. Susun dokumen import anda dengan tepat dan teliti serta rapi jika anda ingin dokumen anda cepat di respond oleh bea cukai untuk mendapatkan surat perintah pengeluaran barang (SPPB) import cargo anda

Nah sahabat pembaca blog export import,semoga tulisan Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokum en Impor ini bisa bermanfaat

Semoga sukses

Edit 3 November 2018
G+Indonesia Undername Import-Export Blog Jakarta







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import "

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan