Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import - Indonesia Undername Import Export Blog

Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import

Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import
Contoh surat keabsahan dokumen import barang dibuat untuk memenuhi prosedur custom clearance di Indonesia di sertai juga surat ketera ngan fungsi barang yang di import contoh surat klik di SINI .Sobat pembaca yang mulia dalam artikel ini mengenai contoh surat untuk kepe rluan proses customs clearance import barang import baik melalui angkutan laut dan angkutan udara

Dalam pelaksanaan Prosedur Customs Clearance import barang diperlukan dokumen pendukung import seperti selain BL/MBL/MAWB/Packing List/Commercial Invoice juga di perlukan surat surat kuasa kepabeanan untuk PPJK serta surat pernyataan keabsahan dokumen import dan surat keterangan fungsi barang (jika di minta melalui INP-Informasi nilai pabean) yang di import wajib di sediakan oleh mportir di indonesia

Baca jugaContoh Surat Export Dan Import Kembali Barang Repair/Re-Import

Surat Pernyataan Kepabeanan Impor

Surat pernyataan keabsahan dokumen import merupakan surat yang harus dan wajib di buat sebagai salah satu dokumen pelengkap proses kepabeanan barang import di Indonesia

Selain surat kuasa untuk PPJK-Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan saat membuat dokumen PIB dan proses customs celarance di kepabeanan indonesia serta untuk kelancaran proses pengeluaran barang import di bea dan cukai indonesia setelah melalui rangkain prosedur impor customs clearance sesuai peraturan yang di keluarkan oleh pemerintah

Baca Juga:Jasa Undername Import Indonesia Courier Dan Freight Forwarder

Surat pernyataan keabsahan dokumen import biasanya disatukan dalam dokumen utama saat proses customs clearance import barang dilaksanakan, dokumen kepabenan seperti Bill Of Lading, Invoice,Packing List ,Form D,Form,E,Form AK,Form Ijepa,PIB,Surat Kuasa PPJK dan dokumen pelengkap lainnya yang wajib di sediakn dan di serhahkan ke pihak bea dan cukai saat dokumen import di serahkan di bagian pen erimaan dokumen (Pendok) kantor bea dan cukai setempat

Surat pendukung sangat diperlukan agar kita tidak bolak balik dalam proses customs untuk memper cepat proses import barang kita keluar dari areal pelabuhan laut atau pelabuhan udara.Surat Pernyatan dokumen import memang harus dibuat dan di sediakan oleh importir saat proses import barang dan handling barang import sesuai ketentuan yang berlaku di kepabeanan indonesia

#.Fungsi dan kegunaan dokumen import yang lengkap

Saat sekarang pemerintah sedang mempercepat waktu pengeluaran barang import dari seluruh area pelabuhan laut,atau udara di Jakarta,Semarang,Surabaya,Medan,Balikpapan,Pelabuhan laut dan udara Pekanbaru Serta pelabuhan lainnya di indones ia dan disebut dengan istilah dwelling time.

Dwelling time adalah cara pemerintah agar pengeluaran barang import lebih di percepat mengurangi penumpukan barang terutama di pelabuha laut. maka sebaiknya kita sebagai pengguna jasa memban tu pemerintah agar maksud dwelling time tersebut

Dweeling time bisa berjalan dengan baik yaitu dengan melengkapi surat surat import kepabeanan dan salah satunya Surat Pernyatan Keabasahan Dokumen Import

#.Dokumen Pelengkap Surat Pernyataan Keabsahan dokumen impor

Dokumen surat pernyataan keabsahan pabean ini akan mendampingi surat surat untuk import barang resmi di indonesia yang terdiri dari
  1. Surat Kuasa untuk PPJK  (Contoh surat kuasa kepabeanan format 2019 baca di artikel ini)
  2. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import contoh surat klik di SINI
  3. Bill Of lading
  4. Packing List
  5. Invoice/Commercial Invoice
  6. Form D,E,AK,IJEPA dan form fasiliats import lainnya
Di dalam melaksanakan Kegiatan Ekspor Impor Barang Di Indonesia Harus Di Serta Legalitas dan  Dokumen import yang lengkap dari Anda sebagai importir maka petugas bea dan cukai tentu akan mempercepat proses pemeriksaan dokumen import  serta inspect cargo jika kena jalur merah

Penetapan Penjaluran impor di bea dan cukai

Jika dalam prosedur customs clearance import,barang yang anda import kena jalur merah dan di lakukan pemeriksaan fisik barang oleh bea dan cukai Anda tidak perlu khawatir siapkan cago import utuk diperiksa dan lengkapi dokumen dengan benar, mengenai prosedur customs clerance dan penjalurang barang import ada 3 macam Anda bisa baca di artikel  Tutorial mengenai Fasilitas jalur merah ,Jalur Kuning Dan Jalur Hijau di bea cukai

Dokumen import yang lengkap akan mempecepat proses pengeluaran SPPB (Surat Perintah Pengelua ran Barang) dari petugas PFPD (Pejabat Ferivikasi dan Pemeriksa dokumen yang berwenang mengeluarkan SPPB Import tersebut
Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import
Dengan tmempersiapkan dokumen import yang lengkap maka petugas dengan cepat mengelua rkan keputusan mengeluarkan SPPB

Apabila SPPB sudah terbit maka pengguna jasa serta pelaksana Jasa import resmi  sebaiknya mempercepat pengeluaran barang import dari areal pelabuhan dalam waktu 1X24 jam setelah SPPB terbit untuk mendukung program dwelling time yaang di canangkan oleh pemerintah

#.Biaya Import barang akan murah dan irit Jika dokumen pabean import lengkap

Biaya import dan export akan murah kalau barang keluar keluar cepat dari aea pelabuhan seperti yang saya jelaskan .

Sebaliknya untuk barang barang import setelah mendapat SPPB telat mengeluarkan barang akan dikenakan sanksi denda dan penalti SPPB saat kita bayar sewa gudang, bisa di lihat besaran tarif dan biaya sewa gudang untuk import barang melalui pelabuhan laut di www.jict.co.id .

Baca jugaDoor To Door Cargo,Singapore To Jakarta,Airfreight And Seafreight

Dwelling Time Import Di Pelabuhan Import Laut

Fungsi dwelling time yang sekarang di galakkan oleh pemerintah bertujuan baik , mencegah terjadinya penumpukan peti kemas di dalam area pelabuhan. Container yang menumpuk setelah mendapat SPPB ini akan mengganggu arus keluar masuk barang export dan import di pelabuhan negara kita.

Pemerintah menerapkan aturan ini di sertai juga dengan penyempurnaan layanan dalam bidang export - import di semua kementerian yang berkaitan dan punya kepentingan dalam menunjang bangkitnya ekonomi negara Untuk bidang export lebih cepat dan mudah kecuali untuk barang export yang ada larangan dan pembatasan , kalau ada lartas urus terlebih dahulu agar export anda menjadi mudah dan tidak terkendala

Baca juga: PPJK-Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan Export & Import Indonesia

#.Pelayanan proses customs clearance import akan cepat jika dokumen lengkap

Kita jangan hanya bisa menghujat terhadap pelayanan bea dan cukai jika lambat padahal terka dang dari kita sendiri sebagai importir ataupun eksportir baik itu langsung ataupun importir
yang memakai jasa undername export dan import lalai dalam melengkapi dokumen untuk proses kepabenan.

Padahal petugas bea dan cukai sendiri juga ingin agar pekerjaan mereka cepat selesai dan mencapai target.asal anda mengetahui setiap petugas bea dan cukai di nilai oleh tim internal mereka sendiri untuk kinerjanya. Kalau bagus mendapat nilai hijau,sedang mendapat kuning dan kalau penilaian merah maka ada sanksi dari atasannya
Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import
Proses export dan import sebetulnya tidaklah terlalu sulit dalam pelaksanaannya kalau kita memahami dan memberikan dokumen yang jelas ,barang di impor yang jelas dan kita memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan pada saat sebelum import atau saat proses kepabeanan berlangsung.

Dalam proses sebelum import barang ke wilayah pabean di indonesia di jakarta,semarang, suraba ya,medan dan pelabuhan laut serta udara lainnya sebaiknya anda periksa terlebih dahulu HS Code barang ke www.insw.go.id/eservice.insw.go.id

Didalam portal INSW jika ada petunjuk LAR TAS ( Larangan dan Pembatasan) Uruslah terle bih dahulu dokumen import tambahan terse but seperti PI-Besi Baja (Untuk cara membuat PI Besi baja dan Laporan Surveyor/ Certificate of Inspection Klik Di Sini),tersebut sebelum barang berangkat dari negara asal

Jadi jika kita mengetahui proses prosedur import barang di indonesia dan menjalankannya dengan tepat serta dokumen import/ekspor yang perfect saya jamin seratus persen tidak akan ada kendala pada saat proses cutoms clearance di bea dan cukai indonesia

Penutup :
  1. Dokumen import anda komplit juga sangat membantu kinerja bea dan cukai dalam menjalan kan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, dan tentu mereka merasa sangat senang jika kita se bagai pelaku usaha menjalankan prosedur import dan export secara tepat sesuai peraturan
  2. Susun dokumen import anda dengan tepat dan teliti serta rapi jika anda ingin dokumen anda cepat di respond oleh bea cukai untuk mendapatkan surat perintah pengeluaran barang (SPPB) import cargo anda
Nah sahabat pembaca blog export import,semoga tulisan Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Impor ini bisa bermanfaat

Semoga sukses

Edit 3 November 2018
G+Indonesia Undername Import-Export Blog Jakarta







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Import "

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan