Table of Contents
Ketingalan Pesawat dan Barang Tertukar di Bagasi Pesawat ini terjadi saat saya ada pekerjaan dari mitra saya di Shanghai China yang di Export dari Shanghai China Ke Pelabuhan Kariangau Balik Papan Kalimantan Timur . Kebetulan rekan saya di shanghai tersebut memakai jasa undername import sistem q.q indent impor sebab pemilik barang tersebut tidak punya import license

Lihat Juga:Tarif Lion Parcel Bekasi Door To Door Kirim Paket/Dokumen/CarGO Door To Door
Jasa Import Barang Dari China Ke Balikpapan Kalimantan

Karena yang memberikan pekerjaan ini adalah teman lama saya di mana, Saya sudah kerjasama dengan perusahaan rekan saya di shanghai tersebut selama hampir 9 tahunan sejak saya bekerja di perusahaan International freight forwarder

Telah banyak sekali pekerjaan cargo yang diberikan oleh rekan saya ini untuk kirim barang dari china ke jakarta berupa :Nomination shipment yang pekerjaannya adalah memasukkan manifest dan dapat bayaran berupa agency fee dari consignee) . Project cargo by air freight and sea freight,Import Cargo Door Toor resmi via air freight shipment atu via sea freight shipment dari shanghai, Hong kong,Qingdao Guangzhou,Shenzen,Yiwu dan pelabuhan lain di negara tersebut menuju ke Jakarta Surabaya Pulau bali  dan sekarang ke balikpapan serta banyak lagi pekerjaan lainnya yang terlalu panjang saya sebutkan di sini

Pengiriman barang ini dari shanghai ke balikpapan kalimantan timur  door to door shipment by sea freight menggunakan container 20 feet dengan commodity control panel serta forklift

Sebetulnya saya tidak mau berangkat ke balikpapan untuk handle shipment import ini, tidak mau berankat disebabkan saya sudah punya rekan kerja perusahaan PPJK yang siap handle barang import ini di pelabuhan kariangau balikpapan dan hal ini saya sampaikan ke mitra saya bahwa saya punya partner lokal di kota balikpapan

Terjadi dialog dengan mitra saya yang dari shanghai tersebut via WeCat

"HI ferry, I want you go to balikpapan  , please handle my shipment and customs clearance there"

Ribet juga pakai bahasa inggris, saya pakai bahasa indonesia deh... memudahkan saya meulis dalam artikel ini

Saya jawab (Dalam bahasa Inggris) yang dalam bahasa kita seperti ini

Jawabn saya "Ya saya mau berangkkat ke balikpapan namun kamu mengetahui bahwa saya harus terbang ke balikpapan dan itu akan makan biaya untuk naik pesawat dan nginap di hotel"

Singkat cerita dari pembicaraan melalui Wechat tersebut bahwa dia berikan biaya nginap di hotel dan ongkos naik pesawat terbang dari Jakarta Ke Balikpapan pulang pergi

Final jawban rekan saya di Shanghai tersebut adalah

"Saya berikan biaya untuk tiket pesawat dan nginap di hotel sebesar USD 1.000"

Alhamdulillah ,,,,Wow .. jrengg jrengg Luar biasa

Perasaan senanggg sekali, bisa jalan melihat daerah kota kalimantan di kalimantan timur,tanpa mengeluarkan uang dari kantong satu rupiahpun
Biaya akomodasi tiket pesawat dan nginap di hotel tersebut saya terima tanpa memotong harga jasa handling, jasa sewa undername import dan biaya lainnya dalam proses handling pengeluaran barang import di balikpapan

Dengan semangat, seperti seperti bunga suyok yang aneka warna saya siap siap berangkat ke balikpapan

Lihat Juga:Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Bersama My Indo Airlines Cargo
PPJK Di BalikPapan Kalimantan

Agar tidak menyinggung perasaan mitra kerja saya di balikpapan saya sampaikan bahwa saya berangkat hanya sekedar melihat cargo saja dan tidak akan ikut campur urusan mereka melakukan proses handling dan customs clearance mereka di pelabuhan kariangau. Buat saya pribadi hal itu wajib dilakukan untuk menjaga etika bekerja sama dan menghargai perasaan mereka sebagai pihak yang diberi kepercayaan oleh saya untuk melaksanakan pekerjaan handling cargo import yang telah saya percayakan kepada perusahaan mereka sebagai PPJK di kalimantan

Saya sampaikan bahwa saya berangkat ke sana atas permitaan sahabat saya dari shanghai meminta saya hadir di sana untuk melihat cargo tiba di warehouse real consignee

Mitra saya di Balikpapan wellcome dan maklum dengang hal seperti itu

Sebelum saya berangkat saya tracking kapal tiba di pelabuhan kariangau balikpapan dalam website pelayaran dan terlihat estimasi tiba tanggal 7 cargo

Saya putuskan cari tiket,searching di google beberapa penyedia ticket online seperti:
  • Traveloka
  • Nustrip
  • Tiket.com
  • Pegipegi.com
  • Serta penyedia ticket online lainnya
  • Atau bisa juga cari perbandingan harga di tripadvisor.com
Dari salah penyedia tiket online, saya putuskan memilih booking tiket di salah satu penyedia yang di sebutkan di atas. Pesawat penerbangan yang dmenuju ke balikpapan sangat banyak sekali pilihan di portal mereka dengan harga beragam

Nama Nama Pesawat Ke BalikPapan Kalimantan

Pesawat yang melayani rute dari jakarta ke balikpapan antara lain :
  • AirAsia Airlines
  • Lion Air
  • Batik Air
  • City Link
  • Sriwijaya Air
  • Garuda Indonesia
  • Dan Multi maskapai penerbangan lainnya
Keputusan booiking ticket pakai maskapai Batik Air (Pengen nyoba) hehe

Pesawat berangkat agak siang hari dan rencananya tiba di balikpapan sore waktu setempat sekitar jam 05 WIT waktu kalimantan (Perbedaan waktu sekitar 1 jam antara jakarta dan kaliman tan).Menempuh 2 jam perjalanan lebih kurang dan akhirnya tiba di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaimania. Balikpapan

Setiba di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaimania,sembari menunggu taksi untuk ke pusat kota saya cek harga hotel di beberapa situs booking,hotel, untuk cek harga  hotel murah di
  • Agoda.com
  • Pegipegi.com
  • Boking.com
  • Traveloka.com
  • Nusatrip.com
  • Serta Situs,Boking hotel lainnya
Saya putuskan menginap di salah satu hotel yang ada di pusat kota, dari bandara ke pusat kota kena biaya taksi sekitar Rp. 70.000,- ( Tujuh pulu ribu rupiah). Karena sopir taksi yang saya tumpangi sudah mengetahui alamat hotel tersebut sekitar 15 menit dalam perjalanan sudah tiba di hotel yang    dituju.di daerah jalan sudirman balikpapan

Datang ke resepsionis hotel, ambil kunci dan istirahat untuk melanjutkan aktifitas ke esokan hari.Pagi bangun dan tracking cargo di website pelayaran, karena masih tidak ada pergerakan dari hasil tracking saya telepon customer service pelayaran menanyakan kedatangan kapal.
 Di suruh menelpon 1 jam berikutnya.

Setelah saya rasa cukup satu jam telpon kembali dan nada telpon customer service sibuk, beberapa kali saya coba lagi masih sibuk, diam sementara waktu. Sore hari sekitar jam 03 WIT saya di telpon oleh customer service pelayaran tersebut bahwa kapal delay sebab harus transit di pelabuhan makassar untuk bongkar barang dan baru akan masuk di pelabuhan kariangau tanggal 17.

Baca Juga:Lion Parcel Bekasi Door To Door Service-Jasa Pengiriman Barang-Paket Dan Dokumen Ke Seluruh Indonesia
Tertunda Berangkat Ke Balikpapan

Hampir 9 hari delay dari schedule yang mereka sampaikan. Saya trcking kembali portal mereka dan baru muncul arrival port balikpapan tanggal 17 . Saya beritahu mitra PPJK saya dan temen saya di shanghai bahwa kapal delay.

Dari pada lama lama di balikpapan putuskan saja pulang dulu ke jakarta. dari bandara Sultan Aji Muhammad Sulaimania naik pesawat lion air dan mendarat di bandara cengkareng sekitar jam 11.00 Wib ambil tas di bagasi dan tunggu bis damri

Naik Bis Damri dari bandara cengkareng menuju terminal bis rawamangun, begitu turun untuk naik gojek onlin ke arah rumah saya periksa tas dan Boommm.....boommmmm ini mah bukan tas punya saya. Rupanya saya salah ambil tas. Segera saya telpon kantor lion air ke bagian claim bagasi dan mereka suruh menunggu sedang diperiksa oleh petugas operasional lion air

Sembari menunggu saya putuskan saja pulang ke rumah dan sampai di rumah jarak 10 menit ada suara dering telpon dari dalam tas yang bukan milik saya. Sempat ragu membukanya, namun di saksikan anak dan istri saya, HP dari dalam tas tersebut saya ambil dan saya angkat

Alhamdulillah rupanya si pemilik tas yang telpon saya dan tas saya ada di tangan dia. Sepakat janjian dia datang ke rumah saya untuk ambil tas milik dia dan kembalikan tas saya.Tas saya kembali dan beliau minta di periksa namun tidak saya lakukan karena saya yakin bahwa dia seorang yang sangat baik dan jujur.

Penasaran saya tanya tahu dari mana nomor HP saya dan disampaikan bahwa dia mengetahui setelah bertanya le customer service bagasi claim

Tas saya kembali dan bersyukur masih banyak orag yang baik dan jujur.

Saya lanjutkan mengurus pekerjaan yang lain sembari menunggu kapal sandar di pelabuhan kariangau balikpapan rencana akan tiba tanggal 17 sesuai schedule di tracking cargo pelayaran

Tidak mau kejadian 2 kali saya minta kepastian dan tanggal 16 saya di kirimkan Notice Arrival Untuk kedatangan kapal di pelabuhan kariangau. Saya hubungi rekan PPJK di balikpapan agar tanggal 17 tersebut dokumen di transfer. Setelah dokumen di transfer saya bayar pajak melalui ATM
Pajak selesai di bayar keluar status PJM (Pemeriksaan Jalur Merah). Karena Status Jalur Merah tersebut saya undur berangkat sekitar 3 hari berikutnya

Saya tunda berangkat 3 hari agar bisa memberikan ruang gerak kepada PPJK yang tersebut leluasa bekerja tanpa merasa di awasi

Lihat Juga:My Indo Air Freight Carrier Cargo Export And Import Indonesia
Pemriksaan Barang Import Oleh Bea Da Cukai Balikpapan

Barang selesai di periksa oleh petugas bea dan cukai pelabuhan kariangau dan kena permintaan DNP (Deklarasi Nilai Pabean). Setelah dokumen diserahkan timbul notul pajak dan segera saya bayar. tidak lama setelah itu muncul SPPB-Surat perintah pengeluaran barang

Setelah SPPB keluar saya putuskan berangkat ke balikpapan untuk melihat cargo delivery ke gudang consignee sekalian memenuhi janji kepada teman saya yang di shanghai saya akan kembali ke balikpapan untuk melihat dan periksa barang begitu sampai di gudang consignee
Berangkat untuk yang ke dua kalinya pengen naik maskapai Garuda Indonesia. Cek harga ticket online dan berangkat sesuai schedule yaitu jam 05.00 Wib.Pagi pagi jam saya bangun jam 03.00 Wib dokumen siapkan dan saya booking taxi online. Taxi online yang di pesan rupanya telat datang sekitar 20 menit semenjak di booking

Karena keterlambatan itu perasaan udah nggak enak nih sobat

Ini bakal nggak beres dan dalam perjalanan menuju bandara cengkareng soekarno hatta pikiran dan hati sudah was was. Benar saja begitu sampai di terminal keberangkatan domestik pesawat sudah berangkat atas informasi customer service Garuda Indonesia

Upsss...Benar saja saya ketinggalan pesawat

Ini masalah yang harus saya atasi karena ketinggalan pesawat yang akan membawa saya ke balikpapan dan harus tiba hari itu juga karena barang mau di delivery ke gudang pemilik barang

Sempat keder juga ketinggalan pesawat ini.

Saya tenangkan diri dan hubungi kembali customer service bagian tiket. dua alternatif diberikan
  1. Re-booking tiket online garuda indoneisa yang akan mereka tangani langsung dari counter,saat itu juga sekitar 60 menit berikutnya ada pesawat garuda indonesia yang akan berangkat dari bandara cengkareng menuju balikpapan
  2. Refund kembali ticket tapi kena potong hampir 70 % dari harga yang tertera
Saya ambil opsi pertama harus re-booking karena saya sudah janji akan tiba di balikpapan dan saya hubungi customer service garuda dan menayakan bagaimana cara re-booking kembali dan di jelaskan oleh pihak garuda indonesia sebagai berikut
  1. Minta di kembalikan tiket awal saat booking
  2. Serahkan KTP untuk cek nama sesuai KTP di dalam ticket
  3. Setelah nama cocok, customer service garuda re-booking ticket online
  4. Tiket muncul dan di print out
  5. Pembayaran di lakukan secara tunai
  6. Saya minta sekalian di check in online garuda boarding pass
  7. Selesai
Tiket diserahkan dan satu jam berikutnya penumpang di suruh naik ke dalam pesawat garuda indonesia. Menempuh jarak 2 jam perjalanan akhirnya saya tiba di balik papan dan langsung berangkat ke pelabuhan kariangau memakai ojek pangklan yang sudah saya kenal sebelumnya

Baca Juga:Jasa Air Freight Service Jakarta To Bandar Seri Begawan Istana Kerajaan Brunei Darrusalam Via Royal Brunei Cargo
Ketinggalan Pesawat dan Barang Tertukar di Bagasi Pesawat
Melihat Prosses Import Barang Container 20 Feet Ex-Shanghai Di Kariangau Port-Balikpapan

Tiba di pelabuhan kariangau balikpapan saya cek dan foto container sebelum di delivery oelh pihak trucking PPJK yang handling barang tersebut. Tidak lama container di angkat pakai tanggo dan di muat ke atas trailer

Saya telpon pemilik barang bahwa cargo sudah di delivery ke arah gudang mereka dan minta di siapkan buruh untuk bongkar muat. Saya berangkat menuju gudang pemilik barang menunggu mobil tiba di gudang pemilik barang

Trucking samppai di gudang pemilik sekitar jam 08.00 WIT dan barang langsung di bongkar saat itu juga karena memang akan segera di pakai

Selesai bongkar muatan

Pulang ke hotel untuk istirahat dan kembali ke jakarta ke esokan harinya

Pagi hari saya booking kembali ticket online dan dalam perjalan pulang dari balikpapan ke jakarta saya pilih naik Citylink yang menuju ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Saya pilih bandara ini karena sangat dekat pulang ke rumah.

Dua jam dalam perjalanan berangkat dari bandara check in online garuda saya sudah tiba di bandara Bandara Halim Perdana Kusuma

Naik Go-Jek Online dari Bandara halim 15 Menit berikutnya sudah sampai di rumah

Seampai di rumah istirahat dan tiba tiba 15 meit berikutnya saya di telpon oleh pemilik barang yang dari balikpapan

Haalo mas dan Saya jawab iya bu ada apa ?

Saya udah transfer ke rekening mas uang ganti tiket dan biaya nginap di hotel untuk ganti uang mas yang datang saat kapal tiba

Alhamdulillah

Rezeki datang dari arah yang tidak di sangka

Saya datang ke ATM dan lihat rekening tabungan saya sudah bertambah kembali

Selesai

Salam sukses buat anda semua