Apa itu Door To Door Services Cargo ? Begini Penjelasannya

Apa itu Door To Door Services Cargo ? Jasa Import Door To Door Service Cargo terbagi dalam 2 (Dua) bagian yaitu  (Update 22 Juni 2020/23 February 2021)
1.Jasa Import Door To Door Resmi Air Freight Dan Sea Freight
2.Jasa Import Door To Door Borongan Air Freight Dan Sea Freight
Mari kita berbagi pengalaman tentang perbedaan antara perusahaan Jasa import door to door resmi serta Jasa Import Door to Door Borongan yang begitu gencar promosi di iklan google untuk menge lkan pola jasa import borongan mereka,baik import LCL maupun import Air freight door to door (Update 22 February 2021-Video Penjelassan Jasa Ekspedisi Door To Door Singapore Ke Jakarta-Shipping Cost Singapore To Jakarta Indonesia)

1.Jasa Import Door To Door Resmi Air Freight Dan Sea Freight

Usaha Jasa Import Door To Door Resmi Air Freight Dan Sea Freight  adalah dalam kegiatan shipping freight forwarder in indoensia dan seluruh dunia dikenal istilah door door to door services yang dilakukan oleh perusahaan jasa freight forwarder

Baca jugaDoor To Door Cargo,Singapore To Jakarta,Airfreight And Seafreight
Baca Juga:Biaya Jasa Import Barang Dari Jepang Ke Indonesia I Import LCL Jepang Ke Jakarta
Jasa Import Door To Door Singapore Ke Jakarta
Jasa Import Door To Door Singapore Ke Jakarta
Jasa Import Freight forwarder terdiri dari ,Door To Port Svcs,Port to Port Svcs.Door to Door services Export Import cargo adalah layanan pengiriman cargo dari pintu pabrik/office shipper ke pintu pabrik /office consignee di negara tujuan,

Kita sederhanakan definisi dari door to cargo adalah layanan  door service import dan Export dari/ke Indonesia

Begini penjelasan Jasa Import Door To Door Services 

Perusahaan jasa kirim barang Door To Door Services ,Import-Export mem punyai keunggulan tesen diri dalam melaksanakan layanan jasa pengiriman barang dengan incoterm door to door services baik pegiriman melalui Air freight maupun Sea freight services door to door

Baik pengiriman melalui Sea Freight Services dan Air freight services Antar negara,Antar benua dan melewati prosedur ekspor dari negara pengirim/shipper serta melewati prosedur impor di negara tujuan dan wajib di lengkapi dengan dokumen antara lain
1.Supplier Wajib mempunyai Izin Export di negara asal

2.Consignee sebagai penerima/pemilik/pmbeli barang import wajib mempunyai izin import di negaranya sepeti di negara kita di sebut dengan NOMOR INDUK BERUSAHA-NIB yang bisa di buat dengan mudah di portal OSS Online Republik Indonesia

3.Membayar Biaya Shipping Air freight atau Sea Freight dan biaya yang termasuk di dalamnya

4.Membayar pajak import di negara tujuan misal barang di kirim dari China Ke Indonesia maka pemilik barang import tersebut wajib menyelesaikan biaya Pajak Import Seperti BM,PPN,PPH Biaya Delivery Order Biaya Storage,Biaya trucking,Jasa Handling/Jasa Inklaring,Biaya Storage ( Penumpukan / Penimbunan di pelabuhan ), Demurrage ( Jika ada ).Selain biaya di atas maka pemilik barang/Consignee wajib juga membayar , SPTNP /Notul/Kurang Bayar Pajak Import ( Jika Ada ),

Serta biaya pengurusan perijinan tambahan import barang (Jika ada LARTAS) yang diwakilkan ke biro jasa pengurusan (Jika di urus sendiri tidak ada biaya)

Sebagai peusahaan Jasa Import Door To Door Service wajib menyampaikan Kelengapan dokumen impor barang serta prosedur impor barang di sertai panduan impor barang larangan dan pembatasan (LARTAS) Jika ada untuk kelancaran pelaksanaan proses Customs Clearance di wilayah Kepabeanan Bea Dan Cukai agar impor barang tersebut lancar,Aman dan berjalan dengan baik dan cepat

Dokumen Wajib Untuk Import Barang Doot To Door Resmi

Secara umum document untuk Import yang Utama seperti :

1.Bill Of Lading (BL) Termasuk House Bill Of Lading (Jika Ada)/ Mater AirWaybill Termasuk Hou se Waybill (Jika Ada)
2.INVOICE/Proforma Invoice  barang yang di Impor
3.Packing List Barang Yang di Impor
3.PO (Purchase Order)/SO-Sales Order/Sales Contract
4.Certificate Of Origin Seperti FORM D,FORM E,FORM AK,FOMR IJEPA,FORM D (Jika Ada)

Lihat Juga:JASA EKSPEDISI DOOR TO DOOR SINGAPORE KE JAKARTA-SHIPPING COST FROM SINGAPORE TO INDONESIA

Keuntungan memakai Jasa Import Door To Door Resmi


Dalam sisi keuntungan menggunakan system Jasa Import Door To Door Resmi antara lain :yaitu: 1.Biaya import menjadi murah,Pajak dibayarkan adalah sesuai nilai barang import
2.Restitusi Pajak,Pajak Import seperti PPN, PPH bisa di resitusi (Bagi Importir yang PKP ),

3.Perusahaan mempunyai Identitas serta ijin ijin impor yang jelas sehingga barang import dengan mudah dilakukan prosess customs clearance di kawasan PABEAN sampai barang di kirim ke gudang importir.

4.Mempunyai bukti bayar pajak barang impor dan Surat Persetujuan Pengeluran Barang (SPPB) yang bisa di jadikan sebagai bukti bahwa barang yang di import dari luar negeri ke Indonesia legal

5.Biaya transportasi yang ringan karena dari tahap awal sudah diketahui biaya pengeluran dari awal mulai dari cost logistics,pajak import,biaya delivery order,biaya storage/penumpukan serta biaya trucking charge

6.Waktu pengiriman barang lebih cepat sampai ke gudang pnerima barang jika di bandingkan dengan memakai jasa import door o door borongan

2.Jasa Import Door To Door BORONGAN Air Freight Dan Sea Freight

Jasa Import Door to door borongan,melalu air freight dan sea freight umumnya tiak mmbutuhkan dokumen dokumn seperti dokumen impor resmi. Cukup dengan packing list serta barang import di beri marking di packaging barang, selanjutnya barang di kirim dari negara asal ke negara tujuan misal di kirim dari China Ke Jakarta

Perusahaan Jasa import borongan dalam melakukan proses import borongan kepada pelanggan mereka memberikan harga hanya 1 paket harga All in. Untuk import LCL mereka menawarkan harga mulai dari Rp.6.000.000,- sampai dengan Rp. 9.000.000,- per kubik ada yang memakai istilah minimu 1/2 Kubik Ada juga yang mengenakan Charge 1 Kubik

Dan untuk harga penawaran jasa import borongan Air freight door to door mulai dari Rp.120.000,- sampai dengan Rp.170.000,- Per Kilo

Bagi pemilik barang import borongan harap hati hati dengan Hitungan Cara Kubikasi 

Dalam penghiungan kubikasi import LCL borongan ada ketentuan yang mereka buat sendiri (walau tidak semua import LCL borongan begitu) Misal 1 Kubik = 500 Kg selanjutnya per kilo akan di hitung Rp. 25.000,-Kg

#-Kelebihan Memakai Jasa Import Door To Door Borongan

1.Perusahaan Jasa Import Door To Door BORONGAN, dalam melayani customer mereka sangat mudah dan simple sekali di pahami serta dimengerti oleh orang orang yang memakai jasa import borongan namun sebetulnya biaya import borongan akan lebih mahal

2.Perusahaan Jasa Import Door To Door Borongan tidak memerlukan Invoice,FORM E,D,AK dari Anda,Anda tidak perlu ribet soal dokumen seperti utama seperti BL,Invoice,PIB,Bayar Pajak ke Bank dan memikirkan sanksi notul (Padahal Notul itu bisa terjadi Jika INVOICE barang di nilai tidak Jujur) dan bisa di counter dengan bukti T/T Pembayaran barang melalui Bank

3.Jasa Import Door to Door Borongan tidak memberi kewajiban untuk Importir/Pemilik barang tidak wajib memiliki izin Import Seperti NPWP,SIUP,TDP,API-U/P  NIB Online padahal saat ini sangat mudah sekali membuat izin impor melalui OSS Online bagi perusahaan dan untuk importir perorangan bisa membuat API-U Pribadi untuk impor sendiri silahkan baca DI SINI

4.Perusahaan Jasa Import Door to Door minta barang di kirim ke gudang mereka, Anda yang suka main import LCL borongan atau Air freight Import borongan seharusnya mengetahui bahwa jika barang di kirim ke gudang mereka dan biaya di tanggung oleh Anda saat membeli barang maka dalam impor resmi di sebut FREE CARRIE ukan door to door lagi

5.Perusahaan Jasa Import Door To Door menyu ruh Anda duduk manis,diam menunggu barang tiba dalam tengat waktu 30-40 hari untuk import LCL borongan dan 7-4 Hari untuk import Air freight borongan

6.Simple dan Sangat Mudah, Bayar Jika barang tiba namun harus ikut seminar impor dulu buat jadi member/anggota club impor mereka

Baca Juga:Jasa Import Alat Berat Mesin Bekas Excavator Komatsu PC 78 US dari China Ke Surabaya
Jasa Import Door To Door China Ke Jakarta
Gambar Tenggo Laut Pelabuhan Tanjung Priok-Jakarta Indonesia
Kerugian Memakai Jasa Import BORONGAN Door To Dor

1.Tidak mempunyai kelengkaan dokumen import seperti BL,Invoice,Packing list dan lain lain

2.Durasi lama pengiriman barang import yang lama yaitu 30 Hari sampai dengan 40 Hari, Padaha jika melalui jalur resmi hanya 14 sampai dengan 17 hari barang tiba di tempat Anda

3.Jika terjadi RED LIGT/RED LINE barang entah sampai kapan tiba di tempat Anda karena jika ada pengetatan importasi  barang di seluruh kepabeanan Indonesia perusahaan Jas Import arang BORONGAN tidak akan mau memproses barang import tersebut yang di dalam container mereka terdapat beberapa pemilik barang dan dokumen d satukan jika stu bermasalah maka barang impor atas nama orang lain akan kena masalah juga

4.Jika terjadi pemeriksaan barang oleh kementrian terkait Anda selaku importir tidak mampu memperlihatkan dokumen impor barang karena di impor memakai jalur impor borongan erutama untuk barang yang terindikasi barang LARANGAN dan PEMBATSAN IMPOR (LARTAS)

5.Jadi pada intinya adalah orang yang menggu nakan Jasa Import Door To Door Borongan maunya serba Instan tidak mau repot dalam mengurus dokumen dan mengikuti prosedur impor barang yang baik dan benar

Jasa Import Door To Door Borongan Untuk Pemula/Baru Impor/Sesekali Impor

Jasa import Dor To Door Borongan,banyak di gunakan oleh Importir pemula dan baru impor yang tidak memahami strategi impor resmi  yang masih PEMULA karena yang mereka impor masih sedikit dalam jumlah kecil  padahal kalau mereka memahami strategi cerdas impor sendiri biaya yang keluar tidak akan s=besar karena tidak perlu jadi member berbiaya puluhan juta rupai pertahun

2 Sistem Impor Door To Door 
Ada dua sitem incoterm yang berjalan jika melaksanakan pengiriman barang export/import door to door services via Air freight or sea freight.

1.Sistem incoterm pertama door to door services yang di pakai adalah delivery duty paid (DDU) 
yaitu shipper telah menanggung beban biaya yang timbul mulai dari negara asal (N/A)  dan dalam istilah asing di sebut Port Of loading.

Apa saja biaya ditanggung oleh shipper/Consignee untuk pengiriman cargo door to door?

Transaksi pengiriman barang door to door atas dasar DDU-Delivery duty paid seluruh biaya yang timbul mulai dari P.O.L dan P.O.D also with door delivery to consignee menjadi tanggung jawab shipper,biaya terdiri dari  :
  • Biaya Inland trucking delivery cargo contry origin
  • Biaya jasa ekspor di country origin
  • Biaya angkutan barang melalui air freightt/sea freight
  • Biaya local port of destination(P.O.D)/Negara tujuan
  • Biaya import duty,tax dan value added tax (Notul) jika ada
  • biaya handling charge dan customs brokerage
  • Biaya port local cost
  • Biaya door delivery
  • Selesai
Kenapa begitu sederhana keliatan ,enggunakan Jasa Import door to door services Resmi ?

Sederhana saja,karena saya ringkas buat Anda karena memang itu biya dasar yang timbul dalam pengiriman cargo door to door services dan mudah di pahami dengan syarat dan ketentuan Anda harus teliti periksa dokumen yang di kirim dari shipper,tidak boleh ada kesalahan sedikitpun

Jika dokumen yang di kirim oleh supplier/shipper Anda perfect alias sempurna maka kemungkinan terjadi masalah saat melakukan proses customs clearance tidak akan ada kendala

Dalam arti import cargo impot/export Anda bisa di proses dengan cepat oleh bea dan cukai setelah shiiping freight forwarder yang di tunjuk shipper Anda sebagai eksekutor job Door to Door bayar pajak import ke kas negara

Baca Juga:Jasa Import Door to Door Serta Jasa Import Borongan Jakarta Indonesia
Baca Juga:Komponen Biaya Jasa Custom Clearance Import Indonesia
Jasa Import Besi Baja Indonesia
Gambar Coil Besi Baja 2020
Bagaimana cara kerja Shipping Freight Forwarder Door To Door Services?

Cukup sederhana pekerjaan jasa kirim barang Door To Door Services dalam layanan pengiriman barang import/export pekerjaan door to door ekspor/import barang incotrm DDU ini.Izinkan saya memberita hukan Anda pelaksanaan pengiriman incoterm DTD (Door to Door)-DDP (Delivery Duty Paid) ini
  • Shipper memberikan shipping instruction kepada shipping freight forwarder in country origin tentu saja dengan harga yang telah di sepakati sebelumnya
  • Shipping freight forwarder akan memberikan Shipping instruction kepada carrier pelayaran/penerbangan yang jadi langgan mereka di P.O.L
  • Setelah Barang di muat dan diberagkatkan oleh penerbangan/pelayaran maka freight forwarder akan memberithu mitra mereka, sebagai contoh di sini kirim salah satu bahan baku ISOTOP(rangkaian bahan baku Nuklir door to door impor remi dari USA ke Jakarta Indonesia
  • Setelah barang berangkat freight forwarder country origin akan memberikan soft copy dokumen kepada mitra kerja mereka di indonesia
  • Mitra kerja freight forwarder negara tujuan yaitu freight forwarder in indonesia akan memberitahu consignee jadwal kapal/pesawat tiba dan meminta legalitas izin usaha importir yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB) serta kelengkapan dokumen import,surat kuasa PPJK,Surat Pengantar pengambilan Delivery Order (D/O) serta 
  • Barang tiba di indonesia freight forwarder in indonesia segera eksekusi pekerjaan import DDP ini sampai selesai door delivery 
  • Done selesai ! consignee import tidak membayar biaya apapun atas importsi barang dengan incoterm DDP (delivery Duty Paid)
  • Jadi sudah jelas Arti Import Barang Incoterm DDP
2.Incoterm Delivery Destination Unpaid (DDU) Apa maksud dan tujuannya?
Dengan sistem door to door services incoterm DDU-Delivery Destination Unpaid terjadi perbedaan hanya masalah penanggug jawab pembayaran biaya saja, dimana kalau DDU seluruh biay yang timbul menjadi tanggung jawab consignee membayar seluruh biaya dengan rincian di atas

Simple sekali rupanya incoterm DDP dan DDU itu ya....

Apa itu Door To Port  Services (Svcs) ?

Maksud door to port svcs itu ndak juga rumit ...rumiitt amat,,,sederhana saja seluruh biaya pengiriman dari negara asal/port of loading sampai ke pot of detination indonesia adalah tanggung jawab shipper dapat kita katakan sis tem incotem dinamakan CNF (Cost & Freight) biaya kirim sampai port dan jika shipper menge luarkan marine certificate alias asuransi pengiriman barang di sebut CIF (Cost Insurance and Freight)

Baca Juga:3 + Langkah Mudah Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Internasional II Jasa Ekspor Barang Udara
Apa itu Door To Door Services Cargo ? Begini Penjelasannya
Gambar Coil Plat Besi Baja-Import Dari China
 Kita masuk Incoterm Port To Port Services cargo Port to Port services

Incoterm port to port pengertian sederhanaya ada lah shipper emiliki tanggung jawab mengantar barang dari pelabuhan negara asal/Port Of Loa ding menuju ke negara tujuan/port of destination mengenai

Biaya pengiriman Port To Port Services ?

Mengenai biaya pengiriman Port To Port (PTP) bisa terjadi incoterm payment freight collect atau freight prepaid tergantung kesepakatan antara penjual bara ng/shipper dengan penerima barang/consignee.

Freight collect ongkos kirim di bayar oleh shipper dan freight collect ongkos kirim barang di tanggung oleh consignee/pemilik barang tetap tanggung jawab pengiriman barang berada di tangan shipper dari country origin

Ealaahhhhhh sesederhana itu ya Port To Port Service

Jadi ndak perlunjelimet soal port to port shipment export/import by sea freight atau air freight .

Kelebihan serta keuntungan door to door services import/export ?

Kelebihan door to door services import/export terletak dalam proses penanganan pengiriman barang yang tidak banyak melibatkan pihak terkait dalam seluruh proses pengiriman barang door to door service dan bisa menghemat biaya jasa kirim barang dengan perhitungn yang matang dari shipper/consignee serta hemat waktu

Kelebihan Port to Port Sevices Air Freight adn Sea Freight?
Pengiriman barang Port To Port Only (PTP) khusu import udara dan import FCL akan memberi keun tungan tersendiri buat Anda sebagai penerima barang/pemilik barang namun aga sedikit merepotkan Anda

Sebab Anda sebagai pemilik barang tersebut/importir wajib mencari customs brokerage /PPJK /EMKL untuk melaksanakan proses customs clearance hingga cargo di delivry ke alamat Anda seba gaii penrima/pemilik barang

Baca Juga:Undername Import Door to Door (Cargo From USA,Hungary)Surabaya To Pulau Bali
Jasa Import Textile PVC Dari China Ke Indonesia
Gambar Man Power Bongkar Muat Barang Di Pelabuhan Tanjung Priok
Kesimpulan :
  1. Kekurangan dan kelebihan dalam pengiriman barang ekspor/import barang dari/ke Indonesia  sepenuhnya menjadi tnggung jawab Anda, sangat sederhana sebetulnya kirim barang walaupun di kirim antar negara/antar benua satu hal yang pasti Anda wajib copare harga terlebih dahulu dengan beberapa perusahan jasa kirim barang
  2. Istilah Istilah yang Sering ditemui dalam Kegiatan Ekspor Impor barang seperti Incoterms2010
    Incoterms 2000 atau incoterm 2010 (Incoterms - itu artinya international commercial terms) DAF, DES, DEQ, DDU,DDP,CNF,CIF dll yang bikin mumet kepala.
  3. Awal utama anda fokus saat export/import barang diskusikan dengan shipperAnda mau pakai DTD,FOB,CNF atau CIF ituPTP,CIF bara saja ang lain akan Anda pahami seiring waktu berjalan dalam usaha anda
Demikian artikel Apa itu Door To Door Services Cargo ? Begini Penjelasannya saya tutup sampai di sini, udah subuh mau istirahat dulu ya

Saran dan kritik membangun silahkan isi di kolom komentar
Update ulang 12 September 2019
Update 22 Juni 2020
Update Kembali 22 February 2021 Di Jakarta

0 Response to "Apa itu Door To Door Services Cargo ? Begini Penjelasannya "

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel