Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Table of Contents
Lihat Juga:Contoh Surat Permohonan Pencacahan Barang Import Bermasalah Di Pabean
Baca juga: Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pembukaan Segel Bea Cukai Indonesia
Surat Pembukaan POS BC 11 Sementara |
Apa Penyebab Terjadinya Membuat Surat Buka Pos Manifest Oleh Pabean?
Barang import yang tadinya di biarkan selama dalam masa teng gang 30(tiga puluh) hari sejak tiba di pelabuhan baik melalui Jasa pengiriman barang import melalui angkutan laut (sea freight) atau pengiriman melalui air freight(Jasa Angkutang Barang Melalui Udara).
Setelah masa 30 hari di lewati barang import tersebut baru di urus proses kepabeanannya maka post manifest bc 1.1 otomatis akan tertutup oleh sistem di portal pengguna jasa INSW
Pos manifest BC 1.1 tertutup bisa dialami Perusahaan Jasa Sewa Undername Import Perusahaan Importir Resmi, perusa haan Undername Import Borongan mengalami masalah sepe rti ini karena perlakuan undang undang kepabeanan sama terhadap seluruh kegiatan/aktifitas import barang di seluruh wilayah kepabeanan Indonesia
Penyebab Tidak di Urusnya Barang Import Oleh Perusahaam Importir
Beberapa penyebab atau masalah tidak di urus nya barang import yang telah tiba di pelabuhan bonded zone area (kepabeanan) baik untuk bara ng import melalui udara dan laut antara lain:
1.Pembayaran Barang Belum di selesaikan oleh pihak importir Kepada Supplier
2.Pembayaran L/C Bermasalah di bank
3.Izin import perusahaan importir di blokir/di cabut/notul belum di bayar
4.Bill of lading atau Airwaybill ada yang hilang tercecer
5.Bill of lading atau Master Airwaybill tidak di release oleh supplier
6.Importir belum punya cash flow pembayaran pajak import (bisa terjadi karena pembayaran pajak terlalu besar sesuai HS Code barang import dan sesuai juga dengan nilai invoice barang)
7.Serta masalah kepabeanan lainnya
#.Cara buka Pos Manifest BC 1.1 di Bea dan Cukai
Barang import yang tiba di pelabuhan di dalam bonded zone area tentu sangat di butuhkan oleh pemilik barang tersebut.
Berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah akan di lakukan oleh pemilik bara ng import/importir untuk mengeluarkan barang import dari wilayah kepabeanan bea dan cukai
Bagi importir yang telah menyelesaikan masalah seperti izin import di blokir,pembayaran ke supplier sudah di laksanakan, dokumen BL/AWB sudah di temukan atau masalah yang telah di jelaskan diatas
maka pemilik barang import tentu akan segera memproses pengeluaran barang dari area kepabeanan dan melaksanakan proses customs clearance serta handling import
Baca Juga:Contoh Surat Pembatalan Lelang BCF 1.5 Bea Cukai
Lihat Juga:Belajar Cara Import Barang Dari China:Contoh Packing List-Commercial Invoice-Bill Of Lading-Form Fasilitas Import
Proses petama untuk melakukan buka pos manifest BC 1.1 sebagai berikut
Jika saya tulis di sini anda akan bosan membaca nya hehehe
Sampai di sini dulu artikelnya saya tulis dan buat rekan rekan yang butuh contoh suratnya silahkan minta melalui email ke :devajunio25 (at)gmail.com, (free of charge)
Mulai saat ini tahun 2018 akses ke google drive saya tutup karena banyak tikus cyber yang merusak contoh surat di blog undername import dan export ini.
Dan saya sediakan saja di bawah artikel contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara yang bisa di copy paste bagi sahabat yang tidak mau minta liwat email
Demikian artikel contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara ini saya tutup sampai di sini,semoga bermanfaat
Salam sukses buat anda semuanya
Wassalam
Barang import yang tadinya di biarkan selama dalam masa teng gang 30(tiga puluh) hari sejak tiba di pelabuhan baik melalui Jasa pengiriman barang import melalui angkutan laut (sea freight) atau pengiriman melalui air freight(Jasa Angkutang Barang Melalui Udara).
Setelah masa 30 hari di lewati barang import tersebut baru di urus proses kepabeanannya maka post manifest bc 1.1 otomatis akan tertutup oleh sistem di portal pengguna jasa INSW
Pos manifest BC 1.1 tertutup bisa dialami Perusahaan Jasa Sewa Undername Import Perusahaan Importir Resmi, perusa haan Undername Import Borongan mengalami masalah sepe rti ini karena perlakuan undang undang kepabeanan sama terhadap seluruh kegiatan/aktifitas import barang di seluruh wilayah kepabeanan Indonesia
Penyebab Tidak di Urusnya Barang Import Oleh Perusahaam Importir
Beberapa penyebab atau masalah tidak di urus nya barang import yang telah tiba di pelabuhan bonded zone area (kepabeanan) baik untuk bara ng import melalui udara dan laut antara lain:
1.Pembayaran Barang Belum di selesaikan oleh pihak importir Kepada Supplier
2.Pembayaran L/C Bermasalah di bank
3.Izin import perusahaan importir di blokir/di cabut/notul belum di bayar
4.Bill of lading atau Airwaybill ada yang hilang tercecer
5.Bill of lading atau Master Airwaybill tidak di release oleh supplier
6.Importir belum punya cash flow pembayaran pajak import (bisa terjadi karena pembayaran pajak terlalu besar sesuai HS Code barang import dan sesuai juga dengan nilai invoice barang)
7.Serta masalah kepabeanan lainnya
#.Cara buka Pos Manifest BC 1.1 di Bea dan Cukai
Barang import yang tiba di pelabuhan di dalam bonded zone area tentu sangat di butuhkan oleh pemilik barang tersebut.
Berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah akan di lakukan oleh pemilik bara ng import/importir untuk mengeluarkan barang import dari wilayah kepabeanan bea dan cukai
Bagi importir yang telah menyelesaikan masalah seperti izin import di blokir,pembayaran ke supplier sudah di laksanakan, dokumen BL/AWB sudah di temukan atau masalah yang telah di jelaskan diatas
maka pemilik barang import tentu akan segera memproses pengeluaran barang dari area kepabeanan dan melaksanakan proses customs clearance serta handling import
Baca Juga:Contoh Surat Pembatalan Lelang BCF 1.5 Bea Cukai
Lihat Juga:Belajar Cara Import Barang Dari China:Contoh Packing List-Commercial Invoice-Bill Of Lading-Form Fasilitas Import
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara |
- Buat draft Pemberitahuan Impor Barang (PIB) melalui PPJK-Perusahaan Jasa Pengurusan Kepabeanan atau memakai modul EDI milik importir sendiri dan telah di sesuaikan dengan dokumen import original
- Transfer dokumen PIB (Pemberithuan impor barang) via PPJK/Modul EDI
- Akan mendapatkan Nota Pemberitahuan Penolakan (NPP tahun 2018) dari Modul Internet PIB EDI sistem
- Surat Permohonan Buka Pos Manifest BC 1.1 (lengkap dengan contoh surat pembatalan BCF 1.5) ditujukan ke bagian buka pos manifest,kantor bea dan cukai
- Surat Kuasa (lengkapi dengan copy KTP Direktur)
- Surat Tugas (lengkapi dengan copy KTP yang di beri kuasa)
- Copy Draft PIB-(Pemberitahuan Impor Barang)
- Copy Nota Pemberitahuan Penolakan (NPP)
- Copy BL (Bill of lading) import melalui laut atau M-AWB ( jika import melalui jalur udara)
- Copy Packing List
- Copy Invoice
- Copy NPWP Perusahaan
- Copy Form D,FORM E, FORM AK atau form pembebasan bea masuk (jika ada)
- Copy dokumen Nomor Induk Berusaha (NIB-Nomor Iinduk Berusaha-NIB SIUP,TDP,API Online etc)
- Periksa kembali dokumen pengajuan buka pos manifest BC 1.1 perusahaan anda
- Ambil nomor antrian di loket
- Nomor antrian di panggil di layar monitor serahkan berkas
- Dokumen di teliti dan di periksa petugas front desk bea dan cukai
- Dokumen dinyatakan lengkap akan diberikan tanda terima
- Tunggu 10 menit sampai dengan 1 (satu) jam paling lama pos manifest BC 1.1 perusahaan akan di buka dari bagian manifest BC 1.1 kantor bea dan cukai
- Selesai
- Hubungi PPJK minta data PIB di transfer melalui modul EDI Sistem
- Tunggu beberapa menit dan akan dapat e-billing
- E-billing terbit bayar pajak import anda segera
- Berikan copy pembayaran e-billing kepada PPJK melalaui email atau whatsapp
- Dapat respond penjaluran,Jalur Merah,Kuning atau Hijau
- Handling cargo dan lakukan proses customs clearance secepatnya
- Dapat Respond SPPB ( atau Notul segera bayar dan akan dapat SPPB-Surat Persetujun Barang Impor)
Sampai di sini dulu artikelnya saya tulis dan buat rekan rekan yang butuh contoh suratnya silahkan minta melalui email ke :devajunio25 (at)gmail.com, (free of charge)
Mulai saat ini tahun 2018 akses ke google drive saya tutup karena banyak tikus cyber yang merusak contoh surat di blog undername import dan export ini.
Dan saya sediakan saja di bawah artikel contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara yang bisa di copy paste bagi sahabat yang tidak mau minta liwat email
Demikian artikel contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara ini saya tutup sampai di sini,semoga bermanfaat
Salam sukses buat anda semuanya
Wassalam
Update 23 February 2021-Penambahan Video
Lihat Juga:CONTOH SURAT PERSETUJUAN IMPOR BESI BAJA ATAU BAJA,BAJA PADUAN DAN TURUNANNYA PEMILIK IZIN NIB APIU
Lihat Juga:CONTOH SURAT PERSETUJUAN IMPOR BESI BAJA ATAU BAJA,BAJA PADUAN DAN TURUNANNYA PEMILIK IZIN NIB APIU
Di buat pertama sekali tanggl 27 Mei 2016
Edited By ferrytrans 17 September 2019=====================================
Diupdate ulang tanggal 16 November 2018
Edit Artikel:15 Desember 2019 Edit By:ferrytrans.id
Youtube Channel: Indonesia Undername Import Export Blog Jakarta
Blogger: Jasa Import-Export Indonesia
Kop surat perusahaan importir
Jakarta, 17 Mei 201...
Nomor : …..
Hal : Permohonan Pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Kepada Yth.,
KEPALA KANTOR PELAYANAN UTAMA
BEA DAN CUKAI TANJUNG PRIOK
JAKARTA
UP. : Kepala Seksi Adm. Manifest
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya dokumen impor kami dengan data sebagai berikut :
Nama Importir :
NPWP :
Nomor HB/L :
Nomor MB/L :
Party : 1 X 40’ / ….. CARTONS / ………… Kgs
Nomor dan Tanggal BC11 : Tgl.
Nomor POS :
Dengan ini kami mengajukan permohonan pembukaan POS BC 1.1 sementara.
Demikian permohonan ini kami ajukan, untuk mendapatkan persetujuannya.
Atas bantuan dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.
Hormat kami,
PT. Ferrytrans
Frrytrans.
Direktur
====================================================================
Dalam membawa permohonan ini , staff yang membawa permohonan di samping bawa berkas dokumen impor lain , harus bawa juga surat tugas atau kuasa untuk proses dokumen impor ini , contohnya adalah sesuai tulisan di bawah.
Kop surat perusahaan importir
Surat tugas dan buat surat kuasa (isi surat bisa di kembangkn sesuai keuuhan)
Pembukaan Pos BC 1.1
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Moh ......
Jabatan : Direktur
Perusahaan : PT. Mitra Citra Utama
Alamat : Jl. Deli Lorong 28 No.1 Koja Jakarta Utara 14220
Dengan ini memberi tugas kepada :
Nama : ……………………………..
Jabatan : Operasional
Untuk melaksanakan pengurusan Permohonan Pembukaan POS BC 1.1 Sementara atas dokumen impor kami dengan data sebagai berikut :
Nama Importir :
NPWP :
Nomor HB/L :
Nomor MB/L :
Party : 1 X 40’ / …… CARTONS / ……………….. Kgs
Nomor dan Tanggal BC11 : Tgl.
Nomor POS :
Demikianlah surat permohonan ini kami ajukan, untuk mendapatkan persetujuannya. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, Tanggal,Bulan,Tahun
Yang Memberi Tugas ====================Yang Menerima Tugas,
Moh Husni============================Ferytrans.
Direktur Operasional
Semoga sukses
Edited By ferrytrans 17 September 2019=====================================
Diupdate ulang tanggal 16 November 2018
Edit Artikel:15 Desember 2019 Edit By:ferrytrans.id
Youtube Channel: Indonesia Undername Import Export Blog Jakarta
Blogger: Jasa Import-Export Indonesia
Kop surat perusahaan importir
Jakarta, 17 Mei 201...
Nomor : …..
Hal : Permohonan Pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Kepada Yth.,
KEPALA KANTOR PELAYANAN UTAMA
BEA DAN CUKAI TANJUNG PRIOK
JAKARTA
UP. : Kepala Seksi Adm. Manifest
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya dokumen impor kami dengan data sebagai berikut :
Nama Importir :
NPWP :
Nomor HB/L :
Nomor MB/L :
Party : 1 X 40’ / ….. CARTONS / ………… Kgs
Nomor dan Tanggal BC11 : Tgl.
Nomor POS :
Dengan ini kami mengajukan permohonan pembukaan POS BC 1.1 sementara.
Demikian permohonan ini kami ajukan, untuk mendapatkan persetujuannya.
Atas bantuan dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.
Hormat kami,
PT. Ferrytrans
Frrytrans.
Direktur
====================================================================
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara |
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara |
Kop surat perusahaan importir
Surat tugas dan buat surat kuasa (isi surat bisa di kembangkn sesuai keuuhan)
Pembukaan Pos BC 1.1
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Moh ......
Jabatan : Direktur
Perusahaan : PT. Mitra Citra Utama
Alamat : Jl. Deli Lorong 28 No.1 Koja Jakarta Utara 14220
Dengan ini memberi tugas kepada :
Nama : ……………………………..
Jabatan : Operasional
Untuk melaksanakan pengurusan Permohonan Pembukaan POS BC 1.1 Sementara atas dokumen impor kami dengan data sebagai berikut :
Nama Importir :
NPWP :
Nomor HB/L :
Nomor MB/L :
Party : 1 X 40’ / …… CARTONS / ……………….. Kgs
Nomor dan Tanggal BC11 : Tgl.
Nomor POS :
Demikianlah surat permohonan ini kami ajukan, untuk mendapatkan persetujuannya. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, Tanggal,Bulan,Tahun
Yang Memberi Tugas ====================Yang Menerima Tugas,
Moh Husni============================Ferytrans.
Direktur Operasional
Semoga sukses
Post a Comment