Prosedur Impor barang staff diplomatic dengan fasilitas dari kementrian luar negeri

Import procedure jakarta
Dok. Pribadi
Prosedur Import barang staff diplomatic dengan fasilitas dari kementrian luar negeri . Banyak staff diplomat yang bertugas di indonesia

Bagaimana barang barang milik pribadi mereka masuk ke indonesia ?

Jawabannya tentu saja proses customs clerance import harus di jalankan karena itu adalah wewenang dari pihak bea cukai menjaga kedaulatan wilayah negara kita .

Ada banyak perusahaan forwarder yang biasanya melakukan sistem importasi barang barang barang para staff diplomat ini melalui mekanisme one hand shipment . terkadang staff diplomat atau wakilnya yang mengurus tidak mau pusing karena kesibukan mereka bekerja.

Kita kupas sedikit dokumen pelengkap untuk proses importasi cargo para diplomat , karena ini adalah barang barang milik staff diplomat negara sahabat tentu mereka juga mengetahui bahwa harus menjalankan kewajiban menyiapkan dokumen dokumen untuk masuknya barang mereka kewilayah indonesia :

Persyaratan dokumen untuk porses importnya antara lain :
  • Nota permohonan izin importasi barang
  • Pengajuan formulir permohonan impor barang yang ditandangani oleh Kepala perwakilan/pejabat perwakilan yang berwenang menandatangani formulir permohonan impor.
  • M/BL - H/BL atau M-AWB/H-AWB telah diparaf dan distempel oleh pihak kedutaan.
  • Rekomendasi dari Kementerian Teknis terkait untuk barang-barang khusus. jika ada semisal mereka membawa binatang piaraan harus ada rekomendasi dari badan karantina – Kementerian Pertanian).
  • Copy atau original Packing lis/list inventory atau invoce no commercial value yang diparaf dan distempel pihak kedutaan
  • Copy Passport diplomatic yang bersangkutan.
  • Salinan paspor Kepala Perwakilan/pejabat yang berwenang.
  • Copy ticket pesawat dan nota kedatangan
Bbiasanya barang impor milik staff diplomatik tersebut tidak dipungut bea masuk alias mendapat Pembebasan Bea Masuk, Cukai dan PDRI

Apabila dokumen sudah lengkap dan jika prosesnya diserahkan kepada PPJK atau forwarder maka tentu harus ada tambahan dokumen :
  • Skep dari BC untuk PPJK
  • Surat Kuasa dan/atau Surat Tugas dari pemilik barang

Kalau pelaksana pihak PPJK import dan export , mereka akan input data untuk PIB dan dokumen akan segera diproses oleh pihak bea cukai sekitar 2-3 hari setelah proses barng tersebut segera akan mendapatkan SPPB dan yang bersangkutan tentu harus membayar biaya sewa gudang setelah itu barang bisa dikirim kealamat yang bersangkutan

Semoga bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prosedur Impor barang staff diplomatic dengan fasilitas dari kementrian luar negeri"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan