Contoh surat permohonan perubahan API-U/P sesuai permendag 70/2015

Ada beberapa teman atau sahabat saya yang menanyakan mengenai perubahan mengenai API-U/P untuk kegiatan export-import perusahaannya dengan berlakunya peraturan Permendag no 70/20115 Sederhananya saja

Angka Pengenal Importir (API) merupakan identitas tunggal bagi para importir dan dalam peraturan tersebut kalau diperhatikan dan dibaca adalah untuk melancarkan arus impor barang tanpa birokrasi yang berbelit belit

Contoh surat permohonan perubahan API-U/P sesuai  permendag 70/2015
Contoh surat permohonan perubahan API-U/P sesuai  permendag 70/2015
Sepengetahuan saya kemendag membagi API jadi dua kelompok bagian dan dibagipada dua bagian dikeluarkanoleh badan yang berwenang seperti BKPM,PTSP-Pleayanan terpadu satu pintu , dinas propinsi atau dimana domisili berkantor .Dua kelompok pembagian API adalah
1. API Umum (API-U)
2. API Produsen (API-P)

Penyederhanaan tersebut diharapkan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha export dan import untuk bergerak dalam sektor riil.
  1. API-U :adalah untuk pelaku usaha yang mengimpor barang dan bertujuan untuk memperda gangkan produk dan barang barang perusahaannya lansung ke konsumen,
  2. API-P :adalah untuk mengimpor bahan baku dan dilarang untuk memperdagangkan produk yang diimpor.dan ditegaskan serta tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/9/2015 tentang Angka Pengenal Importir
Beberapa pokok perubahan peraturan yang tertuang dalam aturan tersebut
  1. Tidak ada lagi section pada API-U dimana dengan aturan sebelumnya section atau bagian/BAB masih diberlakukan jika importir mau melakukan impor lebih dari satu bagian atau section harus melampirkan surat keterangan bukti hubungan istimewa yang dikeluarkan dan di sahkan oleh perwakilan Indonesia dari negara asal impor dilakukan.
  2. API-P hanya dapat mengimpor barang untuk dipakai sendiri sebagai barang modal,bahan baku, dan atau bahan untuk mendukung proses produksi untuk importir produsen tersebut , 
  3. Pada peraturan sebelumnya API-P bisa melakukan impor dan dapat mengimpor barang industri tertentu yang diperlukan untuk kepentingan usaha mereka serta investasi. Barang tersebut dapat diperdagangkan atau dipindah tangankan dengan tujuan tes pasar dan sebagai barang komplementer.
Permendag 70/2015 adalah Paket Deregulasi dan Debirokratisasi jilid I yang dikeluarkan pemerintah pada September 2015, Beberapa regulasi masih di godok oleh pemerintah.Dalam hal ini kita tidak mau terlalu jauh sekarang kewajiban tersebut harus dijalankan oleh pelaku usaha

Untuk update API-U/P melalui kantor/kantor disperindag/BKPM yang ada diwilayah masing masing. Dalam hal ini saya berikan contoh surat permohonannya yang saya ketik dan silahkan di copy, contoh di bawah silahkan di contohnya disini

Surat Permohonan API-U : Buat API-U Bandung Baru atau Update
Surat Permohonan API-P BKPMBuat API-P BKPM
Surat Permohonan Panduan Kelengkapan dokumen API-U DKIBuat API-U DKI Jakarta atau update

Baca Juga  Untuk NIK yang di blokir karena update API-U/P
  1. Buat surat permohonan API-U : Tidak di kop surat perusahaan hanya dikertas tanpa kop surat perusahaan
  2. Kelengkapan dokumen atau persyaratan ada keterangan dibawah
  3. Jika kurang jelas bisa download atau lihat di google : PERMENDAG : NOMOR 70/M-DAG/PER/9/2015
Untuk Pembuatan API-U/P Baru wajib menyiapkan dokumen antara lain :
  • Surat permohonan terlampir ( Contoh di atas)
  • Fotocopy Akta Notaris Pendirian Perusahaan dan perubahannya ( Sudah ada ) serta pengesahaan pendirian perusahaan dari kemenkumham
  • Fotocopy surat keterangan domisili kantor pusat perusahaan yang masih berlaku dari kantor kelurahan setempat atau fotokopi perjanjian sewa atau kontrak tempat berusaha;
  • Fotocopy  izin usaha di bidang perdagangan yang diterbitkan oleh Kepala Instansi Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal di Provinsi/Kabupaten/Kota, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh instansi/dinas teknis yang berwenang di bidang perdagangan;
  • Fotocopy  Tanda Daftar Perusahaan (TDP);
  • Fotocopy  Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan atau perseorangan dan Penanggung Jawab Perusahaan;
  •  Referensi dari Bank Devisa; Harus Asli
  • Fotocopy KTP atau Paspor penandatangan API yaitu Direksi dan kuasa Direksi; dan
  • Pas foto terakhir dengan latar belakang warna merah masing-masing Pengurus atau Direksi Perusahaan 2 (dua) lembar ukuran 3 x 4 cm.
Catatan :Untuk buat API-U Jakarta dan Bandung Jawa barat terdapat perbedaan penerapan untuk mengurus dokumen
  1. Untuk wilayah Jakarta dokumen asli perusahaan mulai dari Akte Perusahaan, Perubahan, Pengesahan , NPWP , sampai TDP  harus di perlihatkan aslinya kepada petugas front desk PTSP DKI Jakarta 
  2. Foto kantor tampak depan dengan nama perusahaan, foto dalam kantor, Foto ruang direksi
  3. Untuk wilayah Bnadung Jawa Barat , Asli dokumen perusahaan tidak perlu di bawa ke kantor dinas PTSP Bandung
Setelah melakukan perubahan atau perbaikan API-U/P anda segeralah lakukan adalah update data NIK ( Nomor Induk Kepabeanan) Direktorat Jendral Bea dan cukai dimana perusahaan anda pastinya punya akun di web tersebut. upload API-U/P yang sudah diperbaiki/revisi sesuai dengan keputusan menteri perdagangan dan untuk memperbaharui data NIK

Memperbaharui NIK ini sangat mudah mengingat website : beacukai.go.id , sangat bagus dan jika loading telat karena ramai uploadlah data pada saat website saat tidak sibuk atau malam hari. saya buat panduannya , semoga bermanfaat
BACA JUGA :  Surat Pernyataan dan isian data NIK BEA CUKAI
Sebetulnya saya ingin melengkapi cara membuat dan memproses NIK ekspor dan impor baik yang baru maupun buat yang update NIK di page ini sekalian . Tapi saya tidak lakukan karena artikel ini akan menjadi panjang dan akan buat anda bosan membaca dan mempraktekkannya 
Kalau anda mengurus perubahan API-U/P dan update NIK cepat juga akan membuat proses import dan export perusahaan anda lancar 
kalau menunda pengurusan perubahan data API-U/P serta NIK jika terlambat akan membuat barang barang import atau export anda tertahan di pelabuhan tg.priok tentu urusan export dan import perusahaan anda menjadi terganggu karena pasti tidak akan bisa transfer data ke bea cukai

Dan pendamping dari permendag 75/2015 adalah :
Peraturan menteri perdagangan nomor 87/m-dag/per/10/2015 bacalah dengan teliti dan jika ada barang barang anda terkena lartas bisa dilihat petunjuk dan pelaksanan importasi barang dari uraian peraturan tersebut

Kesimpulan 
  1. Saat ini mebuat API-U/P tidaklah terlalu susah yang terpenting identitas perusahaan anda lengkap
  2. Membuat NIK export dan import jauh lebih mudah lagi karena cukup melalui media online
  3. SIUP dan TDP saat ini berlaku selamanya sesuai keputusan pemerintah saat ini
  4. Jangan abaikan surat elektronik yang masuk dari kementrian atau direktorat jendral bea dan cukai pada saat awal anda mendaftar membuat akun di suatu kementrian atau instansi terkait lainnya , karena akan membuat susah anda sendiri ke depannya dan hal ini banyak terjadi menganggap sepele email tersebut
  5. Kalau anda pemilik perusahaan usahakan mendaftarkan alamat email anda sendiri pada saat pendaftaran sebaiknya tidak memakai email karyawan anda karena sewaktu waktu mereka bisa lupa atau resign dari perusahaan anda
  6. Selalu periksa larangan dan pembatasan barang untuk ekspor dan impor barang melalui website resmi yang telah dibuat oleh pemerintah saat ini dan semuanya adalah buat kemudahan dan kebaikan plus kemajuan usaha anda agar terhindar dari ekonomi biaya tinggi
  7. Selalu memanfaat fasilitas import FORM D,FORM AK,FORM JIEPA dan fasilitas import lainnya yang diberikan pemerintah agar dagangan dan bisnis anda punya keuntungan lumayan berdasarkan ketentuan dari fasiliats tersebut
  8. Untuk setiap membuat surat , dokumentasi ekspor dan impor selalu teliti dan periksa agar anda tidak bolak balik mengurus surat di instansi pemerintah kecuali anda senang jalan jalan ..hehehehe
  9. Patuh dan bayar pajak ke negara karena dengan pajak negara ini akan maju dan terus berupaya mensejahterkan rakyatnya . Pajak yang anda bayar adalah buat anda dan masyarakat banyak
  10. Simpanlah dokumen penting perusahaan anda dengan baik
Semoga bisa bermanfaat

Good luck

Di update tanggal 06 Juli 2017

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh surat permohonan perubahan API-U/P sesuai permendag 70/2015"

  1. Dengan Mengutamakan pelayanan professional dan kepercayaan yang anda berikan kami siap membantu anda mengatasi segala permasalahan tentang Legal dokumen.

    Pengurusan Dokumen Lainnya : IMTA, KITAP, KITAS lansia/pensiun, Naturalisasi,PMA,
    PT, API, SKT/SKA, Ijin Tambang, dll.

    .::Proses Mudah, Cepat, Harga Nego::.

    Segera hubungi kami di
    Phone : (+62 31)- 9901-9835 atau +62 82-233-224-330
    WA : +62 81 355-623-253
    Email : legaldocumentexpert@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih wibawa sudah mampir di blog ini , semoga anda sukses

    ReplyDelete

Jangan spam, link aktif p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan