Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo

Selamat Malam,Apakah bisa handle jasa import door to door via AirFreight ?
Pertanyan ini masuk ke WhatsApp Admin blog Indonesia Undername Import Export Blog yang memang di upayakan nyala 24 Jam sehari dalam melayani para pembaca yang ingin bertanya tentang Jasa Import Resmi Import LCL ,Jasa Undername Import ,Jasa Undername Export Jasa Import Door To Door Airfrieght ,Jasa Import resmi FCL/Project Cargo dari China,Eropa,USA serta negar lain dari seluruh penjuru dunia
Baca juga:Door to Door Import Air freight Services Belgium to Jakarta With Turkish Cargo
Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo
Di samping itu sebagai penulis blog mengenai surat surat ijin import mulai dari cara membuat API-U perusahaan API-U Pribadi serta membuat izin Import Larangan dan Pembatasan PI Besi Baja,PI Kehutanan,PI Impor Mesin Bekas,saya wajib memberikan jawaban atas orang yang ingin bertanya

Singkat kata saya wajib menjawab apa yang telah saya tulis di dalam blog Indonesia Undername Import Export Blog yang saya tulis atas dasar pengalaman sendiri

dan dituangkan ke dalam artikel sebagai catatan saya serta sebagai tempat berbagi Ilmu tentang pengurusan Jasa Import dan Jasa Export,Freight Forwarder,Jasa Undername Import serta pengurusan suat surat Import

Walaupun terkadang orang/Pembaca yang bertanya tentang cara mengurus surat surat izin import serta bertanya soal export -import saya tidak memungut bayaran untuk pertanyaan tersebut

Jadi buat Anda/Pembaca yang ingin bertanya silahkan saja

Kita lanjutkan mengenai sahabat pembaca dan langganan cargo import saya,,.....
Saya lihat nomor dan nama di WhatsApp rupany dari langganan yang pernah Import LCL dari Shanghai Ke Jakarta Incoterm Free Carrier


Pak bisa bantu saya untuk import door to door dari Sanghai Ke Jakarta door to door import memakai jasa undername Import Indentor ?

Bisa,Saya layani jasa undername Import Resmi Door To Door via Air freight dan Seafreight resmi untuk one hand shipment.Saya tanya lebih dalam barang import apa yang mau di kirim dari Shanghai Ke Jakarta dan Minta draft Packing List serta Invoice

Apa itu Incoterm Free Carrier (FCA) dalam istilah Cargo Import-Export?

Mari kita jeaskan di sini makana dan arti icoterm Dalam draft P.list dan Invoice tertera FCA-Free Carrier,Free carrier artinya adalah supplier menjual barang hasil produksi mereka dan mengirim barang hanya sampai port internasional terdekat

Selanjutnya kewajiban consignee/pembeli barang melakukan export dai negara asal smpai ke indone sia dan hanya memberikan pelayanan pembelian barang

Jadi jika Anda baru mulai usaha sebagai importir Anda wajib mengetahui istilah pengiriman barang import-export agar tidak salah hitung dlam pembiayaan pengiriman barang internasional antar negara serta tidak salah paham dengan perusahaan jasa freight forwarder yang Anda tunjuk

Saya senyum kembali,........

Jadi teringat dengan rekan yang melakukan import LCL dari guangzhou ke surabaya

Maklum para lulusan import dari seminar Import LCL borongan

Bagi Anda yang ingin memngetahui perbedaanya silahkan baca artikel Undername Import Borongan Dan Undername Import Resmi (Update)

Walaupun sekedar kat yang salah mengenai Jasa Import Door To Door tersebut, saya yang suka menulis tentu saja wajib meluruskan istilah yang disampaikan oleh pembaca ataupun langganan saya yang tidak mengetahui persis istilah import door to door
Kenapa saya wajib meluruskan istilah Jasa Import Door To Door Airfreight Atau Jasa Import Door To Door Seafreight ?

Jadi jikalau nanti mereka berhadapan dengan perusahaan jasa freight forwarder,maka mereka tidak mudah di cuarangi mengenai biaya pengiriman barang akibat kesalahan pengucapan dalam pengiriman barang yang di import walaupun saya merasa masih banyak sekali freight forwarder yang sangat jujur dan profesional menangani customer mereka

Jadi panjang ceritanya, Jika Anda salah dalam memberitahu soal Incoterm Exwork,FCA,FOB, CNF serta CIF sekali lagi perbedaan istilah tersebut menyangkut biaya,yaitu biaya pengiriman barang yang kebanyakan dalam mata uang US Dollar

Cukup saya jelaskan sampai di sini semoga pembaca bisa paham makna dan arti dari istilah istilah INCOTERM Pengiriman barang baik melalui laut maupun udara untuk Export dan Import barang. Sudah cukup jelas sampai di sini sahabat pembaca kenapa saya begitu panjang sekali membuat artikel yang membahas istilah Incoterm ,Exwork,FCA,FOB,CNF dan CIF?
Agar Anda tidak dirugikan oleh pihak pihak yang ingin mengeruk isi kantong Anda sebagai importir

Baca juga:Cara import barang ke Indonesia (Import LCL,Import AIr freight,Import Resmi)
Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo
Harga Import Airfreight Free Carrier (FCA) Shanghai PVA Port Ke Jakarta

Setelah saya jelaskan kepada client tersebut perbedaan istilah pengiriman harga adalah menyangkut biaya pengiriman barang yang akan di Import tersebut client Jasa Import FCA Port to Door Delivery tersebut memahamiya dan akhirnya meminta harga/Penawaran Local Charge Shanghai-China Ke Jakarta dengan system pembayaran Freight Collect ( Ongkir Bayar di Jakarta)

Berbagi bahan pengetahuan buat rekan pembaca untuk Incoterm FCA Air Freight Shanghai-Chia Ke Jakarta berikut saya sampaikan dan tuliskan detail harga/biaya jika Anda melakukan Import FCA dari Shanghai Ke Jakarta serta door delivery Jakarta area:
I-Airfreight rate Shanghai Jakarta 
ORIGIN DEST  AIRLINE +45 (/kg) +100 (/kg) +500 (/kg) +1000 (/kg) PVG JKT(CGK)     
-BR/CI/            USD 00                    USD00 USD 00    Flat rate/Negotiate
-CZ                    USD 00             USD00 USD 00      USD 00
-JL/NH/            USD 00             USD00 USD 00      Flat rate/Negotiate
-GA                    USD4.03             USD 00       USD 00    USD 00    
-MU            USD 00            USD 00 USD 00    USD 00    
Schedule: PVG Shanghai Port (Departure)- JKT(CGK)-Arrival
-BR/CI/-Brunei Airlines Connect China Air Lines cargo-Daily 2days via TPE
-CZ-  China Southern Airlines  Daily2-3 Days via CAN Bulk only
-JL/NH/-Japan Airlines -Daily2-3day via NRT
-GA-Garuda Airlines-Daily 1 Day
-MU-China Eastern- 1,3,5,71 Day
2.THC (Biaya sewa gudang) China  USD 00
3.AWB Fee                                        USD 00
4.Manifest Fee                                   USD 00
5.Handling Charge Export Shanghai USD 00

II-Biaya Import Local Handling Jakarta :
1. EDI PPJK FEE/EDI Transfer              IDR 00000
2.Jasa Undername Import Q.Q Indentor IDR 00000
3.Jasa Handling Import Min-100 Kg       IDR 00000
   Additional per Kg                                 IDR     000/Kg
4.Jasa Pemeriksaan Jalur Merah              IDR 00000
5.Jasa Trucking Charge Jakarta Area

III-Biaya Port Charge CGK-Cengkareng Soetta
1.Biaya Sewa Gudang FEDEX,JAS,CARDIG At cost (Sesuai Kwitan si) dari pengelola Gdang Cargo Bandar Soetta-Banten

IV-Biaya Pajak Import
1.BM-Bea Masuk
2.PPN-Pajak Pertambahan Nilai
3.PPH-Pajak Penghasilan 22
Di bayarkan langsung Ke Negara sesuai E-Billing Pajak Impor oleh pemilik barang impor sesuai nilai yang ditentukan berdasarkan hasil dari nilai invoice barang import

Di sini client bisa memahami hak dan kewajiban dia sebagai pengguna jasa import FCA dari Hsanghai Ke Jakarta Serta door delivery

#-Perbedaan Jalur Merah/Redline Import Resmi dan Import Borongan

Sempat timbul pertanyaan dari client tersebut, Pak itu ada jalur merah/red line saya khawatir nanti barang import saya tidak jelas waktu keluarnya

Hehehehe, saya jelaskan, Mohon Anda pisahkan Jalur merah impor resmi jauhhhhh sekali bedanya dengan Red line/Redlight atau istilah Lampur merah pemain Import Borongan baik melalui laut mau pun Udara

Saya jelaskan bahwa, Jika jalur Impor resmi kena Jalur merah maka tidak ada istilah barang lama keluar atau tidak bisa keluar. Pada jalur impor resmi REDLINE/PJM barang akan diperiksa di cocokkan dengan data packing list,Jika cocok sesuai pemeriksaan oleh petugas bea dan cukai lankah selanjutnya menunggu prosedur impor barang dalam 3 X 24 jam kerja untuk mendapat SPPB

Jika menurut petugas PFPD ( Pejabat Ferivikasi dan Pemeriksa Dokumen) Nilai Invoice Anda tidak cocok dengan jumlah pajak yang di bayarkan maka akan timbul NOTUL/Nota pembetulan/Denda Pajak Impor,

Baca juga:Air Asia Cargo Import Dan Undername Import Garment Shanghai-Jakarta

Jika Anda bayar Notul maka dalam 1 Jam barang akan dapat dikeluarkan setelah terbitnya SPPB 

Jika Anda berman import borongan maka istilah Redline/Redlight wajar saja Anda khawatir di pastikan pihak Jasa Import borongan tidak akan berani declare import barang atau membuat PIB serta melaksanakan kegiatan kepabeanan karena takut di dalam barang impor mereka ada barang larangan dan pmbatasan (LARTAS) yang izin impornya tidak bisa di urus

Jika mereka melaksanakan kegiatan impor barang atau memproses barang impor tersebut dan kedapatan oleh petugas bea dan cukai ada barang impor kena aturan LARTAS dan tidak punya izin maka seluruh barang impor rombongan mereka (biasanya terdiri dari berbagai pemilik barang) yang pembuatan dokumennya disatukan mulai dari AWB, Packing list dan Invoice tentu menjadi masalah dan seluruh barang untuk sementar akan ditahan

Jika barang impor borongan tertahan,tergantung dari pemain impor borongan mau mengurus atau tidak atau mereka urus barang yang bermasalah LARTAS tersebut untuk di TEGAH oleh bea cukai, selanjutnya barang yang tidak bermasalah akan dikeluarkan

Baca juga:Air Freight Import Cargo Nomination-Shanghai-China To Jakarta-Indonesia
Baca Juga:Air Freight Import Nominated II Cara Buat Manifest BC 1.1 Di Bea Cukai

Sudah jelas di sini perbedaan impor redline resmi dan impor redline borongan ?
Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo
Barang Berangkat dari Negara asal Shanghai China Ke Jakarta

Setelah harga di sepakati maka di pilihlah jas angkutan airfreight menggunakan Japn Airlines Cargo yang mempunyai harga yang lebih murah dengan pelayanan import airfreight dari Shanghai China - Jakarta indonesia

Memakai Jasa angkutan udara Japn Airlines Cargo dengan biaya Airfreight murah pasti berbeda harga dengan Jasa Import Airfreight direct dari Sanghai China Ke Jakarta Indonesia. Perbedaanya hanya masalah waktu 2 hari saja

Jika Anda memilih pesawat Airfreight cargo seperti Garuda Indonesia Cargo 1 days service barang tiba pada hari yang sama. Jika Anda memakai pesawat dengan biaya Airfreight murah seperti Japan Airline Cargo mereka kan memakai sistem transit dai Shanghai Ke Haneda Port Jepang dari Haneda Port Jepang Barang akan di kirim kembali ke Narita Port Jepang

Dari Port Narita Jepang muatan akan di naikkan dengan pesawat mereka untuk melanjutkan angkutan cargo Anda ke Port Cengkareng Jakarta Indonesia

Persiapan Proses Handling Import Airfreight CGK-Cengkareng

Pesawt tiba di Gudang Cargo Bandara Cengkareng Soetta selanjutnya tugas perusahaan Japan Airlines Cargo akan memberitahukan Notice Arival (NOA) untuk kedatangan pesawat. Dalam NOA tersebut juga sudah diberitahukan nama gudang serta manifest cargo BC 1.1

Dari data manifest cargo BC 1.1 tersebut maka segera dibuatkan draft Pemberitahuan impor barang PIB,selanjutnya di kirim ke pemilik barang import untuk di setujui atau untuk di koreksi jika ada yang tidak sesuai dengan dokumen impor pemilik barang

Apa saja langkah untuk pelaksanaan import barang Airfreight di port udara CGK Soetta-Jakarta ?

Perusahaan jasa undername import Indent/Q.Q Import undername akan menyiapkan data dan dokumen serta langkah kerja sebagai beikut:

  1. Mengambil Delivery Order Ke Agent Penerbangan Japan Airlines Cargo dengan membawa Surat Kuasa Pengambilan D/O Udara
  2. Membuat Perjanjian Indentor Antara Perusahaan Jasa Undername Import dan Pemilik barang di sertai meminta Copy NPWP Pribadi
  3. Periksa draft Pemberitahuan Impor Barang (PIB)
  4. Membuat Surat Kuasa Kepabeanan untuk PPJK 
  5. Mentransfr data PIB-Pemberitahuan Impor Barang
  6. Mendapat E-Billing selanjutnya di kirim Ke pemilik barang impor untuk membayar pajak impor sesuai e-billing tersebut langsung ke rekening MPN negara
  7. Menunggu respond, Jika dapat Jalur Hijau akan segera trbit SPPB,Jika dapat Jalur Kuning maka dokumen kan diserahkan ke pendok bea dan cukai untuk mendapat SPPB/Notul dalam waktu 3X24 Jam dan Jika dapat Jalur Merah , maka barang akan di periksa setelah diperiksa menunggu 3 X  24 Jam untuk mendapat SPPB/Notul, Jika dapat SPPB barang di keluarkan untuk perbedaan jalur ini Anda silahkan baca artikel dengan judul  

Khusu untuk impor barang udara dalam pembuatan PIB ada 2 (Dua) alternatif penentuan untuk membuat dokumen impor FOB/FCA menjadi CIF dan Cara Menghitung Freight Cost Untuk Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor untuk menghemat biaya pajak impor
Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo
Bagaimana cara menghitung bea masuk<PPN,PPH dengan freight cost airfreight import ?

Dalam membuat Pemberitahuan Impor Barang Udara maka patokan terbaik yang di ambil untuk menetukan niali freight cost adalah :

  1. Melalui nominal angka dalam M-AWB- (Master Airwaybill) yaitu angka TACT rate tarif IATA adanya di sebelah kiri bawah MAWB Anda misal tertulis 11201,82 RMB jika MAWb And berasal dari impor barang dari China maka pihk PPJK akan meng-conversi rate tersebut kedalam mata uang USD jika invoice barang impor Anda dalam MATA Uang USD,Selanjutnya akan dapat nilai CNF dan Kemudian PPJK akan memasukkan asuransi sesuai mekanisme modul internet dari PPJK
  2. Dalam MAWB terkadang tertulis As arranged, Artinya Nilai/Biaya angutan TACT rate tidak Ada maka pihak PPJK akan mengalikan langsung melalui sistem Modul Internet PDE merak 10 % X Nilai Invoice dan akan di dapatkan PIB dalam bentuk CNF, Namun Anda bisa membuat langkah lain yaitu input data freight cost as arrange sesuai nilai pembayaran freight dengan memperlihatkan bukti bayar freight ke forwarder agent atau ke supplier di china sebsara angka sebenar benarnya Anda membayar biaya Air freight cost yang di bayarkan kepada Supplier yang pada akhirnya di bayar kembali ke perusahaan Jasa freight forwarder di China
  3. Melalu H-AWB, dalam pengiriman ada pemakaian M-AWB dan HAWB dan biasanya nilai akan berbeda. Jika Anda memasukkan data freight cost dalam HAWB maka data tersebut bisa di Jadikan patokan untuk memasukkan cost freight ke dalam PIB selanjutnya jika ada permintaan INP/DNP untuk freight cost Pemilik barang/Impoti tinggal memberikan Invoice dari Freight Forwarder sebagai lampiran untuk INP/DNP Ke Bea dan cukai di Cengkareg

Baca juga:Air Asia Cargo Agent Air Freight Carrier Export-Import Indonesia

Keuntungan dan Kerugian Memakai Jasa Angkutan Air Freight Import
Dalam setiap pengiriman barang import atau ekspor, pelaku bisnis tersebut tentu akan menghitung berapa biaya transportasi antar negara yang harus dikeluarkan.Sebagai pebisnis yang handal biaya logistik/logistics menjadi fakto penentu agar penjualan barang mereka mempunyai harga jual yang murah dan dapat di jangkau oleh pelanggan mereka

Keuntungan memakai Jasa pengiriman udara adalah:
1.Waktu pengiriman lebih cepat dari pada mengirim cargo melalui Sea freight

2.Jika cargo di bawah 200 kg gross wight yaitu berat dimensi dan berat barang lebih kurang sama maka biaya pengiriman melalui jasa Airfreight sangat murah,Namun Jika kubikasi barang lebih besar dari pada gross weight barang sebenarnya ( Umpama packaging lebih besar dari barang untuk safety barang) maka sebaiknya menempuh alternatif kirim barang memakai Jas Import LCL seafreight atau melalui pengiriman FCL 20 Feet atau 40 Feet by sea freight

3.Untuk pengiriman barang urgent seperti barang barang spare part pabrik yang rusak serta barang barang import yang dibutuhkan segera untuk keadaan mendesak Angkutan udara bisa di andalkan

4.Biaya Jasa angkutan udara semakin berat barng yang i kirim maka semakin murah harga angkutan udara setiap kilonya

5.Pengurusan Handling import lebih mudah karena jika terjadi pemeriksaan barang impor, memasuk kan dokumen impor,mencari dan meminta petugas memeriksa barang impor serta faktor lainnya menjadi lebih mudah karena semua berada dalam satu area gudang cargo import di bandara

6.Mengambil D/O udara ke pihak agent penerbangan lebih mudah jika memakai direct MAWB sebab berada dalam satu area di gudang cargo udara CGK Seetta

7.Serta Faktor lain berdasarkan pertimbangan importir/pemilik barang impor tersebut sehingga barang di putuskan pengiimannya via airfreight services

Kerugian memakai Jasa pengiriman udara adalah:
1.Jika cargo udara yang dikirim mempunyai Volume besar serta berat barang kecil maka Angkutan udara bukan pilihan terbaik untuk hemat cost pengiriman barag impor

2.Sewa Gudang yang mahal, biaya sewa gudang di rata rata gudang cargo indonesia sangat mahal dengan hitungan multi level sesuai masa, yaitu masa I,Masa II,Masa III dan setiap masa akan naik jka barang impor udara tidak cepat dikeluarkan dari gudang cargo udara maka dipastikan akan merugikan importir itu sendiri

3.Serta kekurangan lain yang di rasa oleh pemilik barang impor,Jika barang impor besar dan berat serta wajib di kirim melalui airfreight/udara berdasarkan tengat waktu yang di minta pelanggan dari importir itu sendiri

Demikian artikel Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo saya tutup sampai di sini

Semoga bermanfaat buat para pembaca, Untuk ertanyaan , saran dan pendapat silahkan isi kolom komentar, Komentar Anda akan sangat di hargai

Salam sukses bat Anda semua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jasa Undername Import-Jasa Import Airfreight-Free Carrier (FCA) Shanghai-China Ke Jakarta # Japan Airlines Cargo"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan