Komponen Biaya Penumpukan,Storage Di Pelabuhan FCL 1X20FT,1X40FT,1X45FT

Artikel kali ini kita belajar menghitung Komponen Biaya/Tarif Penumpukan Storage Di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengetahui biaya penumpukan kontainer import FCL 1X20 FT,1X40 FT,1X45 FT Yang timbul saat kontainer berada di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Indonesia,Container akan di keluarkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Juga dalam tutorial biaya storage import ini Anda juga bisa pakai sebagai barometer biaya penumpukan di TPS Tanjung Perak Surabaya, Biaya Penumpukan storage di Port Tanjung Emas Semarang, Port Belawan,Port Sulawesi serta buat rekan rekan importir barang dari bandung Jawa Barat
         Update 26 Maret 2021-Penambahan Video untuk cara tracking tarif di JICT 1 Tg Priok yaitu tracking untuk pembayaran tarif gerakan dan penumpukan container di pelabuhan,cara tracking biaya penumpukan Anda tinggal klik data ETA dan ETB Cargo container Anda yang tiba di Port UTC 1 Tanjung Priok,JICT 1 juga menyediakan vessel tracking,JICT EIR tracking serta terminal petikemas lain seperti NPCT 1 Tanjung Priok,Portal tracking di tpk koja tracking pembayaran sewa gudang juga Anda bisa dihitung dengan tepat melalui aplikasi masing masing pengelola pelabuhan laut Indonesia

Tarif Biaya Penumpukan Dan Storage Di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Indonesia
Gambar Truk Trailer Container Combo 2X20Feet Di Dekat Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara Indonesia-Jasa Angkutan Petikemas Party 2X20 FT Temas Line Indonesia
Biaya Storage/Penumpukan Kontainer Di Pelabuhan Untuk Importir Barang dari Luar Negeri

Saya menulis dan membuat tutorial mengenai biaya penumpukan dan biaya storage kontainer/peti kemas ini sehubung banyaknya importir yang belum mengetahui cara melihat atau menghitung berapa biaya storage import atas kontainer import barang mereka selama berada di dalam pelabuhan, terutama importir yang memakai kontainer

Jadi dengan adanya panduan mengenai tata cara menghitung biaya storage/penumpukan berdasarkan portal pengguna jasa Jakarta International Unit terminal (JICT) Jakarta ini, Anda sebagai pengusaha import barang dari luar negeri Ke Indonesia, Bisa dengan pasti menghitung cost yang timbul saat kontainer impor Anda tiba di pelabuhan laut

Dalam Video tersebut saya umpamakan bahwa kontainer impor Anda berada dalam pelabuhan selama 5 hari mulai dari proses customs clearance sampai mendapatkan Surat Persetujuan Pengeluaran barang Ada di tangan Anda serta telah siapnya Delivery Order (E-DO) di saat bersamaan saat Anda mendapatkan SPPB dari Bea dan Cukai Indonesia

Baca Juga: Komponen Biaya Jasa Custom Clearance Import Indonesia
Baca Juga:Biaya Jasa Pengiriman Kontainer Dari China Ke Indonesia

Kita langsung saja membuat rangkuman biaya storage di pelabuhan laut 

Biaya Import FCL Yang Timbul Di Pelabuhan 1 X 20 Feeet Jalur Merah

NO DESCRIPTION QTY TARIFF RATE AMOUNT
1.PNPK 20 FCL DRY 1 (stack01/09/20) 1.Rp.27,200 Rp.734,400
2.LIFT ON 20 FCL DRY 1 Rp.   187,500   Rp.   187,500
201.BEHANDLE 20 FCL 1 Rp.1,015,000   Rp.1,015,000
3.PASS TRUCK                              1 Rp.       9,091   Rp.       9,091
4.COST REC/SURCHARGE 1 Rp.     75,000    Rp.     75,000
5.ADMINISTRASI KARTU 1 Rp.     20,000    Rp.     20,000
6.ADMINISTRASI NOTA 1 Rp.     20,000    Rp.     20,000
7.TAX 10%                                       Rp.2,060,991    Rp.   206,099
8.METERAI                                     Rp.        6,000    Rp.       6,000
TOTAL PERKIRAAN BAYAR        Rp. 2,273,090

Baca Juga:Biaya Jasa Pengiriman Barang Cargo Import LCL Dari China Ke Indonesia
Baca Juga:Tarif Pengiriman Barang Dari China Ke Indonesia II Biaya Jasa Pengiriman Container Dari China Ke Indonesia
Biaya/Tarif Penumpukan Dan Gerakan Kontainer Di Pelabuhan Laut Indonesia
Tarif Pelayanan Jasa Penumpukan Petikemas/Kontainer Pelabuhan Indonesia
Biaya Import FCL Yang Timbul Di Pelabuhan 1 X 20 Feeet Jalur Hijau

NO DESCRIPTION QTY TARIFF RATE AMOUNT
1.PNPK 20 FCL DRY 1 (stack01/09/20)1 Rp. 27,200 Rp. 734,400
2.LIFT ON 20 FCL DRY 1 Rp.   187,500         Rp. 187,500
3.PASS TRUCK                              1 Rp.       9,091         Rp.      9,091
4.COST REC/SURCHARGE 1 Rp.     75,000         Rp.    75,000
5.ADMINISTRASI KARTU 1 Rp.     20,000         Rp.    20,000
6.ADMINISTRASI NOTA 1 Rp.     20,000         Rp.    20,000
7.TAX 10%                                       Rp. 1,045,991        Rp.  104,599
8.METERAI                                     Rp.        6,000         Rp.     6,000
TOTAL PERKIRAAN BAYAR        Rp. 1,156,590

Biaya Import FCL Yang Timbul Di Pelabuhan 1 X 40 Feeet Jalur Hijau

NO DESCRIPTION QTY TARIFF RATE AMOUNT
1.PNPK 40 FCL DRY 1 (stack01/09/20)1 Rp.54,400 Rp.1,468,800
2.LIFT ON 40 FCL DRY 1 Rp.   281,300         Rp.281,300
3.PASS TRUCK                                1 Rp.        9,091        Rp.    9,091
4.COST REC/SURCHARGE 1 Rp.     75,000         Rp.  75,000
5.ADMINISTRASI KARTU 1 Rp.      20,000        Rp.   20,000
6.ADMINISTRASI NOTA 1 Rp.      20,000       Rp.    20,000
7.TAX 10%                                         Rp. 1,874,191        Rp. 187,419
8.METERAI                                       Rp.        6,000       Rp.     6,000
TOTAL PERKIRAAN BAYAR          Rp. 2,067,610

Biaya Import FCL Yang Timbul Di Pelabuhan 1 X 40 Feeet Jalur Merah 

NO DESCRIPTION QTY TARIFF RATE AMOUNT
1.PNPK 40 FCL DRY 1 (stack01/09/20)1 Rp.54,400 Rp. 1,468,800
2.LIFT ON 40 FCL DRY 1 Rp. 281,300             Rp.    281,300
201 BEHANDLE 40 FCL 1 Rp. 1,390,200          Rp. 1,390,200
3.PASS TRUCK                               1 Rp. 9,091                 Rp.        9,091
4.COST REC/SURCHARGE 1 Rp. 75,000               Rp.      75,000
5.ADMINISTRASI KARTU 1 Rp. 20,000               Rp.      20,000
6.ADMINISTRASI NOTA 1 Rp. 20,000               Rp.      20,000
7.TAX 10%                                        Rp. 3,264,391           Rp.    326,439
8.METERAI                                       Rp. 6,000                 Rp.        6,000
TOTAL PERKIRAAN BAYAR          Rp. 3,596,830

Biaya Tarif Penumpukan Kontainer Dan Tarif Storage Perikemasi di Pelabuhan Laut Jakarta Indonesia
Carat Tracking Container Di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Indonesia Serta Tracking Pembayaran Biaya Storage/Penumpukan Kontainer Di Tanjung Priok Jakarta
Biaya Import FCL Yang Timbul Di Pelabuhan 1 X 45 Feeet Jalur Merah


NO DESCRIPTION QTY TARIFF RATE AMOUNT
1.PNPK 45 FCL DRY 1 (stack01/09/20)1 Rp.  68,000 Rp. 1,836,000
2.LIFT ON 45 FCL DRY 1 Rp.   351,625 Rp. 351,625
201.BEHANDLE 45 FCL 1 Rp.1,737,750 Rp. 1,737,750
3.PASS TRUCK 1 Rp.       9,091 Rp. 9,091
4.COST REC/SURCHARGE 1 Rp.     75,000 Rp.     75,000
5.ADMINISTRASI KARTU 1 Rp.    20,000 Rp.     20,000
6.ADMINISTRASI NOTA 1 Rp.     20,000 Rp.     20,000
7.TAX 10% Rp. 4,049,466 Rp.    404,946
8.METERA                                        I Rp.       6,000 Rp.      6,000
TOTAL PERKIRAAN BAYAR           Rp. 4,460,412

Biaya Import FCL Yang Timbul Di Pelabuhan 1X45Feet Jalur Hijau

NO DESCRIPTION QTY TARIFF RATE AMOUNT
1.PNPK 45 FCL DRY 1 (stack01/09/20) Rp.1 68,000 Rp.1,836,000
2.LIFT ON 45 FCL DRY 1 Rp.   351,625 Rp.   351,625
3.PASS TRUCK 1 Rp.       9,091 Rp.       9,091
4.COST REC/SURCHARGE 1 Rp.     75,000 Rp.    75,000
5.ADMINISTRASI KARTU 1 Rp.     20,000 Rp.    20,000
6.ADMINISTRASI NOTA 1 Rp.     20,000 Rp.    20,000
7.TAX 10% Rp.2,311,716 Rp. 231,171
8.METERAI Rp. 6,000 Rp.      6,000
TOTAL PERKIRAAN BAYAR                Rp. 2,548,887

Tarif Penalty SPPB-Surat Persetujuan Pengeluaran Barang Bea Daan Cukai

Saat ini berlaku juga tarif penalty SPPB,Jika Cargo container yang telah mendapatkan SPPB-Surat Persetujuan Pengeluaran barang dari Bea Dan cukai,yaitu penalty denda keterlambatan untuk biaya storage yang dibayarkan kepada pengelola pelabuhan laut di Indonesia,Tarif penalty ini berlaku untuk import cargo container FCL 20FT/20FT Std/40FT-HC/45 FT STD/HQ Serta Jenis Kontainer lainnya

Untuk besaran Tarif Penalti SPPB tersebut antara lain:
A. Petikemas Isi Impor
  1. Hari ke-1 (ke-satu) : tidak dipungut tarif pelayanan jasa penumpukan;
  2. Hari ke-2 (ke-dua) : tarif pelayanan jasa penumpukan 300% (tiga ratus persen) dari tarif dasar;
  3. Hari ke-3 (ke-tiga) : tarif pelayanan jasa penumpukan 600% (enam ratus persen) dari tarif dasar
  4. Hari ke 4 (ke-empat) : dan seterusnya dihitung per harinya sebesar 900% (sembilan ratus persen) dari tarif dasar
B. Tarif pelayanan jasa penumpukan petikemas impor yang telah selesai proses kepabeanannya (telah terbit Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB)) dikenakan dengan ketentuan :
  1. SPPB terbit setelah menumpuk dilapangan :
  2. SPPB yang terbit pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis setelah hari ke-2 (kedua) sejak tanggal      penerbitan SPPB, dikenakan tambahan tarif sebesar 200% (dua ratus persen) dari tarif yang dikenakan saat itu;
  3. SPPB yang terbit pada hari Jumat dan Sabtu, setelah hari ke-3 (ke-tiga) sejak tanggal penerbitan SPPB, dikenakan tambahan sebesar 200% (dua ratus persen) dari tarif yang dikenakan saat itu 
  4. SPPB yang terbit satu hari sebelum hari libur nasional, setelah hari ke-3 (ketiga) sejak tanggal pener bitan SPPB , dikenakan tambahan sebesar 200% (dua ratus persen) dari tarif yang dikenakan saat itu
Untuk uraian lengkap tentang tarif penalty tersebut sesua Surat Edaran dari pengelola pelabuhan dalam hal ini saya ambil dari Surat Edaran PT Mustika Alam Lestari,Surat Edarannya Anda bisa Klik Dan Lihat Di SINI  

Mengatasi Mahalnya Denda Penalty SPPB,Biaya Storage/Penumpukan Di Pelabuhan Laut Impor Kontainer
Mengatasi Mahalnya Biaya Storage/Penumpukaan  Petikemas Import Di Pelabuhan Dan Mengatasi Mahalnya biaya Denda tarif penalty SPPB Petikemas/Container impor
Mengatasi Mahalnya Biaya Storage Tariff Denda Penalty SPPB

Tarif Denda Penalty SPPB itu sendiri dimaksudkan,Agar Anda importir barang dari luar Negeri,Import Barang dari china,Import Barang dari Amerika,Import Barang dari Jepang,Importir Barang dari Korea Selatan ,Import Barang Dari India,Serta Importir barang dari negara lainnya di Indonesia

Agar cargo import Kontainer yang telah mendapatkan SPPB dari Bea Dan Cukai segera dikeluarkan dari aea kepabeanan bea dan cukai seger petikemas/kontainer segera di kirim kegudang importir barang sebagai pemilik barang import itu sendiri 

Hal ini dilakukan pemerintah indonesia untuk mengurangi terjadinya dwellig time di pelabuhan 

Anda sebagai importir barang dari luar negeri,saya sebagai pengurusan jasa kepabeanan import dan sebagai pekerja jasa export-import barang dipelabuhan tentu tidak ingin kena denda penalty SPPB yang memang mahal harganya dan berlaku multiple tarif yang storage,kita bisa atasi masalah ini

Cara mengatasi masalah tarif denda penalty SPPB Bea Dan Cukai untuk penumpukan kontainer
  1. Tebus Electronc Delivery Order (EDO) saat kapal tiba dipelbahuna sesuai Notice Of Arrival dari shipping carrier/Pelayaran Cargo Kontainer Internasional
  2. Bayar biaya storage segera setelah mendapatkan SPPB dari Bea Dan Cuai melalui Portal penggu na jasa INSW/Modul PPJK yang Anda gunakan
  3. Setelah membayar biaya storage di pelabuhan,segera siapkan Truck trailer Anda
  4. Atau Jika Anda Sewa Truck Trailer sebaiknya kordinasi dengan pemilik armada jasa pengiriman barang angkutan petikemas 20FT/40FT/45FT di pelabuhan
  5. Juga siapkan crew bongkar muat barang di gudang/warehouse Anda untuk menghindari demurrage di pelayaran dan denda/cahrrge tambahan biaya truk trailer nginap di gudang Anda
Perisapan pengeluaran barang dan pengiriman barang yang tepat dan cepat dari pelabuhan laut untuk import barang memakai petikemas ini akan meringankan beban biay import barang Anda sebagi importir barang dari luar negeri di Indonesia

Demikian uraian singkat artikel Komponen Biaya Penumpukan,Storage Di Pelabuhan FCL 1X20FT, 1X40FT,1X45FT   saya tutup sampai di sini, semoga bermanfaat bagi Anda semua

Jakarta 1 September 2020

1 Response to "Komponen Biaya Penumpukan,Storage Di Pelabuhan FCL 1X20FT,1X40FT,1X45FT "

  1. This is a great inspiring article. I am pretty much pleased with your good work. You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.
    maryland oversize permits

    ReplyDelete

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel