Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara

Contoh surat permohonan pengajuan pembukaan POS BC 1.1 Manifest sementara,Surat ini di butuh kan saat barang Air freight Import ,Impor barang FCL 20,40 FT Bulk cargo,Flat rack .Barang   Import LCL  yang tiba di pelabuhan tidak ada proses penyelesaian kepabeanan (Proses import barang pembayaran pajak Import) dari pihak importir barang melewati masa waktu tiga puluh hari sejak kapal tiba (Sesuai Notice Of Arrival-NOA) sesuai ketentuan kepabenanan yang berlaku di negara kita.di Blog Post Jasa Undername Import-Export Dan Freight Forwarder  kita berbagi tips prosses pembukan Pos BC 1.1 Sementara Surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara erat kaitannya juga dengan surat permohonan pencacahan serta surat pembatalan lelang bcf 15

Lihat Juga:Contoh Surat Permohonan Pencacahan Barang Import Bermasalah Di Pabean
Baca jugaContoh Surat Pengajuan Permohonan Pembukaan Segel Bea Cukai Indonesia
Surat Permohonan Pembukaan POS BC 11 Sementara
Surat Pembukaan POS BC 11 Sementara
Lihat Juga:JASA IMPORT CARGO CHINA KE INDONESIA-BIAYA IMPORT 1 CONTAINER DARI CHINA SHANGHAI KE INDONESIA

Apa Penyebab Terjadinya Membuat Surat Buka Pos Manifest Oleh Pabean?

Barang import yang tadinya di biarkan selama dalam masa teng gang 30(tiga puluh) hari sejak tiba di pelabuhan baik melalui Jasa pengiriman barang import melalui angkutan laut (sea freight) atau pengiriman melalui air freight(Jasa Angkutang Barang Melalui Udara).

Setelah masa 30 hari di lewati barang import tersebut baru di urus proses kepabeanannya maka post manifest bc 1.1 otomatis akan tertutup oleh sistem di portal pengguna jasa INSW

Pos manifest BC 1.1 tertutup bisa dialami Perusahaan Jasa Sewa Undername Import Perusahaan Importir Resmi, perusa haan Undername Import Borongan mengalami masalah sepe rti ini karena perlakuan undang undang kepabeanan sama terhadap seluruh kegiatan/aktifitas import barang di seluruh wilayah kepabeanan Indonesia

Penyebab Tidak di Urusnya Barang Import Oleh Perusahaam Importir

Beberapa penyebab atau masalah tidak di urus nya barang import yang telah tiba di pelabuhan bonded zone area (kepabeanan) baik untuk bara ng import melalui udara dan laut antara lain:
1.Pembayaran Barang Belum di selesaikan oleh pihak importir Kepada Supplier
2.Pembayaran L/C Bermasalah di bank
3.Izin import perusahaan importir di blokir/di cabut/notul belum di bayar
4.Bill of lading atau Airwaybill ada yang hilang  tercecer
5.Bill of lading atau Master Airwaybill tidak di release oleh supplier
6.Importir belum punya cash flow pembayaran pajak import (bisa terjadi karena pembayaran pajak terlalu besar sesuai HS Code barang import dan sesuai juga dengan nilai invoice barang)
7.Serta masalah kepabeanan lainnya

#.Cara buka Pos Manifest BC 1.1 di Bea dan Cukai

Barang import yang tiba di pelabuhan di dalam bonded zone area tentu sangat di butuhkan oleh pemilik barang tersebut.

Berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah akan di lakukan oleh pemilik bara ng import/importir untuk mengeluarkan barang import dari wilayah kepabeanan bea dan cukai

Bagi importir yang telah menyelesaikan masalah seperti izin import di blokir,pembayaran ke supplier sudah di laksanakan, dokumen BL/AWB sudah di temukan atau masalah yang telah di jelaskan diatas
maka pemilik barang import tentu akan segera memproses pengeluaran barang dari area kepabeanan dan melaksanakan proses customs clearance serta handling import

Baca Juga:Contoh Surat Pembatalan Lelang BCF 1.5 Bea Cukai
Lihat Juga:Belajar Cara Import Barang Dari China:Contoh Packing List-Commercial Invoice-Bill Of Lading-Form Fasilitas Import
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Proses petama untuk melakukan buka pos manifest BC 1.1 sebagai berikut
  • Buat draft Pemberitahuan Impor Barang (PIB) melalui PPJK-Perusahaan Jasa Pengurusan Kepabeanan atau memakai modul EDI milik importir sendiri dan telah di sesuaikan dengan dokumen import original
  • Transfer dokumen PIB (Pemberithuan impor barang) via PPJK/Modul EDI
  • Akan mendapatkan Nota Pemberitahuan Penolakan (NPP tahun 2018) dari Modul Internet PIB EDI sistem   
Setelah mendapatkan Nota Pemberitahuan Ppenolakan (NPP) dari sistem bea dan cukai melalui mod ul EDI Sistem mengajukan surt permohonan pembukaan pos BC 1.1 sementara dokumen yang wajib di sediakan adalah :
  • Surat Permohonan Buka Pos Manifest BC 1.1 (lengkap dengan contoh surat pembatalan BCF 1.5) ditujukan ke bagian buka pos manifest,kantor bea dan cukai 
  • Surat Kuasa (lengkapi dengan copy KTP Direktur)
  • Surat Tugas (lengkapi dengan copy KTP yang di beri kuasa)
  • Copy Draft PIB-(Pemberitahuan Impor Barang)
  • Copy Nota Pemberitahuan Penolakan (NPP)
  • Copy BL (Bill of lading) import melalui laut atau M-AWB ( jika import melalui jalur udara)
  • Copy Packing List
  • Copy Invoice
  • Copy NPWP Perusahaan
  • Copy Form D,FORM E, FORM AK atau form pembebasan bea masuk (jika ada) 
  • Copy dokumen Nomor Induk Berusaha (NIB-Nomor Iinduk Berusaha-NIB SIUP,TDP,API Online etc)
Tata cara pengajuan dokumen permohonan buka pos manifest BC 1.1 di Bea dan Cukai
  • Periksa kembali dokumen pengajuan buka pos manifest BC 1.1 perusahaan anda
  • Ambil nomor antrian di loket
  • Nomor antrian di panggil di layar monitor serahkan berkas
  • Dokumen di teliti dan di periksa petugas front desk bea dan cukai
  • Dokumen dinyatakan lengkap akan diberikan tanda terima
  • Tunggu 10 menit sampai dengan 1 (satu) jam paling lama pos manifest BC 1.1 perusahaan akan di buka dari bagian manifest BC 1.1 kantor bea dan cukai
  • Selesai
Setelah POS Manifest BC 1.1 di buka oleh Bea dan cukai langkah kerja berikutnya
  • Hubungi PPJK minta data PIB di transfer melalui modul EDI Sistem
  • Tunggu beberapa menit dan akan dapat e-billing
  • E-billing terbit bayar pajak import anda segera
  • Berikan copy pembayaran e-billing kepada PPJK melalaui email atau whatsapp
  • Dapat respond penjaluran,Jalur Merah,Kuning atau Hijau
  • Handling cargo dan lakukan proses customs clearance secepatnya
  • Dapat Respond SPPB ( atau Notul segera bayar dan akan dapat SPPB-Surat Persetujun Barang Impor)
Setelah dapat respond Surat Perintah Pengeluaran Barang siapkan dokumen pembatalan BCF 1.5 untuk penjelasan tata cara pembatalan BCF 1.5

Jika saya tulis di sini anda akan bosan membaca nya hehehe

Sampai di sini dulu artikelnya saya tulis dan buat rekan rekan yang butuh contoh suratnya silahkan minta melalui email ke :devajunio25 (at)gmail.com, (free of charge) 

Mulai saat ini tahun 2018 akses ke google drive saya tutup karena banyak tikus cyber yang merusak contoh surat di blog undername import dan export ini.

Dan saya sediakan saja di bawah artikel contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara yang bisa di copy paste bagi sahabat yang tidak mau minta liwat email

Demikian artikel contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara ini saya tutup sampai di sini,semoga bermanfaat

Salam sukses buat anda semuanya

Wassalam
Di buat pertama sekali tanggl 27 Mei 2016
Edited  By ferrytrans 17 September 2019=====================================
Diupdate ulang tanggal 16 November 2018
Edit Artikel:15 Desember 2019 Edit By:ferrytrans.id
Youtube Channel: Indonesia Undername Import Export Blog Jakarta
Blogger: Jasa Import-Export Indonesia
Kop surat perusahaan importir
Jakarta, 17 Mei 201...

Nomor : …..
Hal : Permohonan Pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Kepada Yth.,
KEPALA KANTOR PELAYANAN UTAMA
BEA DAN CUKAI TANJUNG PRIOK
JAKARTA

UP. : Kepala Seksi Adm. Manifest

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya dokumen impor kami dengan data sebagai berikut :

Nama Importir :
NPWP :
Nomor HB/L :
Nomor MB/L :
Party : 1 X 40’ / ….. CARTONS / ………… Kgs
Nomor dan Tanggal BC11 : Tgl.
Nomor POS :

Dengan ini kami mengajukan permohonan pembukaan POS BC 1.1 sementara.

Demikian permohonan ini kami ajukan, untuk mendapatkan persetujuannya.
Atas bantuan dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,
PT. Ferrytrans

Frrytrans.
Direktur
====================================================================
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara

Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara
Dalam membawa permohonan ini , staff yang membawa permohonan di samping bawa berkas dokumen impor lain , harus bawa juga surat tugas atau kuasa untuk proses dokumen impor ini , contohnya adalah sesuai tulisan di bawah.

Kop surat perusahaan importir

Surat tugas dan buat surat kuasa (isi surat bisa di kembangkn sesuai keuuhan)
Pembukaan Pos BC 1.1

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Moh ......
Jabatan : Direktur
Perusahaan : PT. Mitra Citra Utama
Alamat : Jl. Deli Lorong 28 No.1 Koja Jakarta Utara 14220

Dengan ini memberi tugas kepada :
Nama : ……………………………..
Jabatan : Operasional

Untuk melaksanakan pengurusan Permohonan Pembukaan POS BC 1.1 Sementara atas dokumen impor kami dengan data sebagai berikut :

Nama Importir :
NPWP :
Nomor HB/L :
Nomor MB/L :
Party : 1 X 40’ / …… CARTONS / ……………….. Kgs
Nomor dan Tanggal BC11 : Tgl.
Nomor POS :

Demikianlah surat permohonan ini kami ajukan, untuk mendapatkan persetujuannya. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, Tanggal,Bulan,Tahun

Yang Memberi Tugas  ====================Yang Menerima Tugas,

Moh Husni============================Ferytrans.
Direktur Operasional

Semoga sukses




0 Response to "Contoh surat permohonan pembukaan POS BC 1.1 Sementara"

Post a Comment

Jangan spam,link aktif,p*orn*, j*di, sara,hate speech,akan dihapus dan komentarlah dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel