Contoh surat untuk claim asuransi impor

Table of Contents
Contoh surat untuk claim asurani barang import yang rusak di dalam perjalanan dari negara asal (jepang) ke gudang impor tir di negara tujuan (Cikarang Indonesia) yang menggunakan asuransi import luar negeri

Asuransi Impor Barang
Claim asuransi untuk import barang bisa di lakukan oleh importir yang mempunyai asuransi barang pra shipment dengan Incoterm import CIF ( Cost insurance and freight) untuk istilah incoterm Anda bisa baca di SINI

Lihat Juga: Contoh Surat Undername Import Indentor (Update)
Contoh surat untuk claim asuransi impor
Contoh Asuransi Impor
Prosedur Claim Asuransi Import

Proses clain asuransi import yang dilakukan oleh perusahan importir di indonesia untuk barang ynag rusak setelah tiba di gudang importir di lakukan karena berbagai macam masalah yang tibul saat barang selesai di proses customs clearance import da saat barang di keluarkan dari dalam containre

Pada kasus claim asuransi barang import yang saya alami saat melaksanakan pekerjaan sebagai perusahaan Jasa Sewa Undername Import,Handling Charge,Customs Clearance terjadi kerusakan di dalam mesin mesin import yang baru di datangkan dari luar negeri. Mesin baru yang di impor dari jepang menggunakan form IJEPA (Untuk mendapat keringanan Bea Masuk) tersebut berkarat saat di buka dan pembeli barang mesin import baru tidak mau menerima mesin tersebut

Lihat Juga:Jasa Undername Import-Export Dan Freight Forwarder
Contoh surat untuk claim asuransi impor
Contoh surat untuk claim asuransi impor 
Proses Claim Asuransi Import Barang Rusak Kepada Pihak Asuransi

Mesin baru yang di import dari jepang dan kedapatan dalam kondisi berkarat karena faktor cuaca (Suhu terlalu tinggi di dalam container) di sertai kelembapan mengakibatkan mesin tersebut berkarat bukan karena tidak di sengaja oleh supplier dari negara asal

Karena tidak sesuai dengan perjanjian yang di buat dengan perusahaan importir (pemilik barang) yang melakukan import barang Prosedur Impor Resmi With Perusahan Jasa Sewa Undername Impor dengan sistem import indentor/ Q.Q Import Indent maka buyer yang membeli mesin tersebut tidak dapat menerimanya dan pihak trading supplier tersebut akhirnya melakukan import mesin baru dengan jenis,merk dan type yag sama dari pabrik mereka di jepang

Mesin baru yang di pesan ulang telah di siapkan dan siap di kirim dari jepang dan secara bersamaan dilakukan proses untuk claim asuransi. Proses melakukan claim asuransi utuk barang import juga tidak terlalu sulit jika dokumen import yang kita milik lengkap dan benar serta melewati prosedur customs clearance yang benar di bea dan cukai

Lihat Juga:Belajar Cara Import Barang Dari China:Contoh Packing List-Commercial Invoice-Bill Of Lading-Form Fasilitas Import
Contoh surat untuk claim asuransi impor
Contoh surat untuk claim asuransi impor 
Apa saja dokumen untuk melakukan Claim Asuransi Barang Import Yang Rusak

Dokumen yang di butuhkan untuk melakukan claim asuransi barang import yang rusak saat barang tiba di gudang milik importir setelah di laksanakan proses customs clearance resmi di indonesia antara lain
  • Foto Barag/Mesin yang rusak dari berbagai sisi atas permintaan perusahaan asuransi import
  • Copy Dokumen Bill Of Lading
  • Copy Dokumen Packing List 
  • Copy Dokumen invoice barang
  • Copy Form IJEPA
  • Copy Dokumen Pemberitahuan Import Barang
  • Copy Surat Indentor Import (Karena memakai Jasa Sewa Undername Import)
  • Copy Bukti Bayar Pajak
  • Copy Pembayaran Sewa Gudang/penumpukan gerakan bahandle
  • Surat Permohonan Claim Notice Insurer (Pemberitahuan Claim Untuk Asuransi)
  • Statement letter from shipper
  • Serta surat pendukung lainnya 
Setelah semua dokumen claim notice insurer di lengkapi, pihak perusahaan jasa asuransi import akan segera inspeksi barang tersebut,di periksa ,di teliti seluruh kerusakan barang yang ada dan untuk sementara barang tersebut tidak boleh di ganggu oleh siapapu sekalipun oleh importir/buyer sebagai pemebeli barang import berupa mesin  baru tersebut

Inspeksi Fisik Barang Oleh Analis Asuransi Impor

Setelah barang import yang rusak/berkarat di inspeksi oleh petugas asuransi import mesin baru ,proses dokumentasi claim asuransi di proses lebih lanjut dan memakan waktu 3-4 minggu sesuai ketentuan perusahaan Asuransi barang import yang di gunakan jasanya

Proses claim asuransi dan administrasi lengkap pihak asuransi segera melakukan negosiasi untuk penggantian barang tersebut.Proses teliti dokumen claim insurer di setujui maka pihak asuransi segera memberi ganti rugi untuk biaya yang timbul Tergantung jenis Asuransi,All risk atau auransi total loss atau jenis asuransi lainnya)

Demikian Artikel Contoh surat untuk claim asuransi impor saya tutup smpai di sini,Semoga bermanfaat bagi Anda semua

Semoga Anda sukses selalu

Edit by : Indonesia Undername Import-Export Blog Jakarta
Diperbaharui: 27 Februari 2020
Kop surat perusahaan yang impor barang
CLAIM NOTE
Marine Cargo Policy
Dear Sirs,(Insurer)
We send you herewith our claim note for the under-mentioned with the request that you will kind enough to make settlement of the claim at earliest date.
Insurance Policy No.: NOMOR ASURANSI2015-02
Cargo Description : XXXXXXXXXXXXXXXXXX
Quantity : 1 EACH
Condition : DAMAGE
Insured Amount : SGD 232.650
Kind of Damage :
Detail Claim Calculation: SGD 232.650
Please remit the payment to
Bank : XXXXX-CCCCCC-XXXXX
Acc No : 8.XXXX.XXXXX Jakarta,XX-XXX=XXXXX 2016
Address : KCU Jl.A.Yani No,51
Sumatera Barat Yours Faithfully
Beneficiary : CENAIDJA
Currency : USD Tanda tangan dan stempel NAma XXXXXXXXXXXXXX
Kop surat perusahaan yang claim barang impor rusak untuk pelayaran

Kop surat perusahaan yang impor

Our Ref. No:
Messr:
PT.XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
Alamat XXXXXXXXXXXXXXX
JAKARTA PUSAT 10610. INDONESIA
Phone : (+6221)XXXXXXXXXXX
Fax : (+6221) XXXXXXXXXXX
Attn. Mr.Import Department

NOTICE OF CLAIM
Dear Sir,
We inform you that the following shipment arrived at our premises with loss and/or damage, for which we reserve all our right to file a claim for compensation with you. When particulars are ascertained, our formal claim will follow and in the meantime please acknowledge this notice in writing.

Yours faithfully,
Jakarta XX-XXX-XXXX

Nama XXXXXXXXXXXXXXXno
Sebutkan detail kapal dan jenis kerusakan
Remarks:
1.Name of Conveyance : KOTA WISATA V.352
2.Voyage : SINGAPORE-JAKARTA
3.Arrival Date : 13 FEBUARY 2015.
4.Bill of Lading No. : XXXXXXXXXXX.
5.Description & Quantity of shipment : XXXXXXXXXXXXXX
6.Nature of Claim : RUST.

3.Jika penerimaan uang claim di berikan kepada pihak lain seumpama perusahaan memakai jasa undername impor

POWER OF ATTORNEY
KNOW ALL MEN BY THESE PRESENTS, That, I/We CV. Prima Jaya Niaga make constitute and appoint PT. Takumi Assist International for my/ourself, giving and granting unto said company/person full power and authority to file, and receive payments for settlement of the claim for damage and loss incurred to us, pertaining to the under mentioned shipment.
Policy No.: SH-CGO-000158-00000-2015-02 B/L No. : XXXXXXXXXXX138554
Consignment : XXXXXXXXXXXXXXXX Nama Barang
Vessel : XXXXXXXXXXX Voy. No. : V.WST351
Shipment From : SINGAPORE To : JAKARTA
Sailing date : 12 FEBRUARY 2016 Delivery date : 25 MARCH 2015
Nature of Loss : RUSH
Claim amount : SGD 232,650

Jakarta , XXXXXXXXXXXXXXXXX

.......…………………………………
(Signature, company’s name & seal)


Semoga bermanfaat

Post a Comment