Contoh surat API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB )

Contoh surat API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB )
  Contoh surat API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB )
Artikel ini saya update karena beberapa teman pembaca blog yang menanyakan perubahan buat API-U/P dengan nama baru yaitu Nomor Induk Berusaha - NIB 

 NIB-Nomor Induk Berusaha juga berlaku untuk kegiatan export-import perusahaan di bea dan cukai 

Dengan berlakunya peraturan baru pemerintah di bulan July 2018 untuk membuat SIUP,TDP  API-U/P dan nomor akses kepabaeanan cukup dengan memakai Nomor Induk Berusaha - NIB yang  di buat melalui website kemenko www.oss.go.id

Sederhananya saja.saya berikan contoh surat perubahan API-U/P yang terbit dan dibuat secara online melalui melalui website  OSS (https://oss.go.id )

Angka Pengenal Importir (API) merupakan identitas tunggal bagi para importir dan dalam peraturan di buat dan di perbaharui dengan nama Nomor Induk Berusaha - NIB

Kalau kita amati dan perhatikan dan dibaca adalah untuk melancarkan arus pembuatan izin import dan export barang tanpa birokrasi yang berbelit belit

dan dalam proses pembuatan API-U/P di akun OSS-Republik Indonesia ter sebut tetap ada dan terbit , anda hanya perlu teliti mengisi data pada menu menu dalam dashboard akun NIB Nomor Induk Berusaha perusahaan anda dengan teliti dan cermat dengan sangat cepat sekali izin tersebut akan keluar dalama htiungan sekiat 10 menit saja

Contoh surat API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB )
Contoh surat API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB ) 
Sesuai pengalaman saya buat NIB Nomor Induk Berusaha dari bulan july 2018 hing ga hari ini dalam membuat API-U/P tetap jadi dua kelompok bagian di dalam menunya 

API-U/P yang terbit melalui NIB tersebut , dikeluarkan oleh badan yang berwenang seperti Kemenko  atau KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA

Pelaksanaan pembuatan izin export dan import di sini sangat mudah dan cepat sekali karena sudah terintegrasi secara elektronik dengan kementerian terkait dan di namakan OSS - Online Single Submission untuk membuat izin usaha termasuk untuk kegiatan export dan import

Dua kelompok pembagian API di dalam akun OSS adalah

  1. API Umum (API-U)
  2. API Produsen (API-P)

Penyederhanaan tersebut diharapkan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha export dan import untuk bergerak dalam sektor riil.
  1. API-U :adalah untuk pelaku usaha yang mengimpor barang dan bertujuan untuk memperda gangkan produk dan barang barang perusahaannya lansung ke konsumen,
  2. API-P :adalah untuk mengimpor bahan baku dan dilarang untuk memperdagangkan produk yang diimpor.dan ditegaskan serta tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/9/2015 tentang Angka Pengenal Importir
Beberapa pokok kemudahan serta perubahan peraturan yang tertuang dalam aturan terbaru tersebut
  1. Tetap tidak ada section HS Code pada API-U dimana dengan aturan sebelumnya section atau bagian/BAB masih diberlakukan jika importir mau melakukan impor lebih dari satu bagian atau section harus melampirkan surat keterangan bukti hubungan istimewa yang dikeluarkan dan di sahkan oleh perwakilan Indonesia dari negara asal impor dilakukan.
  2. API-P dapat mengimpor barang untuk dipakai sendiri sebagai barang modal,bahan baku, dan atau bahan untuk mendukung proses produksi untuk importir produsen tersebut , 
  3. Pada peraturan sebelumnya API-P bisa melakukan impor dan dapat mengimpor barang industri tertentu yang diperlukan untuk kepentingan usaha mereka serta investasi. Barang tersebut dapat diperdagangkan atau dipindah tangankan dengan tujuan tes pasar dan sebagai barang komplementer.
Untuk update API-U/P melalui OSS ( Online Single Submission ) sangat mudah dan tidak di pungut biaya serta anda tidak perlu datang ke kantor Kemenko di lapangan banteng jakarta , cukup dari laptop atau Personal Commputer di meja kerja anda izin tersebut bisa di buat

Baca Juga  Untuk NIK yang di blokir karena update API-U/P

Bagi anda yang baru membuat ijin untuk usaha export dan import baru atau anda mau update API-U/P perusahaan anda maka cukup daftar ke www.oss.go.id. Pembuatan ijin mulai dari SIUP,TDP, API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB ) akses kepabenan yag baru melalui OSS di Kemenko wajib siapkan dokumen antara lain :
  • Akte Notaris atas nama perusahaan anda
  • NPWP atas nama perusahaan
  • KTP dan NPWP Pribadi Direksi yang ada dalam Akte
  • Surat Keterangan Domisili ( Optional)
  • Copy kartu BPJS= Badan penyelenggara jaminan sosial milik karyawan / KIS = Kartu Indonesia Sehat milik karyawan perusahaan ( jika ada segera daftarkan di menu) yang ada dalam akun OSS anda
Catatan untuk buat SIUP , TDP  daerah Jakarta anda bisa buat juga di website pemda DKI Jakarta di link :  https://jakevo.jakarta.go.id

-Buat panduan mengisi data NIB-Nomor Induk Berusaha anda bisa
Download di sini pedoman membuat Nomor Induk berusaha - NIB 

-Baca di link biru panduan membuat NIB-Nomor Induk Berusaha ,bagi anda yang mau melihat cara yang pernah saya lakukan di link biru Membuat NIB-Nomor Induk Berusaha

-Bagi t sobat yang ingin memperbaiki data NIB-Nomor Induk Berusaha ke Kantor Kemenko di lapangan banteng jakarta  Baca di link ini contoh surat buka username dan passwor akun Nomor Induk Berusaha

Apa saja yang saya dapat membuat izin Nomor Induk Berusaha secara online ini?

  1. NIB-Nomor Induk Berusaha - yang telah tercantum nomor API-U/P Perusahaan anda termasuk SIUP,TDP dan nomor akses kepabeanan di bea dan cukai
  2. BPJS Ketenagakerjaan 
  3. Notifikasi
  4. Izin Usaha
  5. Komitmen Prasarana Usaha
  6. Izin Komersial/Operasional
  7. Komitmen Komersial
  8. Izin Lokasi
  9. Izin Lingkugan

Contoh dokumen NIB-Nomor Induk Berusaha bisa anda klik di link biru

bauat anda yang ingin datang sendiri ke kantor OSS saya berikan detai alamatnya sebagai brikut : 
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian OSS Lounge - Gedung Ali Wardhana Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat - 10710Phone:021-3857595, 021-3857596, 021-21202020, 08071002576Email:satgasnasional@ekon.go.idWebsite:https://oss.go.id

Kesimpulan 
  1. Saat ini mebuat Nomor Induk Berusaha ( NIB ) untuk ,SIUP,TDP, API-U/P , Nomor akses kepabeanan melalui OSS sangatlah mudah dan akan menjadikan  identitas perusahaan anda lengkap
  2. Membuat NIB - Nomor Induk Berusaha  xxport dan import cukup melalui media OSS Republik Indonesias dan anda tidak harus mondar mandir mengurusnya
  3. SIUP dan TDP ,API-U/P ,dalam NIB- Nomor Induk Berusaha saat ini berlaku selamanya sesuai keputusan pemerintah saat ini
  4. Jangan abaikan surat elektronik yang masuk dari kementrian atau direktorat jendral bea dan cukai pada saat awal anda mendaftar membuat akun di suatu kementrian atau instansi terkait lainnya , karena akan membuat susah anda sendiri ke depannya dan hal ini banyak terjadi menganggap sepele email tersebut
  5. Kalau anda pemilik perusahaan usahakan mendaftarkan alamat email anda sendiri pada saat pendaftaran sebaiknya tidak memakai email karyawan anda karena sewaktu waktu mereka bisa lupa atau resign dari perusahaan anda
  6. Selalu periksa larangan dan pembatasan barang untuk ekspor dan impor barang melalui website resmi yang telah dibuat oleh pemerintah saat ini dan semuanya adalah buat kemudahan dan kebaikan plus kemajuan usaha anda agar terhindar dari ekonomi biaya tinggi
  7. Selalu memanfaat fasilitas import FORM D,FORM AK,FORM JIEPA dan fasilitas import lainnya yang diberikan pemerintah agar dagangan dan bisnis anda punya keuntungan lumayan berdasarkan ketentuan dari fasiliats tersebut
  8. Untuk setiap membuat surat , dokumentasi ekspor dan impor selalu teliti dan periksa agar anda tidak bolak balik mengurus surat di instansi pemerintah kecuali anda senang jalan jalan ..hehehehe
  9. Patuh dan bayar pajak ke negara karena dengan pajak negara ini akan maju dan terus berupaya mensejahterkan rakyatnya . Pajak yang anda bayar adalah buat anda dan masyarakat banyak
  10. Simpanlah dokumen penting perusahaan anda dengan baik
Semoga bisa bermanfaat

Good luck

Di update tanggal 15 Maret 2018
Di update kembali tanggal 15 Oktober 2018

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Contoh surat API-U/P Nomor Induk Berusaha ( NIB )"

  1. Dengan Mengutamakan pelayanan professional dan kepercayaan yang anda berikan kami siap membantu anda mengatasi segala permasalahan tentang Legal dokumen.

    Pengurusan Dokumen Lainnya : IMTA, KITAP, KITAS lansia/pensiun, Naturalisasi,PMA,
    PT, API, SKT/SKA, Ijin Tambang, dll.

    .::Proses Mudah, Cepat, Harga Nego::.

    Segera hubungi kami di
    Phone : (+62 31)- 9901-9835 atau +62 82-233-224-330
    WA : +62 81 355-623-253
    Email : legaldocumentexpert@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih wibawa sudah mampir di blog ini , semoga anda sukses

    ReplyDelete

Jangan spam, link aktif p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan